Cara Cepat Membatalkan Pesanan di Lazada

Lazada merupakan salah satu platform jual beli online terbesar yang ada di Indonesia. Aplikasi belanja online ini kerap kali menawarkan diskon menarik dan harga barang yang murah-murah jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Namun, sering kali ada kendala yang dijumpai saat sudah melakukan pemesanan dan akhirnya mengharuskan Anda untuk melakukan pembatalan pesanan.

Pembatalan pesanan di aplikasi belanja online memang mudah dan cepat untuk dilakukan. Aplikasi yang sudah merambah hingga ke luar Indonesia seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, dan negara Asia Tenggara lainnya ini punya metode tersendiri agar pengajuan pembatalan pesanan bisa dilakukan. Pembatalan pesanan bisa jadi dilakukan sesudah atau sebelum melakukan pembayaran.

Referensi serupa: Cara Cek Resi LEL Express Lazada

Cara Membatalkan Pesanan dengan Mudah di Lazada

Setidaknya ada 5 cara di bawah ini yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pembatalan pesanan di Lazada.

1. Cara Biasa

Untuk membatalkan pesanan di Lazada seperti pada umumnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan Anda sudah log in akun di Lazada
  • Pilih menu “Akun” kemudian pada menu “Pesanan Saya” klik pilihan “Lihat Semua
  • Klik pesanan yang ingin Anda batalkan
  • Klik pilihan “Batalkan
  • Isi data-data yang diminta seperti berikut ini:
  • Produk yang dibatalkan
  • Alasan membatalkan pesanan
  • Detail pembatalan pesanan
  • Menyetujui Kebijakan Pembatalan Pesanan di Lazada
  • Ketuk “Submit
  • Pilih metode pengembalian dana yang Anda inginkan, untuk metode COD tidak bisa menggunakan pilihan tersebut

2. Melalui Live Chat Lazada

Selain metode biasa melalui menu “Pesanan Saya”, Anda juga bisa membatalkan pesanan melalui live chat yang disediakan oleh Customer Service Lazada. Pembatalan pesanan ini bisa dilakukan jika cara biasa terlalu lama mendapatkan respons dari pihak Lazada.

Untuk bisa menggunakan fitur live chat, Anda harus mengaksesnya saat jam kerja saja, yakni pukul 09.00 – 21.00 untuk hari biasa dan pukul 09.00 – 17.00 untuk hari libur. Di luar jam-jam tersebut, pihak Customer Service Lazada tidak menyediakan fitur live chat.

3. Melalui Formulir Pembatalan Pesanan Lazada

Membatalkan pesanan menggunakan formulir pembatalan pesanan bisa dilakukan jika akun Anda terhubung dengan email. Untuk menggunakan cara ini sangat mudah, Anda tinggal mengisi formulir pembatalan pesanan yang sudah disediakan. Selain itu, bisa juga dengan langsung menghubungi pihak Customer Service Lazada melalui akses web di www.lazada.co.id/contact.

4. Mengembalikan Produk ke Kurir

Jika Anda menggunakan metode pembayaran Cash On Delivery (COD), bisa mengembalikan produk pesanan yang telah datang ke kurir yang digunakan untuk membatalkan pesanan. COD merupakan metode pembayaran barang yang dilakukan di tempat setelah barang datang. Pengembalian barang  biasanya dikarenakan barang tidak sesuai pesanan, ada cacat, dan hal-hal lainnya.

5. Melalui Call Center Lazada

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pembatalan pesanan di Lazada adalah dengan menghubungi Call Center Lazada. Cara terakhir ini bisa digunakan ketika pengajuan pembatalan yang Anda lakukan tidak mendapatkan respons yang cukup baik dari pihak penjual maupun pihak Lazada.

Setelah melakukan pembatalan pesanan, silahkan cek status pembatalan pesanan pada aplikasi Lazada yang sudah Anda install.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *