Cara Sembunyikan Status WA dari Teman Atau Kerabat

agi sebagian orang, privasi merupakan salah satu hal yang sangat penting. Dengan adanya pengaturan privasi di suatu aplikasi komunikasi, kita bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat kondisi kita saat itu. Dan salah satu aplikasi yang menyediakan fitur tersebut adalah WhatsApp. WhatsApp memberikan kebebasan penggunaan untuk mengatur cara menyembunyikan status WA dari pihak yang kurang dikehendaki.

Selain status, privasi yang sangat dijaga oleh WhatsApp adalah chat personal antara kedua belah pihak dengan adanya enkripsi end-to-end. Dengan itu diharapkan kenyamanan dan keamanan setiap pengguna bisa terjaga. Meski banyak fitur yang memfasilitasinya, WhatsApp tetap mudah untuk digunakan, karena telah menggunakan prinsip user friendly. WhatsApp dikembangkan untuk 3 jenis perangkat, yaitu android, iPhone, dan PC/Mac.

Cara Sembunyikan Status WA

Fitur sembunyikan status ini sudah cukup lama dihadirkan oleh WhatsApp. Bahkan sudah dikembangkan pada WhatsApp messenger sejak tahun 2019. Berikut cara sembunyikan status WhatsApp dari teman atau kerabat baik menggunakan whatsapp messenger maupun WhatsApp business dengan cara mudah.

Berita lainnya: Cara Ganti Nada Dering WA di Android

  • Buka aplikasi WhatsApp, kemudian geser layar atau pilih status.
  • Pilih titik-titik 3 berwarna putih di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp.
  • Dari 3 menu yang disediakan WhatsApp tersebut pilih privasi status.
  • Akan muncul 3 pilihan yang disediakan oleh WhatsApp siapa yang dapat melihat status tersebut, yaitu kontak saya, kontak saya kecuali…., dan hanya bagikan dengan…. Jika kalian ingin menyembunyikan status dari teman atau kerabat yang jumlahnya hanya beberapa orang maka dapat memilih kontak saya kecuali….
  • Kemudian centang nama-nama kontak WhatsApp yang tidak ingin Anda perlihatkan status tersebut.
  • Setelah itu pilih tombol centang di pojok kanan bawah menandakan jika anda telah menyetujui pengaturan tersebut.
  • Buat status dan upload

Setiap pilihan target status memiliki tujuan utama yang berbeda, tujuan dibedakan menjadi berikut:

  • Kontak saya, maka status anda akan muncul kepada orang yang kontaknya Anda simpan Dan mereka juga menyimpan kontak anda. 
  • Kontak saya kecuali…., digunakan untuk membagikan status kepada seluruh orang yang berada di kontak, kecuali beberapa kontak lainnya.
  • Hanya bagikan dengan…., digunakan ketika anda ingin membagikan status hanya kepada beberapa nama atau orang tertentu. 

Cara Melihat Orang yang Melihat Status

Anda juga bisa melihat Siapa saja yang melihat status anda di WhatsApp dengan membuka wa kemudian geser layar pada halaman status. Kemudian klik pada tulisan status saya. Lihat jumlah angka di bawah, hal itu akan menunjukkan berapa orang yang telah melihat status anda. Jika ingin melihat daftar nama yang melihat status anda dan jam berapa status tersebut terlihat, anda hanya tinggal menggeser angka di bawah Tengah tersebut ke atas.

Status WhatsApp akan ditayangkan secara otomatis selama 24 jam nonstop, apabila telah melebihi 24 jam maka status tersebut akan terhapus secara otomatis. Meskipun begitu Anda dapat menghapus status yang telah dibagikan kurang dari 24 jam dengan mudah. 

Cara untuk menghapus WhatsApp tersebut dengan mudah adalah dengan membuka halaman status di WhatsApp, kemudian pilih status saya. Selain itu klik status yang Ingin kalian hapus. Tarik ke atas pada logo di tengah bawah HP anda kemudian pilih ikon tempat sampah. Apabila muncul tulisan apakah anda ingin menghapus status ini pilih hapus jika tidak bisa memilih batal.

Yang bisa dibagikan melalui status WhatsApp ini sendiri adalah tulisan, foto, video, dan lokasi. Karena WhatsApp saat ini sudah bergabung dengan perusahaan Meta besutan Mark Zuckerberg, maka anda bisa melanjutkan status tersebut ke status Facebook yang terhubung. Bedanya, di Facebook cara sembunyikan status WA dari teman atau kerabat tidak bisa dilakukan, yang ada hanyalah bagikan status secara umum atau bagikan status kepada teman dekat. Ketentuan di Facebook ini juga berlaku di aplikasi Meta lainnya yaitu Instagram.

Referensi terkait: Ubah nomor whatsapp agar tidak diketahui teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *