Mengenal Perang Pattimura dan Biografi Hidupnya

Ilustrasi perang pattimura

Indonesia memiliki banyak Pahlawan Nasional Indonesia, salah satunya yaitu Kapitan Pattimura. Beliau telah berjasa dalam memperjuangkan hak dan kesejahteraan rakyat Maluku. Salah satu perjuangannya yang sangat terkenal adalah usahanya dalam Perang Pattimura. Meskipun pada akhirnya dalam perang ini Kapitan Pattimura gugur di tangan musuh.

Latar Belakang

Biografi Kapitan Pattimura

Sebelum mempelajari lebih jauh tentang perang yang dipimpin oleh Kapitan Pattimura, sebaiknya Anda perlu mengenal lebih dulu biografi singkat dari beliau.

  1. Nama asli : Thomas Matulessy
  2. Nama Ayah : Antoni Matulessy
  3. Nama Ibu : Fransina Tilahoi
  4. Tempat lahir : Saparua, Maluku Tengah
  5. Tanggal lahir : 8 Juni 1783
  6. Tanggal gugur : 16 Desember 1817
  7. Karir : Sebagai Sersan Mayor di Angkatan Darat Kerajaan
  8. Perjuangan : Perang Pattimura
  9. Penghargaan : Sebagai Pahlawan Nasional Indonesia sejak tanggal 6 November 1973

Penyebab Terjadinya Perang

Perang Pattimura terjadi karena beberapa sebab, diantaranya yaitu:

  1. Adanya aturan Pelayaran Hongi atau monopoli rempah-rempah.
  2. Berlakunya Hak Ekstirpasi, yaitu pemusnahan pohon cengkeh dan pohon pala, khususnya bagi mereka yang tidak mau mengikuti aturan monopoli.
  3. Adanya perpindahan kekuasaan dari Pemerintah Inggris ke Pemerintahan Belanda pada tahun 1816, hal ini berpengaruh pada perubahan seluruh tatanan pemerintahan.
  4. Pelanggaran Traktat London I, yang berisi perjanjian bahwa pemerintahan Inggris berakhir di Ambon, maka serdadu pribumi harus dibebaskan.
  5. Masyarakat pribumi harus melakukan Kerja wajib.
  6. Masyarakat juga dipaksa untuk membayar pajak-pajak yang sangat memberatkan.
  7. Pemerintah Belanda menerbitkan uang kertas. Uang kertas tersebut sebagai pengganti uang koin (logam) yang sudah sejak lama dipakai oleh masyarakat Maluku.
  8. Warga pribumi di Maluku dijadikan sebagai serdadu atau tentara perang oleh Pemerintah Belanda.
  9. Guru-guru banyak yang dipecat karena sekolah dan gereja dikurangi jumlahnya.
  10. Sebagian rakyat Maluku dikirim ke Batavia untuk mengikuti dinas militer.
  11. Rakyat Maluku banyak yang ditindas oleh Pemerintah Belanda.

Kronologi Terjadinya Perang

Kronologi peperangan dimulai pada tahun 1817. Kemudian disusul dengan rentetan peristiwa yang begitu mencekam pada saat itu. Kronologinya sebagai berikut:

  1. Rakyat Maluku mulai melakukan aksi perlawanan pada 15 Mei 1817. Perlawanan tersebut berupa serangan pada tengah malam, sasarannya yaitu Pos Perahu yang berada di Pelabuhan Porto.
  2. Aksi tersebut dilakukan dengan membakar perahu-perahu di Pelabuhan Porto.
  3. Tanggal 16 Mei 1817, Pattimura memimpin kelompoknya untuk menyerang Benteng Duurstede. Kemudian, mereka berhasil mengepung seluruh Bangunan.
  4. Salah satu tokoh penting telah berhasil dibunuh oleh pasukan Pattimura, yaitu Van Den Berg.
  5. Setelah beberapa hari berlalu tepatnya pada tanggal 20 Mei 1817, pasukan Pemerintah Belanda membalas serangan kepada pasukan Pattimura. Pasukan Belanda dipimpin oleh Mayor Beetjes, mereka juga dibekali senjata yang sangat lengkap.
  6. Pertempuran pun terjadi antara pasukan Pattimura dan Pemerintah Belanda, tepatnya di wilayah Saparua.
  7. Pemimpin pasukan Pemerintah Belanda yaitu Mayor Beetjes akhirnya mati tertembak, dan kemenangan pun berada di tangan pasukan Pattimura.

Perang Balasan dari Pemerintah Belanda

Meski sudah kalah, namun Pemerintah Belanda tidak lantas menyerah. Mereka meminta bantuan dari Ambon. Pasukan dari Ambon pun datang dengan dipimpin oleh Kapitan Lisnet dan Mayer. Berikut kronologi peperangan selanjutnya:

  1. Serangan balasan dilakukan pada bulan November tahun 1817.
  2. Pasukan Belanda menyerang Benteng Duurstede yang sudah dikuasai oleh pasukan Pattimura.
  3. Pasukan Pattimura kalah, dan akhirnya keluar dari Benteng.
  4. Pemerintah Belanda merebut kembali Benteng Duurstede dan menguasainya secara penuh.
  5. Pasukan Belanda terus menyerang Pattimura dan pasukannya meski sudah berhasil menguasai Benteng Duurstede.
  6. Pasukan Belanda menerapkan praktik devide et impera, istilah lainnya yaitu adu domba. Taktik ini sengaja dilakukan untuk memecah belah persatuan rakyat Maluku.
  7. Beberapa tokoh di dalam pasukan Pattimura telah terpengaruh oleh hasutan pihak Belanda, diantaranya yaitu Pati Akoon dan Dominggus Thomas Tuwanakotta.
  8. Pattimura dikhianati dan strategi perangnya telah diketahui oleh pihak Belanda.
  9. Tokoh yang menghianati Kapitan Pattimura yaitu Raja Negeri Booi yang berasal dari Saparua.
  10. Pimpinan-pimpinan dalam pasukan Pattimura satu persatu mulai kalah dan ditangkap oleh pihak Belanda.
  11. Kapitan Pattimura akhirnya berhasil ditangkap oleh pasukan Belanda.
  12. Kapitan Pattimura dan beberapa tokoh lainnya mendekam di dalam penjara Benteng Victoria yang dijaga ketat oleh pasukan Belanda.
  13. Bulan Desember 1817, Kapitan Pattimura dan beberapa tokoh yang telah ditangkap mulai menjalani persidangan oleh Dewan Pengadilan Ambon atau Ambonsche Raad van Justitie.
  14. Puncaknya, pada tanggal 16 Desember 1817, Kapitan Pattimura dihukum gantung oleh pasukan Belanda di Benteng New Victoria Ambon.
  15. Tokoh lainnya yang juga dihukum gantung oleh pasukan Belanda adalah Philip Latumahina, Anthony Reebok, dan Said Parintah.
  16. Selain tokoh-tokoh pemimpin perang tersebut, pasukan Pattimura yang lainnya juga menerima hukuman yaitu dibuang ke tanah Jawa.
Kapitan pattimura di pecahan seribu rupiah
Kapitan pattimura di pecahan seribu rupiah

Nasib Jasad Kapitan Pattimura

Tidak hanya sampai di tiang gantung, kekejaman Pemerintah Belanda juga masih berlanjut setelah Kapitan Pattimura dan beberapa sahabatnya gugur. Jasad mereka akan tetap digantung meski sudah meninggal. Jasad-jasad tersebut akan dibiarkan menggantung dan dimakan oleh burung-burung.

Jasadnya dibiarkan mengering hingga larut bersama debu dan angin. Hal ini dilakukan sesuai dengan hasil vonis yang diberikan dari Dewan Persidangan Ambon atau Ambonsche Raad van Justitie. Mereka berdalih agar hukuman ini menjadi pembelajaran bagi rakyat lainnya agar tidak ada yang berani melawan Pemerintah Belanda.

Tokoh-tokoh dalam Peperangan

Peristiwa peperangan antara pasukan Pattimura dan pasukan Belanda tidak lepas dari tokoh-tokoh penting. Tokoh yang terlibat dalam Perang Pattimura ini diantaranya:

  1. Kapitan Pattimura alias Thomas Matulessy
  2. Anthony Reebok
  3. Thomas Pattiwael
  4. Raja Tiow
  5. Lucas Latumahina
  6. Johanes Mattulessi
  7. Ulupaha
  8. Paulus Tiahahu
  9. Christina Martha Tiahahu
  10. Philip Latumahina
  11. Said Parintah

Hasil Perlawanan Pattimura

Perlawanan Kapitan Pattimura telah berakhir di tiang gantung, hal ini membuat rakyat Maluku kehilangan pemimpin mereka yang sangat pemberani. Beberapa dampak yang muncul setelah Kapitan Pattimura gugur diantaranya:

  1. Christina Martha Tiahahu dihukum oleh Pemerintah Belanda dan kemudian dibuang ke tanah Jawa.
  2. Masyarakat pribumi Maluku masih terus dipaksa kerja rodi atau menjadi serdadu oleh Pemerintah Belanda.
  3. Belanda semakin berkuasa dan semena-mena terhadap rakyat di tanah Maluku.
  4. Monopoli hasil bumi berupa rempah-rempah semakin gencar dilakukan.
  5. Pembuatan perahu-perahu semakin meningkat.
  6. Terjadinya persatuan antara rakyat Maluku dan Raja-raja di daerah lain seperti Ternate, Jawa, Bali, Sulawesi, dan Tidore.

Dari sejarah singkat di atas dapat disimpulkan bahwa Kapitan Pattimura merupakan sosok Pahlawan yang sangat tangguh, cerdik mengatur strategi, serta pantang menyerah. Namun perjuangannya harus terhenti akibat pengkhianatan oleh kawan sendiri. Meski begitu, rakyat Indonesia patut berbangga dan harus selalu menghargai jasa-jasa beliau.

Mengenal Perbedaan SNI Dengan ISO, Pilih Mana?

staMutu yang terjamin pada sebuah produk tentunya menjadi kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah standar yang membuat, mengatur, dan mengawasi jalannya proses pengelolaan kualitas agar layak digunakan. Seperti halnya SNI dan ISO.

Lalu antara SNI dan ISO, mana yang lebih baik? Pertanyaan tersebut sangat sering mengemuka di benak masyarakat. Terutama bagi pengusaha atau perusahaan yang ingin menerapkan standar kualitas pada produk mereka, baik berupa barang maupun layanan jasa. Untuk mengetahui perbedaan keduanya, mari kita kenali satu per satu terlebih dahulu.

Tentang SNI

Yang pertama adalah SNI, yang memiliki kepanjangan Standar Nasional Indonesia. Standar ini ditetapkan oleh BSN, sebuah lembaga resmi yang bertugas menentukan standar di kawasan Indonesia. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 6.000 label SNI yang telah beredar.

Proses Sertifikasi SNI oleh BSN.go.id
Proses Sertifikasi SNI oleh BSN.go.id

Standar tersebut telah digunakan untuk produk, pengujian, kompetensi, hingga sistem pengelolaan. 

Beberapa sektor yang sudah menerapkan SNI antara lain pertanian, teknologi informasi, elektronik, kesehatan, lingkungan, keselamatan, transportasi, dan masih banyak lagi.

Tentang ISO

Berikutnya, adalah ISO, sebuah standar internasional yang dikeluarkan oleh sebuah lembaga dengan 160 negara anggota, Indonesia pun termasuk sebagai anggotanya. Fungsi organisasi ini adalah membuat pedoman untuk standar kualitas yang bisa digunakan secara global.

Jadi, SNI bisa dikatakan sebagai sebuah standar kualitas yang dibuat oleh Indonesia secara internal. Sementara sertifikasi ISO memiliki skala yang lebih mendunia.

Mana yang Lebih Baik?

Pertanyaan besarnya masih belum terjawab. Mana yang lebih baik di antara kedua standar tersebut?

Pada dasarnya sama saja. Sebab, Indonesia menerapkan SNI dengan mengacu pada pedoman dan klausul yang ada pada ISO. Bedanya, ada hal-hal pada SNI yang merupakan hasil modifikasi dari klausul ISO. Tujuan modifikasi tersebut adalah supaya kualitas mutu dapat sesuai dengan pasar nasional.

Karena, pada dasarnya BSN sebagai Lembaga yang ditunjuk, melakukan penyelarasan antara ISO dan SNI. Sebisa mungkin SNI menerapkan klausul ISO supaya produk berlabel SNI pun bisa bersaing secara internasional, tetapi target utamanya tetap pasar lokal.

Sebagai contoh, SNI yang berlaku saat ini adalah SNI 9001:2015 yang mengacu pada ISO 9001:2015. Dengan demikian, tingkat pengujian dan kualitas mutunya boleh dikatakan sama, karena pedomannya pun sama. Tujuan dari adanya rujukan itu adalah demi menghindari adanya standar yang terduplikasi di antara sesama negara peserta ISO. Sebab, Indonesia sebagai anggota ISO berhak mengaplikasikan isi klausul ISO secara keseluruhan, begitu juga dengan negara anggota lainnya.

Jika diharuskan untuk memilih, SNI atau ISO?

Sebagai orang Indonesia, alangkah baiknya jika kita menggunakan produk berstandar nasional yang ditetapkan oleh BSN. Apalagi, SNI memiliki standar yang sama dengan ISO, dengan kriteria mutu yang lebih sesuai untuk masyarakat Indonesia. Sementara ISO memiliki aspek standar yang lebih umum untuk masyarakat global.

ISO sering digunakan untuk standar mutu di berbagai bidang. Sementara SNI di Indonesia sejak lama melabeli produk. Sebab prosedur sertifikasi SNI selalu mencakup tentang sisi keamanan, keselamatan, dan aspek ramah lingkungan yang lebih tepat diberikan untuk produk yang dikonsumsi.

Untuk barang atau jasa yang dipasarkan di Indonesia, label SNI dianggap lebih penting untuk dimiliki. Sebab, jelas saja konsumennya pasti merupakan masyarakat Indonesia. Dengan label SNI yang telah dimiliki, maka jaminan mutunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kriteria pelanggan di Indonesia.

Penggunaan standar SNI sejatinya adalah untuk menandai bahwa produk atau jasa tertentu sudah lolos uji dan layak dipasarkan. Perlu ditekankan bahwa SNI adalah sebuah standar untuk memenuhi syarat dari segi fisik semata. Sementara untuk kandungan bahan, Indonesia memiliki MUI yang berhak untuk mengeluarkan sertifikasi halal.

Demikian tadi perbedaan antara SNI dan ISO, yang ternyata cukup bisa disamakan. Hanya berbeda dari cakupan saja, di mana SNI diperuntukan bagi Indonesia, sementara ISO lebih umum untuk dunia. Kalau Anda, pilih SNI atau ISO?

Daftar Ukuran Kolam Renang, dari Nasional Hingga Standar Olimpiade

kolam renang indoor privasi

Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang umumnya termasuk ke dalam lomba pada kejuaraan Olimpiade, Sea Games, ataupun PON.  Ada 2 kelas yang umumnya diadakan, yaitu standar internasional yang mengacu pada FINA dan juga kelas nasional yang mengacu pada PRSI. 

Biasanya ukuran dan syarat yang harus dipenuhi oleh kolam renang sudah ditentukan dan diatur oleh masing-masing induk organisasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar perlombaan yang dijalankan tidak merugikan pihak manapun dan semuanya mendapatkan hal yang sama agar penilaian dan hasilnya adil. Berikut akan dibahas mengenai ukuran dan syarat-syarat kolam renang secara lengkap.

Ukuran Kolam Renang Semi Olympic

Ukuran kolam renang yang kurang tepat dapat menghambat pergerakan tubuh pengguna kolam. Padahal, hal ini sangatlah penting untuk dipahami dan dipertimbangkan agar tidak panik jika saja tiba-tiba terjadi kecelakaan serta pertandingan dapat berlangsung lebih baik dan lancar. Jadi memang sebelum membuat kolam renang untuk tujuan pertandingan sudah memiliki ukuran standarnya yaitu :

Ukuran kolam renang nasional

  • Jumlah lintasan : 8 lintasan
  • Kedalaman minimum : 2 meter
  • Lebar : 25 meter
  • Lebar lintasan : 2,5 meter
  • Panjang : 50 meter
  • Temperatur air : 25°C – 28°C

Kolam renang internasional

  • Jumlah lintasan : 8 lintasan
  • Lebar : 25 meter
  • Lebar lintasan : 2,5 meter
  • Panjang : 50 meter
  • Temperatur air : 25°C – 28°C

Info ini disampaikan oleh: Jasa instalasi kolam renang Dimulti

Kedalaman kolam Renang

kedalaman minimum sebuah kolam adalah 1,35 meter yang dimulai sekitar 1 meter pada lintasan pertama. Ukuran ini dihitung dari dinding kolam renang dengan batas pada garis atau alat balok start. Kedalaman minimum yang harus dipenuhi adalah 1 m. Pencahayaan yang harus dimiliki apalagi jika dilakukan pada malam hari yaitu 1500 lumen.

Ukuran Kolam Renang yang Memenuhi Syarat

  • Syarat ukuran kolam renang yaitu panjang 50 meter, lebar 21 meter, dan kedalaman minimal 1 meter. Namun kedalaman air untuk kejuaraan dunia dan olympic yaitu minimal 2 meter. Jumlah lintasan yaitu 8 dengan lebar masing-masing lintasan yaitu 2,5 meter.
  • Dinding kolam dan permukaan air harus sejajar dan tegak lurus.
  • Tempat berpijak untuk waktu istirahat dapat dipasang setidaknya ada 1,20 meter di bawah permukaan air dan mulai dari seluruh pinggiran dinding kolam renang dapat dipasang tempat berpijak. 
  • Pada kolam renang, terdapat tali lintasan yang dipasang sepanjang 50 meter dengan kuat. Pelampung akan dipasang pada setiap tali lintasan secara berdempetan dan rapat. Sebagai petunjuk panjang 5 meter maka di bagian ujung tali lintasan akan diberikan warna yang jelas.
  • Permukaan tempat start memiliki ukuran 0,5 x 0,5 meter dan bagian tempat start memiliki tinggi 0,5 – 0,75 meter dengan sudut kemiringan 10°.

Ukuran Kolam Renang Standar Lomba

  • Lebar kolam : 25 meter.
  • Panjang kolam : 50 meter.
  • Kedalaman minimal kolam : 2 meter.
  • Lebar lintasan : 2,5 meter.
  • Jumlah lintasan : 8 lintasan
  • Temperatur air mulai dari : 25°C – 28°C

Inilah ukuran dan syarat yang harus dipenuhi oleh kolam renang standar nasional dan internasional. Jadi memang sudah ada ketentuan dan ketetapan sehingga tidak boleh asal membangun kolam renang karena nantinya tidak akan disetujui oleh induk organisasi. 

Mengenal Nasi Tiwul Dan Sejarahnya

Indonesia merupakan negara yang terkenal akan keberagamannya. Mulai dari suku, agama, ras, dan bahasa. Uniknya, makanan yang ada di setiap daerah juga beragam dan khas. Salah satunya ialah tiwul. Sebagian besar orang khususnya yang berasal dari pulau Jawa pasti sudah tidak asing lagi dengan pangan lokal yang satu ini.

Namun, perkembangan zaman yang sangat pesat membuat keberadaan tiwul buatan semakin tenggelam. Padahal makanan yang satu ini punya sejarah yang unik, bahkan sempat menjadi bahan makanan pokok. Manfaatnya pun juga baik untuk tubuh. Tapi  sekarang juga sudah ada tiwul instan yang membuat eksistensi pangan lokal ini naik lagi.

Bagaimana sih sejarah tiwul? Apa saja manfaatnya? Bagaimana cara membuatnya? Apa sih tiwul instan itu? Cari tahu selengkapnya di pembahasan berikut ini:

Sejarah Tiwul

Tiwul merupakan makanan lokal yang terbuat dari gaplek, yakni singkong yang sudah dikeringkan dan dikukus. Pada waktu zaman penjajahan Jepang, tiwul adalah makanan yang menjadi bahan pangan pokok, khususnya untuk masyarakat jawa. Hal ini terjadi karena bahan pangan berupa beras sangat sulit untuk ditemukan. Harganya pun terlampau mahal sehingga tidak banyak orang yang mampu untuk membeli. 

Rakyat yang tetap perlu hidup tentu mencari inisiatif makanan pokok lain sebagai pengganti nasi. Pada waktu itu, tanaman yang mudah ditanam, tanpa perawatan khusus, dan mudah dipanen ialah singkong. Selain mengenyangkan, singkong juga dinilai tahan lama. Hal itulah yang membuatnya sempat menjadi bahan pangan pokok pada zamannya.

Bukan hanya untuk tetap bertahan hidup, tiwul juga menjadi saksi bisu pertahanan dan perlawanan rakyat Indonesia dalam masa penjajahan. Itulah mengapa tiwul perlu dilestarikan dengan baik sebagai salah satu pangan lokal yang bersejarah dan kaya manfaat. 

Manfaat Tiwul

Tiwul ternyata memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Simak penjelasannya berikut ini

  • Sebagai sumber energi

Kandungan karbohidrat yang ada di dalam singkong membuatnya bisa menjadi sumber energi. Selain itu, adanya asam butirat dalam tiwul mampu menambah sumber energi untuh tubuh. Beberapa penlitian juga menyebutkan bahwa asam butirat bisa digunakan sebagai zatu untuk menghambat perkembangan sel kanker. 

  • Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Dalam proses pembuatannya, ada beberapa kandungan yang berinteraksi. Salah satunya ialah kandungan pati. Pati merupakan salah satu jenis karbohidrat. Saat proses pembuatan tiwul, kandungan pati dalam singkong akan mengalami proses retrogradasi.

Retrogaradasi merupakan interaksi dari fraksi amilosa yang akan menghassilkan pati resisten. Pati jenis ini sangat baik untuk kesehatan proses pencernaan. 

  • Baik untuk penderita diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit degeneratif yang dinilai sulit untuk disembuhkan. Penderirta penyakit diabetes wajib memerhatikan asupan pola makan. Perlu menghindari gula, bahkan nasi sebagai sumber tenaga.

Mengapa demikian?

Kalori yang ada di dalam nasi tergolong tinggi. Hal itu menyebabkan penguraiannya menjadi gula juga semakin cepat. Itulah mengapa, sumber tenaga berbahan umbi seperti tiwul ini dianjurkan. Kandungan kalori di dalamnya lebih rendah, baik untuk penderita diabetes. 

Bahan Dasar

Bahan utama untuk membuat tiwul ialah singkong yang telah dikeringkan, yang bisa juga disebut dengan gogik atau gaplek. Bahan singkong yang digunakan tentunya harus berkualitas agar tiwul yang dihasilkan rasanya lezat. 

Singkong yang akan digunakan tersebut dikupas dulu kemudian dicuci bersih. Biasanya untuk mempercepat proses pengeringan, singkong dilakukan pemotongan kecil-kecil dulu. Selain bahan dasar singkong, tiwul juga memerlukan beberapa bahan pendukung seperti kelapa parut, gula aren, daun pandan, garam, daun pisang, dan air. 

Cara Membuat Tiwul

Untuk membuat tiwul, yang pertama kali perlu dilakukan ialah menyiapkan bahan dasar dan bahan pendukung, seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya. Setelah itu, proses pembuatan tiwul bisa langsung dimulai dengan cara berikut ini

  • Penumbukan gaplek

Gaplek adalah singkong yang sudah dikeringkan. Proses pertama yang harus dilalui adalah gaplek ditumbuk dulu. Penumbukan dilakukan sampai gaplek jadi tepung. Sesekali berikan air sedikit saja untuk memudahkan proses penghalusan. Kemudian, tumbuk kembali sampai menjadi butiran yang kecil. Setelah itu sisihkan. 

  • Panaskan panci berisi air

Sembari menumbuk gaplek, Anda bisa memanaskan pancir berisi air yang akan digunakan untuk mengukus. Alasi dandang atau panci menggunakan daun pisang untuk menambah aroma pada tiwul.

  • Penambahan gula aren

Gula aren serut yang sudah disiapkan tadi tambahkan di atas gaplek. Lakukan secara merata. Pastikan bagian permukaan gaplek diselimuti aren supaya manisnya merata. Tapi jika Anda tidak terlalu suka manis, jumlah gula yang ditambahkan bisa dikurangi tapi perlu merata. Setelah itu, kukus gaplek kurang lebih 60 menit. Koreksi tingkat kematangan kemudian angkat dan sisihkan. 

  • Kukus kelapa parut

Untuk adonan kelapa, Anda perlu mengukus secara terpisah. Kukus kelapa parut bersamaan dengan daun  pandan yang sudah disiapkan. Tambahkan pula garam sesuai selera. Lakukan selama 15 menit sambil diaduk. Setelah itu angkat dan sisihkan. 

  • Sajikan tiwul dan kelapa parut

Tiwul yang sudah dikukus tadi sajikan bersama kelapa parut. Rasanya akan semakin lezat dan khas. 

Mengenal Tiwul Instan

Tiwul instan merupakan hasil pengolahan makanan yang sudah modenr. Tiwul instan ini tinggi karbohidrat yang setara dengan beras. Cara penyajiannya pun lebih mudah dan penyimpannya bisa bertahan lebih lama. Kalau orang malas membuat tiwul karena prosesnya yang lama, tiwul instan bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Cara penyajian makanan modern ini cukup mudah. Untuk tiwul tawar, cukup dikukus selama 15 sampai 20 menit. Sedangkan untuk tiwul berbumbu, bisa diseduh mengunakan air mendidih selama 5 menit. Tiwul instan ini patut dijadikan warisan budaya berbasis pangan lokal dengan nilai gizi yang baik di tengah tren makanan masa kini. 

Tiwul instan bisa menjadi jawaban dari makanan instan cepat saji yang praktis dan ekonomis. Tiwul masa kini ini sudah banyak diproduksi dalam skala pabrik. Bahkan juga ada di luar pulau Jawa yang dijual dengan cara online. jadi Anda bisa semakin mudah untuk menikmatinya. 

Hubungan Dengan Tepung Gaplek

Tiwul memiliki hubungan erat dengan tepung gaplek. Jadi tepung gaplek ini merupakan produk awal yang diperluan untuk membuat tiwul. Jika dahulu untuk membuat tapung gaplek ini perlu ditumbuk, kini sudah tidak lagi. Banyak toko yang menyediakan tepung gaplek untuk membuat tiwul. Bahkan sekarang sudah beredar tepung gaplek instan yang tinggal dikukus saja. 

Kisaran Harga Tiwul Mentah

Untuk menikmati nasi tiwul mentah, tidak banyak uang yang perlu dikeluarkan. Harganya cukup terjangkau berkisar Rp 20.000 sampai 30.000 per kg.  Jika sulit menemukan tiwul di sekitar tempat tinggal Anda, maka Anda juga bissa memebelinya secara online. 

Keberadaan tiwul sebagai pangan lokal asli Indonesia perlu dilestarikan. Selain karena sejarahnya, tiwul juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Sekarang tidak perlu bersusah payah lagi menumbuk gaplek untuk bisa menikmati tiwul karena adanya terobosan tiwul instan. Anda penikmat tiwul? Yuk sama-sama lestarikan warisan budaya ini.

Mesin Air RO Hexagonal untuk Kesehatan, Benar atau Tidak?

air hexagonal untuk kesehatan

Mengkonsumsi air putih setiap hari adalah suatu kewajiban kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, air putih yang Anda konsumsi dengan pengolahan yang biasa belum dapat menentukan tingkat kesehatan kebersihan air tersebut. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk Anda mengenal mesin air RO Hexagonal yang dapat membantu mengolah air putih menjadi lebih menyehatkan. 

Lihat jugahttps://en.wikipedia.org/wiki/Hexagonal_water

Mesin Air RO Hexagonal dengan Berjuta Manfaat

Peran air minum hasil dari proses mesin air RO hexagonal

RO (Reverse Osmosis) atau Osmosis Terbalik merupakan proses pemisahan atau penyaringan molekul-molekul air dan juga beberapa ion-ion yang terdapat pada sebuah larutan. Dengan cara memanfaatkan sistem tekanan pada suatu larutan yang akan disaring yang terdapat pada sisi membran pemisah. Sehingga mendapatkan air bersih yang bebas dari beberapa zat yang merugikan untuk tubuh.

Proses RO untuk mendapatkan air yang berkualitas

Air yang berasal dari hasil proses penyaringan mesin RO Hexagonal dianggap mampu memberikan manfaat untuk kesehatan seseorang. Beberapa daerah memiliki air yang terkontaminasi dari hasil pembuangan yang tidak ramah lingkungan. Oleh sebab itu sangat dianjurkan agar menggunakan mesin RO untuk mendapatkan kualitas air yang lebih menyehatkan. Misal saja beberapa negara yang terdapat banyak air asin menggunakan RO untuk mendapatkan aliran air yang dapat digunakan oleh warganya. 

Manfaat air RO untuk kesehatan

Dahulu orang menggunakan proses penyaringan dari air laut untuk mendapatkan air minum yang bersih. Namun saat ini air bersih sangat mudah untuk didapat, sehingga dapat menghasilkan air yang berkualitas lebih baik. Dengan mengenal mesin air RO Hexagonal yang dapat menyaring air biasa yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari termasuk di bidang kesehatan dan industri. 

Memperoleh mineral dan ion-ion yang dibutuhkan oleh tubuh

Air keran yang biasa digunakan mengandung mineral-mineral berat serta zat anorganik yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Dengan menggunakan proses penyaringan Reverse Osmosis Hexagonal, mineral-mineral berat yang terkandung pada air keran sudah tersaring sempurna. Terlebih lagi, lebih baik mendapatkan zat anorganik yang berasal dari makanan yang dikonsumsi bukan dari kandungan air keran. 

Memiliki pH rendah

Air yang berasal dari hasil saringan mesin RO Hexagonal memiliki kandungan asam yang rendah. Tingkat keasaman dari air saringan tersebut netral, sehingga cocok untuk Anda yang sering terkena asam lambung.  Air keran yang biasa diminum memiliki kandungan pH yang cukup tinggi untuk asam lambung seseorang, yang mana akan menyebabkan naiknya asam lambung. 
Setelah membaca poin-poin di atas, pastinya Anda sudah mengenal mesin air RO Hexagonal tersebut dengan baik.

Dengan manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama dalam bidang kesehatan, Air hasil saringan sistem RO tersebut dapat menanggulangi resiko orang terkena dari penyakit-penyakit kronis yang dapat membahayakan tubuh.

Mengenal Cara Kerja Water Heater Tenaga Surya

Water heater atau pemanas air saat ini sudah menjadi barang yang dibutuhkan bagi setiap rumah terutama yang berada di perkotaan. Selain dapat menghangatkan badan di cuaca yang dingin, air hangat juga bermanfaat bagi anggota keluarga lain yang berusia lanjut atau yang memiliki alergi dingin. Di pasaran terdapat beberapa jenis water heater yang dibedakan dari sumber tenaganya.

Salah satu jenis water heater yang sedang populer digunakan adalah water heater tenaga surya atau sinar matahari. Water heater tenaga surya banyak dipilih karena dapat menghemat konsumsi energi yang digunakan di rumah tersebut. Hal ini karena water heater tenaga surya menggunakan 90% sinar matahari untuk memanaskan air yang terdapat di tangki penyimpanan.

Ilustrasi cara kerja water heater tenaga matahari dari Solahartku.com
Ilustrasi cara kerja water heater tenaga matahari dari Solahartku.com

Cara Kerja Water Heater Tenaga Surya

Jika dilihat dari prinsip kerjanya, water heater tenaga surya dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu water heater tenaga surya sistem pasif dan water heater tenaga surya sistem aktif. Berikut ini adalah penjelasan cara kerja kedua jenis water heater tenaga surya tersebut.

  • Water Heater Tenaga Surya Sistem Pasif

Water heater jenis ini memiliki sistem kerja pasif, yang artinya sama sekali tidak membutuhkan energi tambahan dalam melakukan proses pemanasan air. Jadi water heater jenis ini 100% mengandalkan sinar matahari dalam menyediakan air panas. Memiliki panel collector dan tangki penampungan sebagai 2 komponen utama dari water heater jenis ini.

Pada panel collector terdapat lapisan kaca yang berguna untuk mengumpulkan panas dari sinar matahari yang didalamnya telah tersusun rangkaian pipa tembaga yang digunakan untuk jalur air. Sedangkan tangki penampungan berfungsi layaknya termos untuk menampung air panas agar suhunya dapat terjaga dengan waktu yang lama.

Saat matahari bersinar panel collector akan mulai mengumpulkan panas dari sinar matahari yang nantinya akan dialirkan ke pipa-pipa yang telah berisikan air yang akan dipanaskan. Suhu air yang terdapat di dalam pipa secara perlahan akan meningkat dan akan bergerak ke atas memasuki tangki penampungan.

  • Water Heater Tenaga Surya Sistem Aktif

Seperti halnya sistem pasif, water heater tenaga surya sistem aktif tetap menggunakan tenaga sinar matahari untuk memanaskan air. Namun yang membedakannya adalah water heater jenis ini perlu memerlukan tenaga listrik untuk membantu proses distribusi air panas dan air dinginnya dengan menggerakan pompa dan pengontrol otomatisnya.

Water heater tenaga surya sistem aktif lebih ditujukan untuk kebutuhan air panas yang memiliki skala cukup besar, seperti industri hotel, rumah sakit, atau apartemen. Water heater jenis ini pun memiliki sistem emergency backup dengan pemanas air energi listrik yang berguna jika cuaca sedang hujan atau mendung berhari-hari sehingga intensitas sinar matahari berkurang.

Sejatinya prinsip kerja dari sistem pasif dan aktif memiliki kemiripan, karena memiliki 2 komponen utama yang sama, yaitu collector sebagai penangkap panas sinar matahari dan tangki penampung untuk menampung air yang akan dipanaskan. Namun yang membedakannya yaitu pada tangki penampungnya yang memiliki kapasitas lebih besar.

Dengan menggunakan water heater tenaga surya Anda juga turut andil dalam membantu mengurangi terjadinya global warming. Hal ini karena water heater ini menggunakan energi terbarukan yaitu sinar matahari untuk memanaskan air.

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Versi BPOM

panduan cara membuat hand sanitizer

Kini dunia tengah digemparkan dengan adanya pandemi baru yang disebut dengan Corona atau COVID-19. Penyebaran virus Corona ini bisa dikatakan begitu cepat. Hal yang lebih mengejutkan adalah banyak korban meninggal karena terjangkit pandemi ini. Salah satu langkah untuk mencegahnya adalah menggunakan masker dan hand sanitizer. Namun kedua barang tersebut sangat langka saat ini. Oleh karena itu, banyak orang mencari tahu cara membuat hand sanitizer sendiri.

Pencegahan yang dilakukan dengan menggunakan masker memang dapat meminimalisir penyebaran pandemi Corona. Sebab, jika seseorang yang terjangkit Corona berinteraksi dengan orang yang tidak terjangkit, maka kemungkinan besar virusnya akan menular. Hal ini sudah terjadi di berbagai negara di belahan dunia. Tidak hanya satu atau dua Negara, tetapi juga puluhan bahkan ratusan negara.

Bagaimana Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri?

Tidak hanya di Indonesia saja, ada beberapa negara yang juga mengalami kelangkaan masker dan juga hand sanitizer. Penggunaan masker dan juga hand sanitizer ini merupakan himbauan kepada masyarakat agar tidak mudah terpapar virus.

Setelah diumumkan adanya virus Corona, banyak orang yang mulai melakukan antisipasi dengan membeli masker. Bahkan ada beberapa oknum yang menggunakan kesempatan ini untuk berlaku curang. Penggunaan masker memang diwajibkan untuk masyarakat yang sedang sakit.

Sebab, bisa jadi ia sudah terserang pandemi Corona. Sedangkan yang belum terjangkit bisa menggunakan masker dan hand sanitizer. Akibat banyaknya orang yang membeli masker dan hand sanitizer, kedua barang tersebut menjadi langka. Tidak sedikit orang yang kemudian mencari tahu bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri.

Produk hand sanitizer merupakan salah satu produk pembersih yang digunakan pada tangan. Hand sanitizer mendadak langka dan juga sangat mahal. Padahal penggunaan hand sanitizer ini sangat dianjurkan. Untuk mengantisipasi kelangkaan dan juga tetap mencegah pandemi Corona, anda bisa membuat cairan hand sanitizer sendiri.

Lihat juga: Mengenal Apa itu Virus Corona dan COVID-19

Inilah Cara Membuat Hand Sanitizer Menurut BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan telah memberikan keterangan mengenai pedoman atau cara untuk membuat hand sanitizer sendiri. Bahan yang perlu dipersiapkan adalah Etanol 90%. Gliserol 98%, Hidrogen Peroksida 3 %, dan juga air steril.

Selanjutnya adalah alat yang digunakan. Beberapa alat yang perlu dipersiapkan adalah gelas ukur 1000 ml, Becker Glass, Gelas ukur 50 ml, Gelas ukur 25 ml, dan juga bahan pengaduk kemudian tidak lupa untuk menggunakan botol kaca. Berikut ini cara membuat hand sanitizer sendiri menurut pedoman BPOM.

Langkah Pertama

Siapkan bahan dan alat seperti yang sudah dijelaskan diatas. Sejumlah 833 ml Etanol 96% anda masukkan pada gelas ukur 1000 ml. Kemudian tambahkan 41,7 hidrogen peroksida 3% pada gelas yang berisi etanol.

Langkah Kedua

Selanjutnya adalah menambahkan 14,5 ml Gliserol 98% pada gelas ukur. Kemudian anda bisa menambahkan air steril hingga 1000 ml. Lalu diaduk hingga homogen

Langkah Ketiga

Cara membuat hand sanitizer yang selanjutnya adalah memindahkan campuran etanol, gliserol, hidrogen peroksida, dan air pada kaca bersih. Pastikan bahwa kaca tersebut benar-benar bersih dan tidak terkontaminasi senyawa dari luar.

Langkah Keempat

Setelah dipindahkan, maka anda bisa menyimpan campuran cairan tersebut selama 72 jam. Proses penyimpanan ini harus dilakukan dengan benar agar tidak ada organisme lain yang masuk. Setelah itu, hand sanitizer siap digunakan.

Beberapa cara diatas perlu anda terapkan jika tidak memiliki hand sanitizer. Sebab, penggunaan hand sanitizer sangat penting dan dapat mengurangi pertumbuhan virus pada tangan. Seringnya seseorang berinteraksi secara langsung, maka akan semakin besar pula kemungkinan penularannya.

Ada banyak referensi mengenai pembuatan hand sanitizer secara herbal. Namun BPOM telah memberikan keterangan atau pedoman mengenai cara untuk membuat hand sanitizer yang benar. Bahan dan alat-alatnya pun sudah ditentukan. Hand sanitizer homemade ini ditujukan untuk masyarakat yang tidak mampu membeli hand sanitizer akibat harganya yang tidak normal.

Ketersediaan hand sanitizer sendiri sudah sangat langka. Untuk itu, alternatif yang bisa anda gunakan adalah membuat cairan pembersih sendiri. Cara membuat hand sanitizer yang baik dan benar bisa anda terapkan sesuai dengan anjuran BPOM. Selain lebih aman, produk pembersih yang anda buat benar-benar berfungsi untuk meminimalisir penularan virus Corona yang menyebar.

Struktur Virus Corona

Coronavirus_COVID-19_virus [Update]

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh health.mil, bentuk virus corona ini memiliki 3 elemen dasar, yaitu Protein E, Protein S, dan Protein M. Sebagaimana kita ketahui, salah satu ciri dari virus yang pling menonjol adalah strukturnya yang sangat simpel dan sederhana. Dia tidak memiliki kulit, bahkan sel seperti makhluk hidup lainnya. Satu-satunya ciri makhluk hidup yang terdapat pada virus adalah kemampuannya untuk berkembang biak dengan adanya RNA/DNA. RNA dan DNA sendiri adalah protein, sehingga elemen virus satu-satunya yaitu protein itu sendiri sebagaimana ilustrasi di bawah ini.

Bagian dan struktur virus COVID (health.mil)

Sedangkan menurut rujukan yang lebih umum seperti Wikipedia, ilustrasi bentuk COVID-19 digambarkan lebih detail tidak hanya elemen luar namun juga menggambarkan lapisan virus tersebut. Berikut ilustrasi 3 dimensi untuk gambar virus corona yang dirilis pada tanggal 27 Januari 2020.

lapisan virus corona COVID-19
Lapisan virus corona COVID-19 (Wikipedia)

Dari ilustrasi medis di atas, dapat disimpulkan bahwa virus COVID-19 memiliki 4 elemen utama, keempat elemen tersebut adalah:

  • Spike Glycoprotein
  • RNA dan N Protein
  • Envelope (pembungkus)
  • Hemagglutinin-esterase dimer (HE)

5 Fitur Dasar Dari Accurate, Software Akuntansi Perusahaan Asli Indonesia

software akuntansi accurate online berbagai versi

Dalam sebuah bisnis kita tentunya harus mempunyai data yang akurat serta sistem operasional kerja yang baik. Seluruh transaksi hasil jual beli dengan customer haruslah tercatat dengan baik. Kondisi demikian membuat Anda tentunya harus membayar tenaga ahli yang mengerti tentang bidang akuntansi. Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, membuat Anda tentunya tidak perlu repot-repot menyewa banyak SDM yang akan membebani anggaran pengeluaran karena semua fungsi sudah terdapat di dalam software. Bagi Anda yang tertarik menggunakan software Accurate ini, berikut akan diulas 5 fitur dasarnya, software akuntansi perusahaan asli indonesia khusus untuk Anda.

5 Fitur Dasar Dari Accurate

Software akuntansi perusahaan merupakan sebuah solusi yang dapat membantu perkembangan bisnis Anda. Banyak sekali penyedia software akuntansi perusahaan yang beredar. Para developer berlomba-lomba dalam melakukan service excellent guna menarik para customer. Salah satu developer asli Indonesia yang mumpuni dan professional yani accurate. Developer ini dapat Anda Andalkan sebagai developer handal. Guna lebih meyakinkan Anda, berikut akan diulas 5 fitur dasar dari accurate, software akuntansi perusahaan asli indonesia.

Fitur Penjualan

Fitur utama yang dapat diperoleh oleh tiap user ketika menggunakan software akuntansi perusahaan online dari accurate. Fitur penjualan terdiri dari penawaran dan pesanan penjualan, faktur penjualan, klaim pelanggan, pengiriman pesanan, uang muka, tukar faktur, komisi penjualan, pengepakan barang, penyesuaian harga jual, dan smart link e-commerce. 

Fitur Perpajakan

Selain dilengkapi dengan fitur penjualan, software akuntansi perusahaan online dari accurate juga dilengkapi dengan fitur perpajakan. Fitur perpajakan akan sangat membantu sekali tiap user untuk melakukan monitoring mengenai informasi perpajakan perusahaan. Berikut adalah beberapa fitur perpajakan di software ini yakni pajak pertambahan nilai (PPN), pajak penghasilan pasal 23 (PPH 23), pajak penghasilan pasal 15 (PPH 15), pajak penghasilan pasal pasal 21 (PPH 21), pajak penghasilan pasal 22 (PPH 22), dukungan efaktur, Dukungan eSPT PPH 21/26, Dukungan eSPT PPH 23, serta dilengkapi dengan fitur pengiriman email secara massal efaktur pada tiap customer.

Fitur Kas dan Bank

Selain fitur perpajakan dan penjualan, software akuntansi perusahaan juga dilengkapi dengan fitur kas dan bank. Fitur kas dan bank dilengkapi dengan fitur pembayaran, fitur penerimaan, fitur transfer bank. Selain itu para user juga dapat menikmati beragam fasilitas lainnya seperti mutasi rekening koran, fitur rekonsiliasi antar bank, serta dilengkapi dengan smart link internet banking. Fitus kas dan bank akan sangat membantu perusahaan yang saat ini sudah beralih dari offline ke transaksi pembayaran digital.

Fitur Aset Tetap

Software akuntansi perusahaan asli Indonesia dari Accurate juga dilengkapi dengan fitur aset tetap. Fitur aset tetap memungkinkan tiap user untuk melakukan pengaturan aset investasi tetap, perubahan aset tetap secara berkala, disposisi aset tetap, transfer aset tetap, Perhitungan depresiasi aset tetap, hingga Kategori aset tetap pajak.

Fitur Buku Besar

Fitur terakhir yang dapat Anda nikmati ketika menggunakan software akuntansi dari accurate yakni fitur buku besar. Fitur ini amat dibutuhkan dalam pengembangan bisnis Anda. Fitur ini dilengkapi dengan akun perkiraan, jurnal umum, riwayat dari akun, log aktivitas jurnal, hingga pencatatan beban dan anggaran.

Itulah 5 fitur dasar dari accurate, software akuntansi perusahaan asli Indonesia. Selain kelima fitur tersebut sebenarnya software ini juga dilengkapi dengan beragam fitur lainnya yang dapat membantu setiap pekerjaan Anda. Software akuntansi dari accurate merupakan solusi menjalankan bisnis lebih mudah, cepat, dan memudahkan penggunanya untuk melakukan scale up bisnis menjadi lebih besar dan maju lagi.

3 Jenis Kayu Anti Rayap Rekomendasi untuk Rumah

ilustrasi jenis kayu anti rayap

Indonesia terkenal kaya akan hasil hutan dengan beragam jenis. Diantaranya adalah kayu. Beragam jenis kayu yang dapat dipergunakan sebagai bahan baku furniture dengan beragam karakteristik dan manfaat. Dalam memilih kayu sebagai bahan baku furniture, kita harus memperhatikan keawetan kayu. Salah satu faktor penting dalam menilai keawetan kayu adalah memilih kayu yang tahan akan hama. Hama yang sering menyerang kayu salah satunya adalah rayap. Ini jenis kayu anti rayap rekomendasi untuk rumah.

Jenis Kayu Anti Rayap Rekomendasi untuk Rumah

Memiliki rumah berbahan kayu adalah idaman banyak orang. Dengan penggunaan kayu sebagai bahan dalam pembuatan lantai, plafon serta dinding, maka akan membuat rumah menjadi terlihat elegan serta homey. Akan tetapi, dikarenakan kita berada di negara tropis, maka tidak bisa secara leluasa dalam menggunakan sembarangan kayu untuk bahan baku pembuatan rumah. Hal ini disebabkan adanya kelembaban yang cukup tinggi sehingga memicu kemunculan rayap.

Rayap merupakan salah satu jenis hama yang sering menyerang kayu. Hal ini dapat mengakibatkan perabot rumah, furniture, hingga dinding yang berbahan kayu tersebut menjadi tidak awet. Keberadaan rayap tidak dapat terdeteksi secara cepat. Setelah terdapat efek yang lumayan besar serta merugikan, barulah keberadaan rayap tersebut dapat diketahui.

3 Jenis Kayu Anti Rayap Untuk Rumah

Untuk menghindari serangan hama rayap terhadap rumah dengan bahan baku kayu, maka kita perlu mengetahui jenis-jenis kayu anti rayap yang direkomendasikan dalam pembuatan rumah. Di bawah ini jenis kayu anti rayap rekomendasi untuk rumah antara lain:

Kayu Jati

Kayu jati merupakan salah satu jenis kayu yang cukup terkenal di Indonesia. Jenis kayu ini sangat cocok dipergunakan sebagai bahan baku furniture atau dalam pembuatan rumah. Hal ini dikarenakan kayu jati memiliki tekstur yang kuat, keras dan kokoh serta yang terpenting adalah merupakan kayu anti rayap. Serangga tersebut tidak menyukai kayu jati karena terlalu keras untuk dimakan.

Kayu Merbau

Hampir sama dengan kayu jati, kayu merbau mempunyai ciri kayu yang kuat dengan warna coklat kemerahan yang cukup khas dengan tekstur serat garis putus-putus. Kualitas kayu merbau dibawah kualitas kayu jati, maka bagi orang yang tidak sanggup untuk membeli kayu jati, kayu merbau merupakan alternatif dalam pemilihan kayu untuk bahan baku pembuatan rumah. Oleh karena itu, anda tetap dapat memperoleh jenis kayu anti rayap dengan kualitas yang baik dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Kayu Sengon

Merupakan jenis kayu yang mempunyai karakteristik yang kokoh serta memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup cepat dengan mencapai ketinggian hingga 7 meter. Bagi anda yang memerlukan kayu sebagai bahan baku pembuatan rumah, jenis kayu ini dapat direkomendasikan untuk anda. Dengan harga yang jauh bersahabat dari kayu jati, akan tetapi keawetan serta kualitasnya sangat baik dan anti rayap.

Ini jenis kayu anti rayap rekomendasi untuk rumah, maka anda akan mendapatkan kualitas kayu yang terbaik serta keawetannya lebih terjamin. Sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan keadaan rumah anda yang berbahan baku kayu dari serangan rayap dan hama lainnya.