browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Stabilitas Aspal Hotmix

Posted by on May 24, 2022

Aspal telah menjadi satu pilar penting bagi sebuah jalan, jalan yang menggunakan aspal telah umum digunakan di mana pun, ini sebabnya manfaat dan kegunaan dari aspal sangat membantu kehidupan lalu lintas yang sudah modern. Ketahanan, kekuatan dan lain sebagainya dari aspal sangat cocok apabila dipakai di zaman sekarang, karena itu kontraktor jalan sudah meninggalkan cara-cara tradisional dan bahan-bahan yang sudah ketinggalan zaman. Nah, untuk menguji kualitas suatu aspal, dibutuhkan perhitungan-perhitungan yang tepat supaya mendapatkan hasil yang akurat, salah satu pengujian tersebut adalah pengujian dengan menggunakan alat marshall. Pengujian dengan alat marshall ini harus dilakukan sesuai dengan prosedur dari Bina Marga, tujuannya adalah mengetahui karakteristik campuran, menentukan ketahanan atau stabilitas terhadap kelelehan atau flow dari campuran aspal.

Jika dilihat, hubungan dari stabilitas dan kelelehan ini berbanding lurus, yakni semakin besar stabilitas maka akan semakin besar pula kelelehannya dan begitu juga sebaliknya. Jadi, semakin besar stabilitasnya, aspal akan semakin bisa menahan beban, juga apabila kelelehan semakin tinggi, maka aspal akan semakin bisa menahan beban. Dari hasil pengamatan pada pengujian marshall, yang kemudian dibuat grafik hubungan antara persentase kadar aspal dengan persentase rongga terisi aspal, rongga dalam campuran, kelelehan, stabilitas dan perbandingan antara stabilitas dan kelelehan.

Penjelasannya sebagai berikut, yaitu:

  • VFA (Void Filled With Asphalt) merupakan rongga terisi aspal pada campuran sesudah mengalami proses pemadatan, yang terbilang dalam persen pada rongga antar butiran agregat (VMA), sehingga nilai VMA dan VFA memiliki keterkaitan yang sangat erat. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi VFA, yakni kadar aspal, gradasi agregat, energi pemadat (total dan suhu pemadatan) dan absorpsi agregat. Menurunnya nilai VMA pada kadar aspal yang sama, akan menyebabkan memperbesar persentase rongga terisi aspal

 

  • Void In The Mix (VIM) merupakan persentase rongga dalam campuran, nilai VIM ini berpengaruh pada keawetan dari campuran aspal agregat, semakin tinggi nilai VIM maka akan semakin besar rongga dalam campuran, sehingga campuran mempunyai sifat porrus.

 

  • Kelelehan (Flow) merupakan deformasi vertikal ada awal proses pembebanan hingga kondisi stabilitas mulai menurun, yang menunjukkan tingginya deformasi yang terjadi pada lapis perkerasan diakibatkan menahan beban yang didapatkannya. Tingginya nilai kelelehan ditunjukkan dalam mm. Nilai kelelehan disebabkan oleh kadar aspal, viskositas aspal, gradasi agregat, total dan suhu pemadatan.

 

  • Stabilitas adalah kemampuan lapis perkerasan menahan beban lalu lintas tanpa ada perubahan bentuk tetap atau deformasi permanen seperti gelombang, routing, bleeding dan lainnya. Nilai stabilitas disebabkan oleh penetrasi aspal, kadar aspal, internal friction, sifat saling mengunci, partikel dari agregat, bentuk permukaan dan gradasi agregat. 

 

  • Marshall Quotient (MQ). Nilai MQ adalah sifat kekakuan suatu campuran, jika nilai MQ terlalu tinggi, maka campuran akan terlalu kaku dan gampang retak, jika sebaliknya, apabila nilai MQ cenderung rendah, maka perkerasan bisa menjadi terlalu lentur dan cenderung labil.

Bagaimana Langkah Pengujian Marshall?

  1. Langkah pertama renda water bath pada suhu 600 derajat celcius, selama 30 menit dan mulai mengeringkan permukaan benda uji, tempatkan pada wadah yang tersedia pada alat marshall
  2. Atur dial pembacaan stabilitas dan kelelehan yang sudah terpasang
  3. Lakukan pengujian marshall dengan menjalankan mesin penekan, kecepatan deformasi konstan 51 mm (2 in) per menit hingga terjadi keruntuhan pada benda uji.
  4. Baca dan tulis besar angka pada dial untuk mendapatkan nilai stabilitas dan kelelehan
  5. Pada faktor koreksi dan kalibrasi proving ring pada alat marshall bisa didapatkan nilai stabilitas dan kelelehan.

Jasa Pengaspalan

Untuk lebih memberikan hasil yang maksimal, kami jasa pengaspalan profesional dan berpengalaman siap membantu apapun itu pekerjaannya yang berkaitan dengan aspal, seperti pembuatan jalan, perbaikan jalan, pengujian, kami siap dengan segudang pengalaman kami untuk terjun bersama anda mengerjakan apa yang anda inginkan. Kelebihan kami adalah tidak pernah memberikan kekecewaan bagi konsumen, apapun keinginan dari konsumen bisa kami diskusikan dengan baik. Jadi, hubungi kami segera, kami sangat menunggu anda.

One Response to Stabilitas Aspal Hotmix

  1. Anonymous

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *