8 Tarif Impor Barang Terbaru dari China

Bagi Anda yang sudah terbiasa melakukan impor barang mungkin Anda tidak asing dengan tarif impor. Saat membeli barang dari China, Anda bisa memperoleh barang dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, tarif impornya juga bisa dikatakan cukup murah. Hal tersebut membuat banyak masyarakat yang ingin menjadi pebisnis barang impor China.

Apa Itu Tarif Impor Barang?

Apabila Anda melakukan pembelian barang dari luar negeri atau impor biasanya akan dikenakan tarif impor. Tarif impor merupakan pajak yang dibebankan terhadap barang-barang impor. Umumnya, tarif tersebut dihitung berdasarkan harga yang dibayar oleh pembeli ke penjual di luar negeri dalam bentuk persentase.

Daftar Tarif Impor Barang dari China

China terkenal dengan barangnya yang murah, sehingga banyak orang yang membeli dari China dengan tujuan untuk dijual kembali. Tarif impor untuk setiap barang impor memiliki tarif yang berbeda. Berikut adalah daftar tarif dan cara impor barang dari China, yaitu:

1.      Tas

barang tas kerajinan dari china
barang tas kerajinan dari china

Untuk pembelian barang impor China berupa tas fashion pria, tas fashion wanita, ransel, tas gantung, tas branded, dan lain sebagainya akan dikenakan tarif Rp4.500.000,- per cbm.

2.      Sepatu

Segala macam sepatu impor yang dibeli dari China akan dikenakan tarif impor sebesar Rp5.000.000,- per cbm.

3.      Baju, Garmen, atau Kain Jadi

Apabila Anda membeli produk garmen, misalnya baju atau kain dari China maka Anda perlu membayar biaya Rp7.000.000,- per cbm sebagai tarif impor.

4.      Tekstil, Benang, Kain, dan Senar

Berbeda dengan kain yang telah jadi, produk bahan tekstil memiliki tarif impor sebesar Rp8.500.000,- per cbm.

5.      Barang Umum

Jika Anda melakukan pembelian barang umum yang bebas izin impor, seperti gelang, kacamata, klip, aksesori. Anda perlu membayar tarif impor sebesar Rp5.500.000,-/ cbm.

6.      Barang Lartas

Barang lartas yaitu barang yang memerlukan izin SNI, contohnya LCD, mainan, kertas, dan sebagainya. Anda akan dikenakan tarif impor sebesar Rp6.000.000,-/cbm.

7.      Makanan, Obat, Kosmetik, dan Bahan Kimia

Segala macam jenis makanan, minuman, obat-obatan, serta kosmetik akan dikenakan tarif impor sebesar Rp. 6.500.000 per cbm.

8.      Mesin

Mesin yang dibeli dari China memiliki tarif impor yaitu Rp6.500.000,- per cbm. Bagi Anda yang belum mengetahui cbm, cbm memiliki arti yang sama dengan volume. Cbm atau kubik merupakan satuan yang digunakan untuk perhitungan biaya pengiriman atau tarif impor.

Ketika mengirim barang, biasanya biaya dihitung berdasarkan berat barang. Namun, dalam dunia impor biaya dihitung berdasarkan ukuran barang yang dikirim. 1 cbm adalah ukuran untuk 1x1x1 meter barang.

Adanya tarif impor kadang menjadi bahan pertimbangan importir barang China. Namun, keberadaan tarif impor juga sebagai upaya untuk melindungi usaha yang ada di dalam negeri. Oleh karena itu, tarif impor adalah biaya yang perlu Anda keluarkan jika ingin memulai bisnis barang impor di Indonesia.