Tips Memilih Soket Ekstensi Terbaik

Terminal listrik atau soket ekstensi biasanya digunakan untuk memperbanyak soket listrik di rumah Anda. Alat ini sangat membantu bila Anda ingin menggunakan banyak peralatan elektronik sekaligus. Meski fungsinya sederhana, sebenarnya ada berbagai jenis terminal listrik yang tersedia di pasaran.

Agar Anda tidak salah pilih, pada artikel kali ini kami akan memberikan tips dalam memilih terminal kelistrikan dan memberikan tips yang telah kami pilih dengan cermat. Baca artikel ini hingga selesai!

Cara memilih soket ekstensi

Disini kami berikan beberapa poin penting dalam memilih soket ekstensi

Pilih berdasarkan jenisnya

Berdasarkan jenisnya, terminal listrik dibedakan menjadi 2 yaitu sambungan langsung dan kabel ekstensi. Disini kita akan membahasnya satu persatu!

Jenis sambungan langsung yang dipasang langsung ke soket listrik

Terminal listrik tipe sambungan langsung ini biasanya digunakan untuk menambah jumlah soket listrik yang dipasang di dinding. Ini tentu akan sangat membantu anda yang tidak ingin menggunakan banyak kabel dirumah anda. Maka perhatikan harga kabel nyyhy 4×2 5 jembo yang anda gunakan.

Namun, jenis terminal listrik ini membuat Anda tidak fleksibel dan tidak terkendali. Ini karena peralatan elektronik hanya dapat digunakan di dekat dinding yang telah dipasang outlet listrik.

Jenis kabel ekstensi yang lebih fleksibel

Keuntungan menggunakan terminal listrik jenis ini adalah Anda dapat menggunakan peralatan elektronik walaupun jauh dari tembok yang sudah terpasang terminal listrik. Namun, pastikan kabel yang diberikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika kabel terlalu panjang akan sulit untuk diluruskan, sedangkan kabel yang terlalu pendek mungkin akan terasa kurang fleksibel. Jadi, pastikan memilih panjang kabel yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Sesuaikan panjangn kabel dengan kebutuhan anda.

Periksa jumlah soket dan jarak antar soket

Ini berlaku untuk jenis sambungan langsung dan kabel ekstensi. Sesuaikan jumlah lubang soket yang tersedia sesuai dengan kebutuhan anda. Sebaiknya pilih terminal listrik dengan jumlah soket yang sedikit melebihi kebutuhan. Hal tersebut untuk mengantisipasi peningkatan barang elektronik yang akan digunakan.

Jarak antara soket adalah sesuatu yang harus Anda perhatikan juga. Jika anda memiliki steker yang memiliki ukuran besar maka anda membutuhkan stop kontak yang memiliki jarak lubang yang agak panjang.

Namun semakin lebar jarak antar soket tentunya semakin besar pula ukuran terminal listriknya. Jadi, pertimbangkan itu sebelum membeli!

Pilih produk yang dilengkapi dengan port USB

Saat ini, penggunaan kabel USB (Universal Serial Bus) sehari-hari adalah hal yang lumrah. Misalnya saat Anda mengisi baterai smartphone, kamera digital, tablet, dan lainnya. Dengan menggunakan stop kontak ini akan membuat anda dengan mudah menancapkan port usb yang anda miliki.

Kini bahkan sudah ada terminal listrik yang mendukung fitur fast charging smartphone. Jadi, jika kamu tidak memiliki adaptor untuk fast charging, kamu hanya perlu menggunakan terminal listriknya, lho.

Pilih terminal listrik dengan fungsi kunci

Beberapa jenis terminal listrik mempunyai fungsi pengunci sehingga steker yang tersangkut di soket sulit untuk dicabut. Fitur ini sangat berguna untuk TV dan lemari es di mana steker listrik jarang dicabut. Fitur ini juga sangat berguna untuk komputer. Anda tentu tidak ingin komputer anda mati hanya karna stop kontak yang tiba – tiba terlepas kan.

Barang elektronik mudah rusak jika stekernya sering tiba-tiba dicabut dari sumber listrik. Ini akan menjaga alat elektronik anda tetap nyaman saat di gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *