Mengapa menggunakan Sepeda Listrik ?

Sepeda Listrik touring

Seeiring berjalannya zaman dan teknologi kita dapat menemui berbagai alat sederhana yang sekarang telah dikembangkan menjadi peralatan yang canggih, salah satu diantaranya adalah sepeda. Sepeda memang menjadi salah satu alat transportasi yang masih eksis sampa saat ini karena lebih ringan, prakts, dan ramah lingkungan. sepeda yang dulunya sangat sederhana yang dapat digerakkan menggunakan kaki dengan cara dikayuh, sekarang sepeda sudah mengalam transformasi dengan tenaga penggerak berupa aliran listrik.

Penggunaan alat transportasi  sepeda listrik dewasa ini mulai berkembang di Indonesia, karena harga sepeda baru juga semakin murah belakangan ini. Sepeda listrik merupakan rangkaian sepeda yang telah dikombinasikan dengan motor yang memiliki tenagapenggerak berupa baterai yang dapat di-recharge. Adanya sepeda listrkmemungkinkan pesepeda tidak akan kelelahan lagi dalam mengayuh, sehingga dapat digunakan oleh siapapun bahkan oleh para manula.

Lebih lanjut tentang sepeda listrik, kali in akan dibahas mengenai mengapa sih harus menggunakan sepeda listrik? simak penjelasannya berikut ya.

  1. Terdapat dua pilihan tenaga
    Sepeda listrik memiliki kelebihan dbandingkan dengan sepeda manual pada umumnya, yaitu selan bisa dikayuh sepeda ini juga ddapat dgerakkan dengan tenaga baterai yang bisa diisi kembali dengan aliran listrik. Hal ini yang memungkinkan Anda dapat menghemat tenaga jika sudah merasa lelah saat mengayuh sepeda.
  2. Baterai tahan lama
    Seperti dketahui di atas bahwa sepeda listrk digerakkan dengan menggunakan baterai yang bisa diisi kembali dengan aliran listrik. Faktanya dalam satu kali recharge, sepeda lipat dan  listirk dapat menempuh jarak sekitar 40 – 50 Km. Waw cukup jauh bukan? Itu juga berarti sepeda listrk dapat digunakan selama dua hari secara terus menerus hanya dengan satu kali recharge.
  3. Sangat efektif digunakan untuk membantu kegatan sehari-hari.
    Sepeda lsitrik sangat efektif digunakan untuk kegiatan rutin dengan jarak yang dekat. Dikarenakakan sepeda ini dapat membantu dalam melewati tanjakan atau jalan yang naik turun tanpa perlu menghabiskan banyak tenaga.
  4. Biaya pemeliharaan sepeda listrik lebih murah.
    Bentuknya yang lebih kecil dan mesin yang lebih sederhana memungkinkan biaya pemelharaan sepeda lstrik lebih murah dibandingkan dengan biaya pemeliharaan motor.
  5. Tidak dikenai biaya pajak dan kepemilikian surat izin
    Keuntungan yang lain dari penggunaan sepeda listrik adalah tidak adanya pajak maupun kewajiban kepemilikan surat izin seperti yang sering ditemui untuk kepemilikan dan penggunaan sepeda motor. Alasan ini dilatarbelakangi karena kecepatan yang dapat dijalankan oleh sepeda listrk hanya 30 – 40 km/jam.
  6. Relatif lebih aman bagi lingkungan, karena sepeda listrik tidak menghasilkan asap dan tidak mengeluarkan banyak polusi.
sepeda balap listrik
sepeda balap listrik

Meskipun sepeda listrk memiliki banyak kelebihan, namun ada juga kekurangan dari sepeda listrik ini, diantaranya yaitu :

  1. Harga aki sepeda yang cukup yang cukup mahal
    Usia pakai aki dipengaruhi oleh kualitas,yang mana semakin mahal aki kualitasnya biasnya akan semakin bagus.  Pada umumnya usia aki adalah 2 tahun. Setelah usia pemakaian aki habis, mau tidak mau Ada harus membeli aki baru dengan harga kisaran Rp. 750.000 – Rp 2.000.000, dsesuaikan dengan kualitasnya.
  2. Ketika listrik sudah habis, sepeda listrik akan kehilangan beberapa fungsinya.
    Berbeda dengan sepeda motor, pada sepeda listrik waktu yang dibutuhkan untuk charge aki sampai penuh relatif lama yaitu sekitar 8 jam. Oleh karena itu, sebaiknya menjadi perhatia untuk mengisi daya sepeda di malam hari ketika tidur. Hal ini untuk menghindari ketidaknyamanan yang akan terjadi saat baterai habis.
  3. Kecepatan maksimalnya hanya 30 – 40 km/jam.
    Kecepatan dari sepeda listrik hanya berkisar 30 – 40 km/jam. Hal ni tentunya sangat berbeda dengan sepeda mtor yang memilki aselerasi perpindahan yang spontan dan kecepatan maksimum hingga 100 km/jam.
  4. Sulit medapatkan bengkel resmi khusus sepeda listrik
    Bengkel resmi untuk service atau perbaikan masih sangat sedikit dan basanya hanya ada di kota-kota besar.
  5. Tidak bisa membawa beban lebih dari 125 kg
    Beban maksimal yang dianjurkan untuk sepeda listrik ini adalah 125 kg. Oleh karena itu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dianjurkan untuk tidak membawa terlalu banyak barang saat menggunakan sepeda listrik ini.

Demikian di atas adalah alasan mengapa harus menggunakan sepeda listrik, meskipun juga masih terdapat beberapa kekurangan yang kemungkinan akan bisa diatasai dengan seiring berjalannya waktu dan inovasi baru lainnya. Bagaimana tertarik untuk membel sepeda listrik? Jika Anda tertarik untuk membeli sepeda ini Anda dapat membeliinya dari situs online, koran, majalah atau datang langsung ke toko yang bersangkutan.