Tang Ampere CM-6158

Alat ukur tang ampere / clamp meter.

Tang ampere CM-6158 dengan kabel probe

Tang ampere CM-6158

Buat anak elektro yang berlatar belakang arus kuat, mestinya sudah fasih dengan benda ini. Buat saya yang di elektronika, baru-baru ini saja pegang benda ini. Asik juga bisa mengukur arus tanpa mesti potong kabel!

Referensi

Clamp Meter CM-6158

Categories: elektronika | Leave a comment

Cara Mudah Instalasi Android SDK Untuk Unity

Untuk membuat aplikasi 2D dan 3D di Android, kita dapat menggunakan aplikasi Unity.
Setelah menginstall Unity, kita perlu menginstall Android SDK dan OpenJDK , selain itu juga perlu instalasi Android Support for Unity. Proses instalasi ini cukup panjang dan rumit.
Untungnya saat ini sudah ada cara yang lebih cepat, yaitu instalasi JDK & SDK tersebut langsung dari Unity Hub. Instalasi beres tanpa perlu ribet.
Detail prosesnya dapat dilihat di artikel “Menginstall Android SDK dan OpenJDK untuk Unity dengan Unity Hub

Referensi

Categories: android | Tags: , , , | Leave a comment

Bagaimana cara mendapatkan voucher Super Electrilife di Bukalapak , Tokopedia dan ace hardware

PLN baru saja mengeluarkan promosi tambah daya dengan harga relatif murah. Caranya adalah dengan belanja di beberapa lapak online untuk mendapatkan voucher khusus. Sejauh ini lapak yang menyediakan voucher adalah Tokopedia, Bukalapak dan Ace Hardware.

Namun demikian ada beberapa hal yang kurang jelas:

  • Bagaimana cara mendapatkan voucher super electrilife di Tokopedia?
  • Bagaimana cara mendapatkan voucher super electrilife di Bukalapak?
  • Bagaimana cara mendapatkan voucher super electrilife di Ace Hardware?

Informasinya dapat diakses di Super Electrilife, Program Tambah Daya dari PLN

bagaimana cara mendapatkan voucher super electrilife di Ace Hardware?
Informasinya dapat diakses di artikel Super Electrilife, Program Tambah Daya dari PLN

 

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Cyber Physical System

Cyber Physical System atau sistem fisikal siber adalah sistem yang di dalamnya terdapat sistem fisik, komputasi dan seringkali ada juga komunikasi. Beberapa literatur menyebutkan perlu ada komunikasi, ada juga yang tidak menyertakan komunikasi.

Skema

Diagram blok Cyber Physical System, terdiri dari Cyber (komputasi) dan Physical (sistem fisik)

Cyber Physical System

Bagian komputasi pada cyber physical system dapat dibuat dengan menggunakan sistem embedded atau sistem mikroprosesor.

Referensi

 

 

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Percobaan pembuatan rangkaian pengkondisi sinyal

Acara pagi ini adalah mencoba membuat rangkaian pengkondisi sinyal untuk Arduino. Asal usulnya adalah ada tachogenerator yang membangkitkan tegangan AC (alternating current), namun ADC pada Arduino hanya dapat menerima tegangan positif. Untuk itu tegangan AC tersebut mesti digeser supaya menjadi DC.

Cerita lengkapnya di artikel “Rangkaian Pengkondisi Sinyal untuk ADC

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Percobaan display LCD 20×4 dengan berbagai mikrokontroler

Percobaan display LCD 20x4 dengan berbagai mikrokontroler

Percobaan display LCD 20×4 dengan berbagai mikrokontroler

Detail:

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Senter zaman now

Senter zaman sekarang tidak hanya on/off, namun ada mode redup, kedip dan bisa mengirim sinyal SOS. Cocok untuk bahan soal Finite State Machine di kuliah Sistem Digital dan Sistem Mikroporsesor. Switchingnya mestinya pakai transistor jenis MOSFET, bisa jadi bahan di kuliah Elektronika.

Senter LED Cree XML T6 tampak samping warna hitam

Komponen utama di dalamnya sedikit saja

Rangkaian dalam Senter LED Cree XML T6

Chargernya juga sederhana

Rangkaian charger Senter LED Cree XML T6

Foto lengkapnya dapat dilihat di artikel Senter LED Cree XML T6

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Konversi Satuan Dan Besaran Listrik

Dalam dunia elektronika kita jumpai berbagai satuan dan besaran listrik.

Besaran dan satuan listrik

Besaran dan satuan listrik

Besaran dan satuan yang sering dijumpai adalah sebagai berikut:

  • Tegangan, dengan satuan volt / V
  • Arus dengan satuan ampere / A
  • tahanan dengan satuan ohm
  • muatan listrik dengan satuan mAh (milli-ampere-hour) , Ah (ampere-hour), Coulomb (C)
  • Energi listrik, dengan satuan Wh (watt-hour) atau joule
  • Daya listrik, dengan satuan watt (W)

Berikut ini beberapa pertanyaan terkait kaitan antar satuan tersebut:

 

Categories: Uncategorized | 1 Comment

Press Release Mikrokontroler ARM Cortex M0 dari Nuvoton

Artikel berikut ini adalah dari arsip tahun 2013

Nuvoton NuMicro®Family- Mikrokontroler 32-bit berbasis ARM® Cortex™-M0

Versi Bahasa Indonesia

Hsinchu, Taiwan- Nuvoton NuMicro® Family, Mikrokontroler 32-bit berbasis ARM® Cortex™-M0 merupakan produk dari Nuvoton Technology Corporation, Taiwan. NuMicro® Family mengadopsi prosesor terbaru ARM® Cortex™-M0, dengan fitur ukuran terkecil, konsumsi daya terendah, dan optimalisasi beberapa set instruksi. Sebagai mikrokontroler yang handal, NuMicro® Family dilengkapi dengan berbagai built-in analog, komponen mixed sinyal, dan berbagai macam antarmuka komunikasi berkecepatan tinggi, sehingga memudahkan pengguna untuk meng-upgrade produk mereka dari seri 8051 ke NuMicro® Family. Dengan integrasi fitur variasi tegangan input dan EMI dari mikrokontroler 8-bit, NuMicro® Family sangat cocok untuk sistem pengendalian industri.

 

Nilai tambah NuMicro® Family
NuMicro® Family adalah solusi yang disediakan oleh Nuvoton untuk memenuhi permintaan mikrokontroler 8-bit bagi pelanggan di seluruh dunia dengan harga yang cukup bersaing, namun memiliki kinerja yang lebih tinggi yaitu setara dengan mikrokontroler 32-bit. Kecepatan operasi bisa mencapai 50 MHz, atau setara dengan 45 DMIPS (45 juta instruksi dieksekusi per detik). Kernel NuMicro® Family juga dilengkapi dengan built-in 32-bit multiplier, NVIC (Nested Vectored Interrupt Controller), dan dual channel APB, PDMA (peripheral DMA). Untuk sistem memori, produk ini telah dilengkapi dengan 32K Bytes sampai dengan 128K Bytes Flash memori dengan 16K Bytes SRAM. Dari segi perangkat, NuMicro® Family dilengkapi dengan antarmuka berkecepatan tinggi seperti UART, SPI, I2C, USB 2.0 FS, CAN, LIN, IrDA. Untuk komponen analog, NuMicro® Family juga menyediakan 8 channel 12-bit ADC, 2 set analog comparators, detektor tegangan rendah dan lain-lain. Empat set timer 32-bit, RTC, watchdog timer, built-in osilator yang memperkaya kemampuan NuMicro® Family. Dengan semua fitur tersebut di atas, keseluruhan sistem NuMicro® Family dipastikan dapat bekerja secara optimal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Development Tools yang Lengkap
Adapun untuk development tools, NuMicro® Family mikrokontroler 32-bit telah memperoleh dukungan resmi dari “MDK-ARM”, Microcontroller Development Kit dari ARM. MDK-ARM mengintegrasikan RealView ARM® Compilation Tool dengan Keil™ µVision4 IDE dan Debugger Tools. Pelanggan dapat memilih development tool solusi lengkap terpadu “EWARM” yang disediakan oleh IAR, yang dikenal sebagai perusahaan kelas dunia. Selain dukungan penuh dari beberapa perusahaan terkenal kelas dunia, Nuvoton juga menyediakan kelengkapan sistem S/W & H/W untuk membantu pelanggan dalam mengembangkan produk dalam waktu yang singkat. Pelanggan juga dapat memanfaatkan kemampuan ISP (In System Programming) atau ICP (In Circuit Programming) untuk meng-update sistem firmware, yang dapat meningkatkan fleksibilitas dan kenyamanan dalam proses produksi.

 

 

 

Nuvoton terus berupaya memperluas lini produk MCU (mikrokontroler) untuk menyediakan kebutuhan pelanggan selama bertahun-tahun dengan solusi kinerja tinggi dan harga yang bersaing untuk memasok pangsa pasar Nuvoton yang besar di segmen mikrokontroler 8-bit, berharap bisa menjadi mitra bisnis terbaik di pasar mikrokontroler yang cukup kompetitif saat ini.

Paket Produk dan Promosi
NuMicro® Family telah menawarkan development board dan akan ditawarkan dalam paket LQFP48/64/100. Dengan jenis paket yang sama, akan dilengkapi dengan kapasitas memori yang berbeda. Pelanggan dapat meng-upgrade kemampuan chip tanpa memodifikasi desain hardware saat kapasitas memori sudah penuh.

Tentang Nuvoton Technology Corporation, Taiwan
Nuvoton Teknologi Corporation, Taiwan, didirikan pada bulan Juli 2008 sebagai afiliasi dari Winbond Electronics Corporation. Nuvoton berfokus pada pengembangan dua lini produk utama, yaitu konsumen IC elektronik dan komputer IC. Nuvoton mengoperasikan fab wafer enam-inchi, yang menyediakan foundry service untuk produk Nuvoton, serta untuk mitra kerja Nuvoton.

Nuvoton Technology Corporation memiliki keunggulan dari core technology dan hubungan dengan pelanggan dengan lebih dari 20 tahun pengalaman dalam desain IC, manufaktur, dan penjualan produk. Berdasarkan peningkatan dalam inovasi produk dan efisiensi manufaktur selama ini, Nuvoton menyediakan layanan yang terbaik kepada para pelanggan. Nuvoton akan terus mewujudkan visinya: “Be the indispensable partner to industry leaders.” “Menjadi mitra utama dalam memimpin industri.”. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.nuvoton.com.

* Catatan: Semua nama produk perusahaan lain yang muncul dalam materi ini adalah untuk tujuan identifikasi dan diakui sebagai merek dagang atau merek dagang terdaftar dari masing-masing perusahaan.

Contact Person
Produk:
Ryan Huang
Microcontroller Marketing Manager
Nuvoton Technology Corporation
Email: jahuang@nuvoton.com
Telp: +886-3-5770066 ext. 8024/1721

Berita:
Grace Chen
Sales Promotion
Nuvoton Technology Corporation
Email: wjchen0@nuvoton.com
Telp: +886-3-5770066 ext.1088

Artikel lain tentang Nuvoton

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Daftar Ruang Kuliah di ITB

Buat yang pengen tahu lokasi ruang kuliah di ITB

Ruang Lokasi Sambungan Listrik LCD Proyektor
1201
1318 prodi kimia lantai 3
1401
2104 Prodi kimia lantai 1
2201 SITH
2202 SITH
2203 SITH
3101 Sipil ?
3102 Sipil ?
3103 Sipil ?
3104 Sipil ?
3105 Sipil ?
3201 Sipil ?
3202 Sipil ?
3203 Sipil ?
3204 Sipil ?
3205 Sipil ?
3206 Sipil ?
3209 Sipil ?
3210 Sipil ?
3211 Sipil ?
3213 Sipil ?
3214 Sipil ?
4101 gedung FTMD lantai 1
4102 gedung FTMD lantai 1
4103 Lantai 4 gedung FTMD
4104 Lantai 4 gedung FTMD
4105 Lantai 4 gedung FTMD
4106 Lantai 4 gedung FTMD
4201 Basement Labtek 8 / Labtek 5
5201 Teknik Kimia
5202 TK ?
6101 arsitektur / Labtek IX B
6102 arsitektur / Labtek IX B
6302 Planologi / Labtek IX A
6303 planologi / Labtek IX A
6305 planologi / Labtek IX A
6306 planologi / Labtek IX A
7601 Labtek 5 (IF) lantai 1, menghadap utara
7601 Labtek 5 (IF)
7602 Labtek 5 (IF)
7603 Labtek 5 (IF)
7604 Labtek 5 (IF)
7606 Labtek 5 (IF)
7607 Labtek 5 (IF)
7608 Labtek 5 (IF)
7609 Labtek 5 (IF)
7610 Labtek 5 (IF)
9008 Teknik Lingkungan (Gedung Lama)
9009 Liga Film Mahasiswa
9011 lantai 2 labtek 8, naik dari tangga dekat musholla lantai 1
9012 lantai dasar labtek 7 farmasi
9013 lantai dasar labtek 7 farmasi
9014 di seberang HME (lantai dasar labtek 7)
9015 lantai 2 labtek 8, naik dari tangga dekat musholla lantai 1
9016 Oktagon
9017 Oktagon
9018 Oktagon
9019 Oktagon
9020 Oktagon
9021 Oktagon
9022 TVST
9023 TVST
9024 TVST
9025 Oktagon
9026 Oktagon
9027 Oktagon
9103 GKU Lama
9104 GKU Lama
9106 GKU Lama
9107 GKU Lama
9108 GKU Lama
9114 GKU Lama
9115 GKU Lama
9116 GKU Lama
9121 GKU Lama
9122 GKU Lama
9123 GKU Lama
9124 GKU Lama
9125 GKU Lama
9126 GKU Lama
9127 GKU Lama
9128 GKU Lama
9131 GKU Lama
9132 GKU Lama
9133 GKU Lama
9134 GKU Lama
9135 GKU Lama
9136 GKU Lama tersedia 4 buah dekat meja. tak perlu bawa kabel sendiri tersedia
9137 GKU Lama
9138 GKU Lama
9212 GKU Baru
9213 GKU Baru
9214 GKU Baru
9221 GKU Baru
9222 GKU Baru
9223 GKU Baru
9224 GKU Baru
9231 GKU Baru
9232 GKU Baru
9233 GKU Baru
9234 GKU Baru
9301 Labtek 6 lantai dasar (selasar)
9302 Labtek 6 lantai dasar (selasar)
9303 Labtek 6 lantai dasar (selasar)
9304 Labtek 6 lantai dasar (selasar)
9305 Labtek 6 lantai dasar (selasar) tidak ada
9306 Labtek 6 lantai dasar (selasar) tidak ada
9307 Labtek 6 lantai dasar (selasar) tidak ada
9308 Labtek 6 lantai dasar (selasar) tidak ada
9309 Labtek 6 lantai dasar (selasar) tidak ada
9312 Labtek 6 lantai dasar (selasar) menghadap selatan Jauh dari meja, kalau bawa proyektor/notebook sendiri musti bawa kabel sendiri tidak ada
9313 Labtek 6 lantai dasar (selasar) menghadap selatan wall mount tidak ada
9314 Labtek 6 lantai dasar (selasar) menghadap selatan tidak ada
9315 Labtek 5 lantai1 dekat fotokopi & HMIF & tangga tengah 1 buah wall mount, dekat meja tidak ada
9401 gedung labtek 1 lantai 2
9402 gedung labtek 1 lantai 2
9403 gedung labtek 1 lantai 2
9404 gedung labtek 1 lantai 2
9405 gedung labtek 1 lantai 2
BSC A
TVST-A TVST
TVST-B TVST
TVST-C TVST
9315 Labtek 5 lanta1 dekat fotokopi & HMIF
Categories: Uncategorized | 1 Comment