Ini Risiko Menggunakan Gb Whatsapp Dan Wa Mod Lainnya

Sampai saat ini, kepopuleran WA kian meroket. Keberadaannya sebagai media sosial dan aplikasi berkirim pesan memang sangat menguntungkan banyak pihak. Bahkan, nyaris semua pihak merasa diuntungkan. Karena memang, ia didesain dengan sangat baik. Bahkan, saking baiknya, banyak pihak-pihak yang ingin menyerupai WA. Sampai akhirnya bermunculan lah aplikasi serupa tapi tak sama. Seperti GB WhatsApp, WA Mod, dan lain sebagainya.

Tahukah kamu, bahwa ada berbagai risiko menggunakan GB WhatApp dan WA Mod atau yang lainnya loh. Jadi, buat kamu yang sudah terlanjur menggunakan, coba deh dipikir-pikir ulang. Penasaran apa saja risikonya? Simak penjelasannya berikut.

Risiko Menggunakan GB WA dan WA Mod

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kira-kira, mengapa ada orang yang menggunakan GB WA atau WA Aero, padahal kan fitur-fitur di WA APK Official sudah cukup baik. Memang. Namun, kita juga tidak bisa memungkiri, bahwasanya di balik berbagai fitur menariknya, aplikasi ini juga menimbulkan rasa tidak puas bagi segelintir orang. Misal, durasi status yang hanya beberapa detik.

resiko menggunakan aplikasi whatsapp modifikasi
resiko menggunakan aplikasi whatsapp modifikasi

Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang yang mencoba memenuhi keinginan public, yakni dengan menyempurnakan fitur yang ada pada WA yang asli. Untuk saat ini sendiri, sudah banyak banget aplikasi WA modifikasi yang bisa kamu temukan dengan sangat mudah.

Di mana, aplikasi WA modifikasi ini tentu menawarkan fitur-fitur yang menggiurkan, karena lebih baik jika kamu bandingkan dengan versi yang asli. Melihat fitur-fitur keren inilah akhirnya tidak sedikit yang mulai goyah dan beralih. Dari yang awalnya menggunakan versi asli menuju versi yang fake.

Padahal, ketika menggunakan WA yang tidak resmi, itu artinya kamu sedang menantang berbagai risiko menggunakan GB WhatsApp dan WA Mod loh. Sebelum menggunakannya, yuk simak dulu risiko menggunakan GB WhatsApp dan WA Mod. Setelah tahun, baru putuskan akan tetap menggunakan yang versi asli atau modifikasi.

Privasi terancam

Risiko menggunakan GB WhatsApp dan WA Mod yang paling berat adalah privasi kamu akan terancam. Aplikasi WA yang sudah dimodifikasi akan menerima dan mengirim pesan lewat server WA resmi, sama seperti yang versi asli. Meskipun demikian, ini bukan menandakan bahwa privasi kamu aman 100 persen. Bukan jaminan bahwa pesan-pesan kamu tidak disentuh oleh pihak ketiga kan?

Pokoknya bahaya banget deh. Beberapa tahun lalu, para pakar di bidang keamanan sudah mengklaim, bahwa Wa yang modifikasi mempunyai tautan ke situs web yang cukup mencurigakan.

Bahkan, pernah juga ditemukan bisa berkomunikasi dengan server yang digunakan oleh pihak yang ke 3. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi mod seperti ini bisa membuat privasi kamu bocor. Karena mereka dapat mencuri kontak yang ada di ponsel kamu, pesan-pesan yang pernah kamu terima dan kamu kirim, nama, dan lain sebagainya. Yang kemudian, data tersebut bisa saja disalahgunakan. Ia kan?

Bahaya bagi perangkat

Risiko menggunakan GB WhatsApp dan WA Mod yang kedua adalah berbahaya bagi perangkat kamu. Jadi, selain berbahaya terhadap privasi kamu, aplikasi WA mod ini juga sangat berbahaya bagi perangkat yang kamu gunakan.

Hal ini karena situs web yang kamu pakai ketika mendownload aplikasinya bisa menginstall malware ke ponsel kamu. Sehingga bisa merusak system, ataupun ponsel kamu secara menyeluruh. Ponsel kamu juga bisa saja menghadapi malware dan iklan yang berasal dari situs bajakan yang akan menyebabkan kesulitan ketika memperbarui aplikasi.

Tidak dapat melakukan pembaharuan lewat Google Play

Selain WA Mod dan GB WhatsApp, kamu juga meski menghindari aplikasi-aplikasi sejenisnya. Misal. WhatsApp plus dan gold atau yang lainnya, Pokoknya, aplikasi-aplikasi yang palsu perlu kamu blacklist. Karena selain berisiko seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga tidak bisa memperbaharuinya lewat Google Play. Melainkan meski mengunjungi situs dari pihak ke tiga dahulu. Lalu melakukan penginstalan secara manual.

Berisi Iklan

Risiko satu ini terlihat dan terdengar sangat spele dan tidak begitu penting. Padahal ada banyak sekali situs-situs iklan yang berbahaya. Di mana, kamu tidak tahu mana iklan berbahaya yang tampil di aplikasi WA modif yang kamu gunakan. Ia kan?

Sehingga, ketika kamu salah mengklik, dan kebetulan dibawa ke situs yang berbahaya, tentu bisa berdampak buruk pada ponsel kamu. Selain itu, keberadaan iklan pada aplikasi juga pasti akan sangat mengganggu penggunaan. Wa sendiri sudah menyatakan, bahwa aplikasi mereka tidak menyediakan iklan demi kenyamanan penggunanya. Lantas, mengapa kamu malah mencari-cari iklan? Hehe.

Nah, demikian beberapa risiko menggunakan GB WhatsApp dan WA AERO terbaru yang meski kamu ketahui. Sekarang, kamu bisa meluruskan, apakah akan melanjutkan mendownload aplikasi modifikas tersebut atau tidak jadi menggunakannya. Jangan sampai kamu mengorbankan banyak hal hanya demi kesenangan semata.