Cara Menggunakan Api WhatsApp untuk WA Bisnis

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi berkirim pesan yang sangat populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Selain mudah digunakan, penggunaan aplikasi ini juga tergolong lebih murah dibandingkan menggunakan panggilan suara melalui telepon. Tak heran, kini banyak perusahaan yang berinteraksi dengan customer melalui WhatsApp.

Nah, bagi para pelaku bisnis WhatsApp juga menyediakan aplikasi khusus bernama WhatsApp Business API yang mampu memudahkan Anda berinteraksi dengan customer dengan lebih aman dan efisien.  Lalu bagaimana cara menggunakan API WhatsApp? Yuk simak penjelas berikut ini.

Langkah-Langkah Menggunakan API WhatsApp

WhatsApp Business API hadir dengan berbagai fitur yang canggih, misalnya fitur chatbot yang dapat membalas pesan customer secara otomatis. Dengan fitur ini tentu akan meringankan tugas karyawan yang bekerja. Namun, WhatsApp API tidak bisa hanya sekadar diperoleh melalui pengunduhan gratis di Playstore, akmu harus mendaftarnya secara manual lewat laman berikut ini: https://www.whatsapp.com/business/api.

Nah, berikut panduan lengkapnya:

#1 Memilih Partner WhatsApp terbaik

Langkah pertama, Anda harus bekerja sama dengan partner resmi yang disediakan oleh WhatsApp sebagai penyedia solusi bisnis global. Partner WhatsApp ini akan membantu bisnis Anda berkomunikasi dengan customer.

Dalam memilih partner WhatsApp perhatikan dengan cermat harga yang ditawarkan. Pastikan juga untuk memilih partner yang menyediakan fitur lengkap sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lihat juga: Download WA GB Mod APK

Daftar partner resmi WhatsApp bisa kamu temui dalam direktori yang disediakan oleh Facebook di tautan berikut ini:

https://www.facebook.com/business/partner-directory/search?solution_type=messaging

Cari Direktori Mitra Api Whatsapp Bisnis
Cari Direktori Mitra Api Whatsapp Bisnis

#2 Login di Panel Partner WhatsApp

Setelah berhasil membuat WhatsApp Business API, untuk bisa menggunakan fitur-fiturnya Anda harus login terlebih dahulu di panel partner WhatsApp Anda. Di sana Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password, kemudian klik “Login”.

Setelah berhasil login, Anda dapat mulai membalas dan memantau pesan, serta melakukan beberapa pengaturan dan memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan oleh partner WhatsApp.

#3 Mengatur Profil Business

Agar tampilan WhatsApp API Anda semakin menarik, Anda juga bisa menambahkan informasi terkait bisnis Anda kepada konsumen, seperti deskripsi bisnis, katalog, alamat email, situs web Anda, dan informasi lain yang ingin Anda tambahkan

Hal ini tentu akan memudahkan customer mengenali bisnis Anda, sekaligus sebagai promosi produk Anda. Nah, pengaturan ini bisa Anda lakukan pada bagian “Profil Business”.

#4 Mengatur Jam Kerja dan Auto Reply

Kemudian pada pengaturan, Anda juga bisa mulai menetapkan jam kerja operasional bisnis Anda untuk menciptakan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien.  Anda juga bisa mengatur balasan otomatis dan template pesan sehingga tidak perlu menuliskannya secara berulang-ulang.

Balasan otomatis yang dikirimkan kepada customer umumnya berupa pesan selamat datang dan pesan penutup. Pesan ini bisa dikirim kapan saja tanpa dibatasi waktu.

#5 Mengatur Chat Assignment atau Penerima Chat

Pada WhatsApp API Anda juga bisa memilih pengaturan status online yang terletak di atasnya bagian panel. Status ini berfungsi untuk menjalankan fitur Auto Agent Allocation atau Custom Agent Allocation

#6 Mudah Atur Pengiriman dan Pengambilan Pesan

Di WhatsApp API ini Anda juga bebas untuk mengambil, mengirim, atau membalas pesan yang masuk. Semua pesan yang masuk akan muncul di menu inbox dan ada notifikasinya pula baik melalui browser atau smartphone. Anda hanya perlu mengaktifkan fitur Allow Notification untuk menampilkannya.

Selain itu, Anda juga bebas memilih chat room yang ingin dibaca atau dibalas. Anda juga bisa mengirimkan file berupa foto, video, atau file lainnya kepada customer yang bertanya. Kemudian apabila tanya jawab dengan customer sudah berakhir, pesan bisa ditutup dengan menekan tombol Resolve dan otomatis tersimpan pada menu Resolved.

#7 Otomatis Menyimpan Kontak Konsumen

API WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk mengunduh semua kontak customer secara otomatis sehingga sangat menghemat waktu Anda. Setelah berhasil tersimpan, Anda dapat mengetahui informasi customer seperti nama, nomor telepon, dan statusnya.

Anda juga bisa melihat riwayat percakapan Anda dengan customer pada bagian room history. Terdapat pula fitur Tags yang berupa tanda tagar pada percakapan berfungsi untuk memfilter percakapan sesuai jenisnya.

Demikian panduan menggunakan WhatsApp API yang perlu Anda ketahui. Dengan menggunakan WhatsApp ini tentu akan mengurangi biaya operasional bisnis Anda karena sebagian tugas operator bisa dilakukan melalui chatbot. Pada aplikasi ini Anda juga bisa menganalisis data perusahaan secara otomatis sehingga lebih praktis dan cepat.

Aplikasi ini juga bisa diakses pada banyak perangkat dalam waktu yang bersamaan sehingga membantu bisnis Anda merespons customer dengan lebih cepat. Yuk bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis baik skala kecil maupun besar, segera daftarkan nomor telepon Anda pada WhatsApp Business API.

Referensi utama: https://www.wameta.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *