Cara Menghilangkan Iklan Telkomsel dan XL (Tanpa Registrasi)

Langsung saja, pada kesempatan ini, saya akan sedikit sharing mengenai problem yang baru saja dialami. Hal ini terkait iklan (intrusive ads) yang sudah keterlaluan diinjeksi oleh pihak penyedia layanan internet Telkomsel dan XL, salah dua pemain besar ISP di negeri ini.

Mungkin, bagi kalian yang menggunakan akses internet dari kartu prabayar Telkomsel ataupun Xl seringkali mendapatkan akses browser yang lambat, bahkan kadang loading halaman website tampil tidak sempurna.

Baca juga: Gangguan Sinyal XL, Ah Sudahlah…

Percaya atau tidak, hal ini biasanya disebabkan oleh injeksi script iklan yang dilakukan oelh kedua provide di atas. Berikut gambar yang merupakan bukti injeksi iklan ilegal dari akses internet Telkomsel.

Iklan ads.telkomsel.com yang sangat mengganggu pengguna
Iklan ads.telkomsel.com yang sangat mengganggu pengguna

Langsung saja, sebenarnya ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari loading script iklan seperti ini. Opsi pertama adalah dengan menghubungi customer service pihak Telkomsel ataupun XL, dan opsi kedua adalah block script menggunakan Adblocker.

Lihat juga: Panduan Beriklan di Google Ads [Ultimate Guide]

Jujur saja, saya akhirnya melakukan opsi yang kedua, karena opsi yang pertama mengharuskan Anda untuk registrasi ulang nomor prabayar Anda. Berikut bukti screen shot saat menghubungi customer care Tsel terkait layanan iklan ilegal ini.

menghilangkan iklan telkomsel lewat customer service
Respon customer service telkomsel

Step-by-step Guide Cara Menghilangkan Iklan Telkomsel

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa untuk menghilangkan iklan telkomsel langsung dari browser, kita membutuhkan pihak ketiga penyedia layanan AdBlock. Tenang saja, ekstensi dibawah ini sudah saya di-rate lebih dari 150 ribu user, jadi seharusnya aman untuk kita gunakan dalam browser kita. Berikut tahapannya.

1. Download Extensi chrome berupa Adblock Plus

Buat yang kesulitan untuk mendapatkan ekstensi ini, anda bisa akses direct link dibawah ini untuk menginstal pada browser Chrome Anda.

Download: Ekstensi Adblockplus

2. Filter script iklan dari alamat Telkomsel dan XL

Jika proses instalasi berhasil, makan Anda akan menemukan logo Adblock Plus di sudut kanan atas browser Chrome. Klik icon tersebut dan masuk ke menu option. Pada interface setting ABP, pilih tab “Add your own filters” dan masukkan alamat berikut:

https://ads.telkomsel.com dan http://ads.telkomsel.com untuk iklan telkomsel

https://ibnads.xl.co.id dan http://ibnads.xl.co.id untuk iklan Xl

Voila! seharusnya, setelah ini iklan Telkomsel dan Xl yang mengganggu akses internet dari browser Chrome Anda akan hilang.
Nah, jika Anda ingin menggunakan cara yang lebih formal, Anda bisa lakukan ini khususnya untuk provider Telkomsel, tapi saya sendiri belum mencoba untuk layanan Xl. Berikut cara menghilangkan iklan Telkomsel dan Xl lewat customer service.
 

Menghilangkan Iklan Tsel dan XL via customer service

1. Saya sarankan Anda untuk melakukan registrasi ulang nomor prabayar Anda dengan mendaftarkan nomor KTP dan KK via sms ke 4444
2. Selanjutnya, Anda bisa meminta pihak customer care mereka untuk menghentikan layanan intrusive ads ini. Cara tercepat untuk mendapat respon sementara ini adalah dengan melakukan chat langsung yang tersedia pada fitur member area mereka. Contoh:

Menghubungi CS Telkomsel dan Xl

Masuk ke alamat my.telkomsel.com, lalu gunakan kolom bantuan yang terdapat pada footer sebelah kanan. Cari tautan (link) telkomsel chat lalu klik link tersebut. Jika tidak menemukan, coba Anda gunakan link di bawah ini.

http://telkomselchat.infomedia.co.id/system/templates/chat/telkomsel/chat.html

Langsung saja sampaikan keluhan Anda, keperluan anda untuk meminta menghilangkan iklan yang tidak perlu. Biasanya Anda akan diminta untuk memberikan detail identitas berupa:

 

  • Nama Lengkap
  • Nomor Kartu prabayar
  • Tempat tanggal lahir
  • Nama Ibu kandung

Setelah memberikan detail tersebut, nomor Anda akan dicetk sudah teregistrasi atau belum ,jika sudah maka mereka menjamin akan menghilangkan iklan tersebut pada nomor Anda. Jika nomor Anda belum teregistrasi, maka akan muncul pesan seperti ini:

We may remove the ads, but we need data validation, and this number bla.. bla..

Untuk kasus XL, caranya hampir sama, bisa Anda gunakan aplikasi MyXl di device Anda dan masuk ke menu bantuan chat. Jika belum di non-aktifkan juga, mungkin ada baiknya Anda gunakan Adblock seperti cara pada bagian pertama.

Baca juga: Cara Mengatasi Pulsa Xl berkurang Sendiri

Semoga berhasil, dan semoga pihak yang bersangkutan juga membaca ini untuk memberikan layanan yang lebih baik. Kan katanya BUMN hadir untuk negeri…

38 Replies to “Cara Menghilangkan Iklan Telkomsel dan XL (Tanpa Registrasi)”

    1. Cara lainnya yaitu dengan menghubungi customer service provider yang bersangkutan mas. Nantinya, iklan yang selalu tampil di nomor hp sampeyan bisa dihilangkan dari pihak xl/telkomsel nya mas. Tapi memang harus registrasi dahulu.

  1. Malu-malui Telkomsel sudah dibayar cukup malah tetep dijejeli iklan, ibarat nonton tv berbayar tp ada iklannya, kampungan dan serakah, apalagi iklan yg dimunculkan prodak luar (contoh kemaren muncul iklan shope*) katanya harus cinta tanah air tapi tetap promote prodak aseng parah

    Btw thanks sharingnya, pas chat dgn cs Telkomselnya marah dijawab, suruh menghubungi pengiklan yaitu Tokopedia, kan kampret wkwkwk..

  2. Nah yang jadi pertanyaan, tuh budget iklannya ngalir kemana yah? Kita sebagai pelanggan uda bayar tapi tetep wajib liat iklan juga.

    Biasanya kan kalo liat iklan dibayar ini mah enggak,malah motong kuota, sadar gak sadar itu kepotongloh..

    Ah salah kenal saja dari pal4shop.com

  3. Pelanggan Yth,

    Mohon maaf, kami tidak lagi dapat menghilangkan iklan tersebut secara permanen. Untuk permintaan pertama, departemen terkait akan benar-benar menghapus iklan. Namun beberapa waktu kemudian, iklan tersebut akan kami munculkan lagi tanpa pemberitahuan. Jika terdapat keluhan lagi, kami akan menjawab bahwa iklan tersebut bukanlah berasal dari Telkomsel, melainkan dari sumber lain seperti aplikasi atau browser pihak ketiga yang digunakan oleh pelanggan.
    Demikian sedikit informasi dari kami. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.
    Tetaplah menikmati pengalaman berinternet terbaik bersama Telkomsel. “Begitu Dekat Begitu Nyata”

    1. yang salah itu yang menampilkan (menginjeksi) iklan tanpa ijin, bukan yang pasang iklan. Mereka pasang iklan kan karena disediakan ruang oleh ISP provider (dlm hal ini adalah pihak yg menginjeksi iklan). Kita bayar / beli pulsa lho bukan gratis, dan tarif internet kita itu tergolong mahal dibanding negara lain. kita bayar spy dapat hak privilege. mungkin harus ada petisi nih supaya hak2 konsumen dilindungi… ada 2 pihak yang dirugikan atas injeksi iklan ilegal ini, masyarakat luas dan pemilik situs.

  4. Saya baru2 ini mengalami hal serupa. Bukan di laptop tapi di android. Tiap kali buka laman pasti muncul iklan pop up. Begitu saya tap klik open new tab, di link nya ada telkomsel. Sangat mengganggu. Kira2 kalau ke grapari bisa dihilangkan gak ya? Jangan sampe pelanggannya pindah ke provider lain cuma gara2 ini

  5. Sktr bulan maret 2019 yg lalu, saya pribadi pengguna TELKOMSEL telah menghubungi pihak CS TELKOMSEL terkait pengaduan maupun permintaan utk memberhentikan hal tersebut (Ad Pop Telkomsel), pihak CS yg saya hubungi melalui telpon memang ramah dan akan menyampaikan keluhan saya pada Bagian IT TELKOMSEL terkait hal tersebut. selang waktu sktr 12 Jam saya mendapat sms dr TELKOMSEL bahwa “TELKOMSEL akan memberhentikan beberapa layanan utk menghapus dan atau mem_blacklist bbrapa layanan Ad Pop tersebut (Tidak semua di hapuskan trkait Ad Pop trsebut)”. dan pada akhirnya selang beberapa hr Iklan TELKOMSEL sempat hilang pd setiap kali browsing internet, namun hasilnya bbrapa hr stlhnya Iklan TELKOMSEL masih ttp kerapa kali muncul di setiap kali saya mngakses internet (Non HTTS), Ya… Iklan TELKOMSEL hanya muncul pd protokol HTTP, tp ttp saja karna tidak semua situs website menggunakan protokol HTTPS.
    Itulah pengalaman saya pribadi terkait Iklan atau Ad Pop TELKOMSEL yg sangat mengganggu sekali dlm aktifitas internet sehari2 saya, bagaimana dgn pengalaman pengguna TELKOMSEL yg lain?, saya tidak tau…
    Terima kasih

    1. Bener bgt nih mas Agus Riyanto. Ad Pop Telkomsel hanya muncul pada protokol HTTP sedangkan HTTPS tidak. Saya mengalami hal ini pada website saya. Website saya tidak pernah saya pasang iklan dan tiba-tiba saat saya coba mengunjungi website saya menggunakan HP dengan jaringan paket data telkomsel menjadi ada iklan AD POP dan Loading web jadi sangat lama dan berat. Tapi kalau saya kunjungi website saya menggunakan HP dengan jaringan WIFI iklan itu tidak pernah muncul dan loading web selesai dalam waktu 1 koma sekian detik.

  6. hal terbaru yg saya alami skrg (Internet menjadi sangat2 lambat stlh 2x pengaduan kpd pihak CS), pekerjaan saya pun yg mengandalkan jaringan internet mnjadi fatal..!
    Kecewa kpd operator..!, dan saya akan beralih menggunakan operator lain utk akses internet, baik penggunaan kerja ataupun pribadi..!

  7. November 2019 masih mendapati Injek Iklan Ilegal dari Indosat dan Telkomsel. Parah! Niatnya beralih dari Indosat ke Telkomsel dengan harapan menghindari iklan semacam ini. Saya selaku pelanggan dan pemilik situs sangat kecewa. #SalamHttps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *