Mengenal Pengertian Barang Antik dan Contohnya

Definisi Barang Antik

Menurut sumber dari Wikipedia. barang antik (dari bahasa Latin: antiquus “tua”) ialah benda menarik yang sudah berusia tua, seperti mebel, senjata, barang seni, maupun perabotan rumah tangga.

Tidak terdapat definisi umum yang dapat diterima meluas seberapa antik sebuah barang, namun barang yang berusia lebih ratusan tahun lamanya dapat disebut antik.[1] Di Amerika Serikat, UU Cukai Smoot-Hawley 1930 mendefinisikan barang antik sebagai “karya seni (kecuali permadani dan karpet yang terbuat setelah tahun 1700), koleksi dalam ilustrasi kemajuan seni, karya dari perunggu, pualam, terakota, parian, tembikar, atau porselin, benda antik artistik dan objek karakter ornamen maupun nilai pendidikan yang harus diproduksi sebelum tahun 1830.”

Barang antik dijual dengan dilelang dan dari kolektor. Secara tradisional, kolektor dan orang kaya membeli barang antik, namun di negara industri, barang antik juga menarik di penyimpanan rakyat.

Contoh Barang Antik

Berikut contoh dari barang antik yang berupa piring buatan Belanda. Menurut tanda historinya, piring ini dibuat pada tahun 1800an merujuk pada label Petrus Regout yang terpatri pada piring antik tersebut.

kumpulan piring antik
Foto satu set piring antik
Label R meurujuk pada arti “Petrus Regout” yang diproduksi antara tahun 18600-1890

Satu set piring antik ini berada di Jakarta dan dijual secara terpisah per item. Apabila Anda tertari untuk membeli atau mengecek keaslian piring antik ini, kamu bisa kunjungi laman resminya di: Piring Antik Jakarta.

Berikut galeri contoh barang Antik Tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *