Yuk Intip Kemegahan 5 Masjid Terbesar Di Indonesia Berikut Ini

Masjid merupakan bangunan suci bagi umat Islam ini digunakan untuk beribadah dan dakwah umat Islam, diantaranya adalah Salat Berjamaah, Istighosah, Pengajian Akbar, Kajian, Buka Bersama Ramadan, dan acara lainnya. Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki beberapa masjid terbesar dan terbesar seantero negeri? Yuk simak 5 masjid terbesar di Indonesia berikut ini.

Daftar 5 Masjid Terbesar Di Indonesia

Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid ini merupakan masjid nasional negara republik Indonesia yang terletak di pusat ibukota Jakarta. Masjid ini berseberangan dengan gereja Katedral Jakarta. Masjid Istiqlal di Jakarta ini sangat megah karena memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer serta berhiaskan ornamen geometrik dari baja antikarat.

Selain digunakan untuk tempat beribadah umat Islam, masjid Istiqlal di Jakarta juga digunakan untuk sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia, aktivitas sosial, dan beberapa kegiatan umum.

masjid istiqlal jakarta

Masjid Nasional Al Akbar, Surabaya

Masjid kedua terbesar di Indonesia adalah masjid nasional Al Akbar di Surabaya. Masjid ini juga mendapat julukan masjid Agung Surabaya. Bangunan suci ini memiliki luas bangunan sekitar 22.300 meter persegi yang terdiri dari bagian masjid utama dan penunjang masjid.

Keunikan serta kemegahan masjid ini yaitu memiliki menara dengan tinggi sekitar 99 meter dan pemandangan tower pada ketinggian 68 meter. Anda dapat melihat pemandangan Kota Surabaya dari menara ini. Masjid Al Akbar di Surabaya mampu menampung 59.000 jamaah.

Masjid Islamic Center, Samarinda

Masjid terbesar ketiga ini memiliki luas bangunan sekitar 43.000 meter persegi yang terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Masjid yang bisa menampung sekitar 45.000 jamaah ini sangat mengagumkan karena memiliki 7 menara indah setinggi 99 meter yang dilengkapi dengan 99 Asmaul Husna.

Menara  utama masjid ini memiliki ruangan 15 lantai yang masing-masing lantai memiliki tinggi 6 meter dengan anak tangga sejumlah masing-masing 33 anak tangga yang mana disesuaikan dengan jumlah biji tasbih. Sedangkan jumlah 6 menara lainnya pada masjid ini disesuaikan dengan jumlah rukun Islam.

Masjid Agung, Semarang

Masjid yang terletak di Kota Semarang Jawa Tengah ini begitu megah dan besar karena memiliki dekorasi 6 payung elektrik di serambi masjid. 6 payung elektrik berukuran raksasi ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan diameter 14 meter yang dapat terbuka secara otomatis.

Sama halnya dengan masjid-masjid sebelumnya, masjid Agung di Semarang juga memiliki menara dengan tinggi sekitar 99 meter dengan berbagai hal menarik yang ada di dalamnya.

Masjid Agung Madani, Riau

Masjid terakhir dari 5 masjid terbesar di Indonesia ini mendapatkan julukan Taj-Mahal Indonesia berkat kemegahan arsitektur modern. Masjid ini mendapatkan penghargaan sebagai salah satu masjid terbaik di Indonesia. Masjid yang dihiasi oleh bebatuan cantik dan terbaik dari penjuru negeri Indonesia serta lampu gantung Italia ini juga memiliki beragam kaligrafi indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *