Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Versi BPOM

Kini dunia tengah digemparkan dengan adanya pandemi baru yang disebut dengan Corona atau COVID-19. Penyebaran virus Corona ini bisa dikatakan begitu cepat. Hal yang lebih mengejutkan adalah banyak korban meninggal karena terjangkit pandemi ini. Salah satu langkah untuk mencegahnya adalah menggunakan masker dan hand sanitizer. Namun kedua barang tersebut sangat langka saat ini. Oleh karena itu, banyak orang mencari tahu cara membuat hand sanitizer sendiri.

Pencegahan yang dilakukan dengan menggunakan masker memang dapat meminimalisir penyebaran pandemi Corona. Sebab, jika seseorang yang terjangkit Corona berinteraksi dengan orang yang tidak terjangkit, maka kemungkinan besar virusnya akan menular. Hal ini sudah terjadi di berbagai negara di belahan dunia. Tidak hanya satu atau dua Negara, tetapi juga puluhan bahkan ratusan negara.

Bagaimana Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri?

Tidak hanya di Indonesia saja, ada beberapa negara yang juga mengalami kelangkaan masker dan juga hand sanitizer. Penggunaan masker dan juga hand sanitizer ini merupakan himbauan kepada masyarakat agar tidak mudah terpapar virus.

Setelah diumumkan adanya virus Corona, banyak orang yang mulai melakukan antisipasi dengan membeli masker. Bahkan ada beberapa oknum yang menggunakan kesempatan ini untuk berlaku curang. Penggunaan masker memang diwajibkan untuk masyarakat yang sedang sakit.

Sebab, bisa jadi ia sudah terserang pandemi Corona. Sedangkan yang belum terjangkit bisa menggunakan masker dan hand sanitizer. Akibat banyaknya orang yang membeli masker dan hand sanitizer, kedua barang tersebut menjadi langka. Tidak sedikit orang yang kemudian mencari tahu bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri.

Produk hand sanitizer merupakan salah satu produk pembersih yang digunakan pada tangan. Hand sanitizer mendadak langka dan juga sangat mahal. Padahal penggunaan hand sanitizer ini sangat dianjurkan. Untuk mengantisipasi kelangkaan dan juga tetap mencegah pandemi Corona, anda bisa membuat cairan hand sanitizer sendiri.

Lihat juga: Mengenal Apa itu Virus Corona dan COVID-19

Inilah Cara Membuat Hand Sanitizer Menurut BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan telah memberikan keterangan mengenai pedoman atau cara untuk membuat hand sanitizer sendiri. Bahan yang perlu dipersiapkan adalah Etanol 90%. Gliserol 98%, Hidrogen Peroksida 3 %, dan juga air steril.

Selanjutnya adalah alat yang digunakan. Beberapa alat yang perlu dipersiapkan adalah gelas ukur 1000 ml, Becker Glass, Gelas ukur 50 ml, Gelas ukur 25 ml, dan juga bahan pengaduk kemudian tidak lupa untuk menggunakan botol kaca. Berikut ini cara membuat hand sanitizer sendiri menurut pedoman BPOM.

Langkah Pertama

Siapkan bahan dan alat seperti yang sudah dijelaskan diatas. Sejumlah 833 ml Etanol 96% anda masukkan pada gelas ukur 1000 ml. Kemudian tambahkan 41,7 hidrogen peroksida 3% pada gelas yang berisi etanol.

Langkah Kedua

Selanjutnya adalah menambahkan 14,5 ml Gliserol 98% pada gelas ukur. Kemudian anda bisa menambahkan air steril hingga 1000 ml. Lalu diaduk hingga homogen

Langkah Ketiga

Cara membuat hand sanitizer yang selanjutnya adalah memindahkan campuran etanol, gliserol, hidrogen peroksida, dan air pada kaca bersih. Pastikan bahwa kaca tersebut benar-benar bersih dan tidak terkontaminasi senyawa dari luar.

Langkah Keempat

Setelah dipindahkan, maka anda bisa menyimpan campuran cairan tersebut selama 72 jam. Proses penyimpanan ini harus dilakukan dengan benar agar tidak ada organisme lain yang masuk. Setelah itu, hand sanitizer siap digunakan.

Beberapa cara diatas perlu anda terapkan jika tidak memiliki hand sanitizer. Sebab, penggunaan hand sanitizer sangat penting dan dapat mengurangi pertumbuhan virus pada tangan. Seringnya seseorang berinteraksi secara langsung, maka akan semakin besar pula kemungkinan penularannya.

Ada banyak referensi mengenai pembuatan hand sanitizer secara herbal. Namun BPOM telah memberikan keterangan atau pedoman mengenai cara untuk membuat hand sanitizer yang benar. Bahan dan alat-alatnya pun sudah ditentukan. Hand sanitizer homemade ini ditujukan untuk masyarakat yang tidak mampu membeli hand sanitizer akibat harganya yang tidak normal.

Ketersediaan hand sanitizer sendiri sudah sangat langka. Untuk itu, alternatif yang bisa anda gunakan adalah membuat cairan pembersih sendiri. Cara membuat hand sanitizer yang baik dan benar bisa anda terapkan sesuai dengan anjuran BPOM. Selain lebih aman, produk pembersih yang anda buat benar-benar berfungsi untuk meminimalisir penularan virus Corona yang menyebar.

One Reply to “Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Versi BPOM”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *