Contoh Dokumen Resmi: Daftar Riwayat Hidup

Ketika melamar sebuah pekerjaan maka kita akan diminta untuk melengkapi beberapa persyaratan yang diperlukan. Diantara persyaratan tersebut adalah Daftar Riwayat Hidup, sebelum berlanjut berbicara mengenai daftar riwayat hidup. Maka terlebih dahulu kita harus memahami definisi dari Daftar Riwayat Hidup. Menurut beberapa ahli definisi daftar riwayat hidup adalah sebuah pernyataan tertulis yang dibuat oleh seseorang secara singkat mengenai pribadinya sendiri, dimana didalamnya terdapat riwayat pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi dan seminar ataupun training-training yang pernah dijalani.

Sebenarnya tidaklah sulit dalam membuat daftar riwayat hidup, hanya seiring perkembangan zaman kita dituntut untuk lebih inovatif dalam membuat desain daftar riwayat hidup. Desain yang interaktif tentu akan menjadi nilai tambah yang menjadikan daftar riwayat hidup kita menarik untuk dibaca. Lantas apakah dalam pembuatan daftar riwayat hidup terdapat aturan yang baku? Ternyata tidak terdapat aturan yang baku terhadap model dan penulisan daftar riwayat hidup.

contoh surat resmi riwayat hidup

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan daftar riwayat hidup yakni:

  • Menggunakan Bahasa Baku

Jika anda ingin membuat daftar riwayat hidup, maka gunakanlah bahasa baku. Karena dalam daftar riwayat hidup seolah-olah kita ingin menyampaikan informasi tentang diri kita secara resmi kepada perwakilan perusahaan. Jika dalam penulisan daftar riwayat hidup kita menggunakan bahasa non formal tentu akan menjadi penilaian negative bagi diri kita. Padahal orang yang akan membaca dan menilai daftar riwayat hidup kita adalah seseorang yang memang mendapat tugas dari perusahaannya secara resmi.

Tentu akan ada dampak negatif jika kita membuat daftar riwayat hidup secara asal tanpa memperhatikan bahasa yang kita gunakan. Terkadang biasanya yang terjebak dalam pembuatan daftar riwayat hidup adalah para pencari kerja yang masih fresh graduate. Mereka seperti menemui jalan buntu ketika mendapat tugas untum membuat daftar riwayat hidup.

  • Penulisan singkat, padat dan terstruktur

Walaupun tidak ada aturan baku mengenai penulisan daftar riwayat hidup. Ada baiknya untuk anda yang akan melamar pekerjaan dan membuat daftar riwayat hidup untuk menjual skill anda. Buatlah rangkuman singkat dalam pembuatan daftar riwayat hidup, karena jika terlalu lama dan berkepanjangan maka orang yang membaca daftar riwayat hidup kita akan menjadi bosan. Singkatnya penulisan juga belum tentu dapat dikategorikan daftar riwayat hidup kita baik. Penulisan yang singkat harus dibarengi dengan informasi yang padat dan penulisan yang terstruktur.

Maksud terstruktur adalah dalam pembuatan daftar riwayat hidup  harus tersusun rapi mulai dari biodata diri hingga masuk ke pengalaman kerja. Jika anda melakukan penulisan secara terstruktur tentu menjadi mudah bagi orang yang akan membacanya.

  • Informasi yang Jujur

Memang kita ingin terlihat hebat dalam menuliskan daftar riwayat hidup. Namun perlu dipahami bahwa informasi yang benar dalam daftar riwayat hidup akan menjadikan kita lebih percaya diri dalam menghadapi proses selanjutnya dari recruitment karyawan. Tidak ada hal yang ditambahi maupun dikurangi dalam pembuatan CV. Misalkan ada seorang lulusan Universita ternama, ia pun akhirnya memasukkan informasi – informasi yang bermanfaat bagi dirinya. Agar Indonesia menjadi negri yang makmur melebihi Negara China dan Arab Saudi.

  • Menggunakan Font yang mudah dibaca

Jenis huruf atau font berpengaruh terhadap orang yang melihat daftar riwayat hidup anda. Jika anda memilih font yang kelihatan bagus namun sulit dibaca maka orang yang menerima daftar riwayat hidup anda akan kurang bersemangat dalam memeriksanya.

Jika ingin membuat daftar riwayat hidup maka gunakanlah font seperti Arial, Times New Roman, Calibri atau Tahoma. Tinggal memilih  mana yang sesuai dengan anda.

  • Gunakan Pas Photo Terbaru

Ketika berbicara daftar riwayat hidup tentu aka nada foto yang dilampirkan. Mengapa harus dengan pas photo yang baru? Ternyata dengan memasukkan foto terbaru anda maka pihak HR tidak akan kesulitan jika anda lolos lanjut kefase selanjutnya yakni penilaian dari HR Manager.

Materi terkait dokumen resmi lainnya:

Contoh surat pernyataan – Surat pernyataan adalah sebuah surat yang dibuat oleh satu pihak mengenai suatu tindakan yang berhubungan dengan pihak lain.

Contoh lamaran kerja – Surat lamaran kerja merupakan surat yang dibuat dengan tujuan untuk melamar suatu posisi pekerjaan disebuah perusahaan.

Contoh surat dinas – Surat dinas adalah surat yang dibuat dengan bahasa formal dari satu instansi, dimana surat itu memiliki tujuan kedinasan antar instansi.

Tujuan Daftar Riwayat Hidup

Ketika melamar sebuah pekerjaan mengapa kita harus mencantumkan daftar riwayat hidup. Tentu pihak HR sebuah perusahaan ingin mengetahui tentang diri anda terlebih dahulu sebelum proses interview. Lantas dari mana mereka bisa mengenali diri anda jika hanya terdapat surat lamaran pada berkas lamaran anda.

Jadi tujuan daftar riwayat hidup yang kita buat adalah untuk mengenalkan diri kita, kemampuan kita kepada pihak HR. Membuat mereka tertarik adalah salah satu kunci agar kita bisa lanjut ke tahapan selanjutnya. Untuk itu kita diharuskan membuat daftar riwayat hidup yang menarik agar pihak HR perusahaan yang kita tuju tertarik terhadap diri kita.

Struktur

Walaupun tidak ada standar baku dalam pembuatan daftar riwayat hidup, namun daftar riwayat hidup haruslah memiliki struktur yang baik dan menarik. Lantas apa saja yang harus dipenuhi agar daftar riwayat hidup kita memiliki struktur yang baik.

  • Biodata Diri

Pertama yang kita buat adalah biodata diri kita. Mulai dari nama lengkap, alamat, no HP serta email, Isilah biodata pribadi anda dengan lengkap dan benar agar tidak terjadi kesalahan yang mungkin perlu waktu untuk memperbaikinya.

  • Riwayat Pendidikan

Isilah bagian ini dengan tiga sekolah terakhir anda. Mengapa hanya tiga ? karena jika terlalu banyak maka akan menambah tempat untuk penulisan. Jika terlalu penuh tentu secara penampilan kurang baik. Dan jarang sekali ada HR yang memperhatikan riwayat pendidikan sebelum Sekolah Menengah Atas.

  • Pengalaman Kerja

Jika anda sudah memasukkan riwayat pendidikan maka setelah itu, cantumkanlah pengalaman kerja anda. Untuk pengalaman kerja memang tidak dibatasi namun anda juga harus tetap memasukkan pengalaman kerja yang memang sesuai dengan pekerjaan yang saat ini sedang anda lamar.

Dalam bagian ini jelaskanlah dengan detail pekerjaan yang anda lakukan sehari-hari dan cantumkan pula prestasi kerja anda baik dalam bidang akademis maupun skill.

  • Keahlian

Tuliskan dengan detail keahlian apa saja yang anda miliki. Keahlian yang mendukung anda untuk bekerja diperusahaan baru. Sama dengan pengalaman kerja, ada baiknya anda mencantumkan keahlian tidak terlalu banyak hanya perlu ditampilkan yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar. Jika anda melamar sebagai enginer maka cantumkanlah keahlian yang mendukung kerja anda.

  • Training dan Seminar

Terakhir isilah training-training maupun seminar yang mendukung dibidang yang anda lamar. Jangan ragu untuk menuliskan dalam jumlah banyak, karena semakin banyak anda mengikuti seminar maka secara keilmuan anda akan lebih terampil.

Walaupun bagi sebagian orang menulis daftar riwayat hidup itu sulit. Ternyata jika kita sering membaca dan mempelajari buku-buku tentang pembuatan daftar riwayat hidup, maka kita akan semakin terbiasa dalam menghasilkan daftar riwayat hidup yang berkualitas.

One Reply to “Contoh Dokumen Resmi: Daftar Riwayat Hidup”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *