Panduan Cara Daftar UMKM Online Terbaru di BPUM.BIDUKM

Cara daftar UMKM online terbaru akan kami bagikan di artikel kali ini. Sehingga bagi belum menjalankan bisnis secara online bisa mencobanya. Hal ini dikarenakan prosesnya pun cukup mudah bahkan bagi orang awam sekalipun.

UMKM untuk jualan online atau offline
UMKM untuk jualan online atau offline

Guna mendukung perkembangan UMKM, banyak sudah yang dilakukan oleh pemerintah. Termasuk salah satunya adalah bantuan UMKM. Menariknya, informasi terkait yang satu ini, sudah bisa diakses dari banyak sumber.

‍Keberadaan UMKM sendiri memang tengah bertumbuh di negara ini. Bahkan di tengah pandemi, mampu membantu masyarakat lain untuk mendapatkan produk yang dibutuhkan dengan mudah.

Sayangnya pandemi juga yang membuat UMKM terdampak. Tidak sedikit UMKM yang akhirnya tumbang, oleh karena itulah pemerintah menyiasatinya dengan memberikan bantuan untuk mendukung UMKM yang terdampak agar bisa bangkit kembali.

Begini Cara Daftar UMKM Online Terbaru dan Dapatkan Bantuan Pemerintah

Tahun ini, pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp 1,2 juta kepada pelaku UMKM yang bisa didapat dalam satu kali pencarian. Untuk mendapatkan bantuan tersebut, maka UMKM yang bersangkutan harus mendaftar terlebih dahulu.

Cara daftar UMKM online terbaru ini juga cukup mudah. Anda bisa mengakses situs ini www.oss.go.id/portal/informasi/content/panduan_mikro_kecil. Situs ini dikelola oleh Kementrian Investasi/BPKM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan Anda telah mengecek persyaratannya terlebih dahulu. Cek, di bawah ini, sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa menerima bantuan pemerintah.

  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki KTP dan NIK
  • Memiliki badan usaha mikro
  • Tidak sedang atau menerima kredit atau pembiayaan KUR atau dari pihak perbankan manapun
  • Tidak tercatat sebagai PNS, pegawai BUMN atau BMUD, juga bukan anggota TNI/POLRI
  • Menyertakan Surat Keterangan Usaha jika KTP tidak sesuai dengan domisili badan usaha
  • Melampirkan NIB (Nomor Induk Berusaha)
  • Melampirkan foto usaha
  • Memiliki SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) dari Dinas Koperasi dan UKM
  • Mengantongi Bukti kepemilikan UMKM dengan Surat Keterangan Usaha (SKU), Nomor Izin Berusaha (NIB) serta Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

Tahapan Cara Daftar UMKM Online Terbaru dengan Membuat NIB Terlebih Dahulu

Agar bisa mendaftar UMKM Online maka harus melampirkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan langkah-langkah di bawah ini agar bisa memiliki NIB. Pastikan tidak terlewati dan baca dengan seksama cara daftar UMKM online terbaru ini.

  1. Setelah membuka situs, maka klik menu Daftar untuk membuat akun. Namun sebelum mengisi formulir yang, maka Anda akan diminta untuk memilih, apakah usaha Anda termasuk UMK atau non UMK.
  2. Klik UMK, kemudian tentukan jenis pelaku usaha, apakah perorangan atau badan usaha,
  3. Lanjutkan dengan mengisi nomor HP dan email. Jika sudah, ketuk opsi “Kirim Kode Verifikasi Melalui Email atau lewat Download GB WhatsApp“, kemudian lakukan verifikasi dan mulai mengisi formulir dengan informasi yang benar.
  4. Tahap berikutnya, Anda klik menu ‘Tambah Usaha” kemudian isi semua data yang terdapat di formulir. Bila sudah benar klik simpan atau tambah jenis usaha lain, bila memiliki lebih dari satu.
  5. Ikuti sesuai perintah yang ditampilkan di layar handphone atau laptop yang mengakses situs tersebut.
  6. Terakhir setelah NIB keluar, maka bisa mencetak ke dalam bentuk QR.

Begini Cara Cek Penerima BLT UMKM Online secara Mandiri

Memiliki NIB merupakan persyaratan para pelaku UMKM dan tentunya bisa lebih memudahkan pemerintah untuk memiliki data usaha Anda. Untuk mengecek apakah bisnis Anda termasuk salah satunya yang menerima bantuan pemerintah, bisa melakukan ini.

  • Buka situs https://banpresbpum.id atau https://eform.bri.co.id/bpum atau yang terbaru http://bpum.bidukm.masuk.web.id/
  • Masukkan nomor KTP
  • Pada situs https://banpresbpum.id atau http://bpum.bidukm.masuk.web.id/, Anda bisa mengetuk tombol “Cari”. Berikutnya akan muncul pemberitahuan terdaftar atau tidaknya sebagai penerima BLT. Untuk Anda yang mengakses situs https://eform.bri.co.id/bpum, setelah no KTP masuk, ketikkan kode verifikasi dan klik “Inquiry”.

Demikianlah penjelasan mengenai cara daftar UMKM online terbaru. Proses ini bisa dilakukan dengan mudah bahkan hanya dari ponsel sekalipun. Siapapun bisa mendapatkan bantuan pemerintah ini asalkan semua persyaratannya terpenuhi. Semoga bermanfaat.