Cara Mudah Buat Link WhatsApp Menggunakan QR Code

Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang wajib dimiliki untuk para pemilik smartphone. Aplikasi whatsapp ini bahkan sudah mengganti aplikasi lainnya seperti aplikasi telepon dan juga SMS yang mulai ditinggalkan lebih jauh. Hal ini tentu saja karena Whatsapp menawarkan fitur dan biaya yang lebih murah. Untuk mempermudah, berikut ini cara buat kirim WA dengan QR code.

Cara buat kirim WA dengan QR code ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Mulai dari untuk mempermudah promosi, pemesanan produk dan bahkan bisa kamu gunakan di kartu bisnis. Pasalnya QR code ini sendiri sudah banyak digunakan untuk berbagai tujuan juga, mulai dari pembayaran hingga untuk kepentingan lainnya.

Dengan pemanfaatan QR code ini, nantinya orang yang akan menghubungi kamu baik lewat pesan maupun telepon tidak perlu repot mencatat nomor telepon apalagi menyimpan kontak kamu terlebih dahulu. Sebelum kita membuat QR code nya, kita buat dulu link yang akan mengantar ke profil kita. Berikut cara lengkapnya.

Membuat Link Kirim Whatsapp

Untuk membuat link untuk ke profil kita caranya sangat mudah. Caranya hanya memasukkan nomor telepon kita ke belakang situs resmi Whatsapp. Berikut penjelasannya. Semisal nomor kamu adalah 084578910293 maka masukkan nomor tersebut ke belakang link berikut:

1. Situs pertama adalah https://api.whatsapp.com/send?phone= yang kemudian masukkan nomor kamu sehingga menjadi https://api.whatsapp.com/send?phone=08457891029

2. Sedangkan untuk situs yang kedua adalah https://wa.me/ kemudian masukkan nomor kamu sehingga menjadi https://wa.me/084578910293

Kamu bisa memilih salah satu diantara dari dua link tersebut. Link yang kedua memang lebih pendek, namun kamu juga bisa memperpendek lagi dengan URL shortener atau situs yang dapat memperpendek link yang akan kamu gunakan. Memang ini tidak akan menjadi masalah untuk QR Codenya, namun dengan lebih pendek kamu bisa mengingatnya lebih mudah.

Lihat pula: Resiko dan Bug Aplikasi GB WA

Membuat QR Code Untuk Akses Kirim Pesan WA Cepat

Setelah link yang kamu buat disederhanakan dengan API WhatsApp atau Link WA, selanjutnya kita akan membuat QR Code yang menjadi akses cepat untuk ke profil kamu. Cara buat kirim WA dengan QR code tersebut kali ini akan menggunakan situs https://www.autobild.co.id/p/qr-code.html. Berikut langkah lengkap yang bisa kamu ikuti.

Alasan mengapa autobild ini direkomendasikan adalah karena kita bisa menggunakan jasanya gratis. Umumnya, untuk menggunakan QR generator yang mana untuk versi gratisannya terbatas dalam jangka waktu tertentu. Apabila ingin jangka waktunya diperpanjang, maka kita harus melakukan pembelian akses.

  1. Pertama, buka situs https://www.autobild.co.id/p/qr-code.html baik menggunakan smartphone atau menggunakan laptop.
  2. Selanjutnya, masukkan link dari api whatsapp atau link wa.me yang sudah diperpendek.
  3. Sebelum membuat QR code nya, kamu bisa mengatur bentuk dari QR Codenya. Apakah berbentuk persegi, persegi panjang yang memanjang ke atas atau lainnya.
  4. Setelah selesai, klik generate link, maka akan muncul gambar hitam putih yang merupakan QR code
  5. Simpan QR code tersebut dengan klik di menu download QR
  6. Cara buat kirim wa dengan QR Code pun selesai.

Lihat pula: Kumpulan Fitur Terbaru WhatsApp Mod APK

Setelah kamu mendapatkan QR Code, kamu bisa menempelkan gambar QR code tersebut di berbagai media, mulai tanda pengenal, stiker hingga kaos maupun banner yang sesuai dengan tujuan dari penggunaan QR code tersebut. Dengan memanfaatkan QR code ini, kamu memberikan kesempatan untuk konsumen atau yang ingin menghubungimu dengan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *