Mengenal Tugas Pokok dari Perusahaan Freight Forwarding

Anda yang sering melakukan kegiatan ekspor impor mungkin sudah tidak asing dengan freight forwarding. Ini adalah sebuah jasa yang bergerak menyediakan jasa freight forwarder. Secara umum, kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan mengurus pengiriman maupun penerimaan barang baik itu dari darat, udara maupun laut.

Tugas dan Aktivitas yang Dilakukan oleh Perusahaan Freight Forwarding

Panduan dari Freight Forwarding China

Freight forwarding yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengangkutan barang secara keseluruhan, juga bisa berfungsi sebagai Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL), jasa kepabeanan hingga pengiriman door to door pun bisa. Secara umum, tugas dari perusahaan freight forwarding antara lain adalah:

ilustrasi-perusahaan-freight-forwarding
ilustrasi-perusahaan-freight-forwarding

  1. Mencari dan merencanakan rute yang tepat untuk mengirim barang. Pemilihan rute ini dilakukan dengan memperhatikan pertimbangan biaya, daya tahan barang, waktu transit hingga keamanannya.
  2. Menyarankan kemasan yang tepat untuk barang. Untuk poin ini ada pertimbangan berat dan sifat barang, medan, iklim, lokasi tujuan dan biaya pengiriman.
  3. Melakukan negosiasi tentang biaya transportasi, kontrak hingga standar penanganan barang.
  4. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai aturan dan persyaratan yang ditetapkan oleh negara tujuan. Selain dokumen persyaratan, syarat lain termasuk spesifikasi pengepakan dan persyaratan asuransi pun termasuk di dalamnya. 
  5. Memberikan penawaran layanan konsolidasi, apakah melalui darat, laut atau udara guna memastikan solusi pengiriman yang efektif baik dari segi biaya hingga keamanannya. 
  6. Melakukan komunikasi dengan pihak ketiga guna memindahkan barang sesuai kebutuhan pelanggan, apakah melalui darat, udara atau laut. 
  7. Mengatur segala hal yang berkaitan dengan pembayaran pengiriman serta biaya lain yang dibutuhkan atas nama konsumen sebagai klien.
  8. Melakukan pelacakan setiap saat. Tugas ini semakin dimudahkan karena freight forwarding sudah menggunakan teknologi digital dalam proses pelacakannya. 
  9. Freight forwarding juga bisa bertugas atau bertindak sebagai konsultan dalam bidang kepabeanan. 
  10. Bertindak sebagai broker, dimana perusahaan freight forwarding ini harus memiliki link yang luas serta kemampuan melakukan negosiasi dengan baik di seluruh dunia agar barang yang dikirim bisa terkirim dengan lebih efisien meskipun prosedur yang harus dilalui terbilang rumit. 
  11. Perusahaan freight forwarding juga bertugas untuk mengontrol dan melakukan komunikasi dengan semua pihak yang terlibat dalam tahap perjalanan. Termasuk dalam hal ini adalah pembuatan laporan manajemen & analisis biaya satuan dan statistik. 
  12. Tugas perusahaan freight forwarding yang terakhir adalah melaksanakan pengangkutan barang sebagaimana peraturan serta undang-undang yang berlaku. Dalam menjalankan tugas ini juga harus mempertimbangkan situasi politik serta faktor lainnya yang bisa berpengaruh pada proses pengiriman barang.

Demikian tadi adalah daftar tugas dan aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan freight forwarding. Meskipun Anda tidak secara langsung melakukan kegiatan ekspor impor, dengan mengetahui sedikit tentang perusahaan freight forwarding ini tentu akan memberikan informasi tambahan tentang bagaimana proses barang impor sampai ke tangan Anda.