ePub Reader, Baca Ebook Dalam Format ePub Secara Instan

Gemar membaca buku elektronik atau e-book? Jika ya, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah ePub. Istilah ini digunakan untuk menyebut salah satu format e-book, yaitu electronic publication. Untuk membuka file jenis ini, Anda tidak bisa menggunakan PDF reader biasa.

Diperlukan sebuah aplikasi khusus untuk membaca format file tersebut. Namun, akan sangat merepotkan jika harus install aplikasi baru hanya untuk membuka satu jenis file. Sebaiknya, Anda menggunakan extension atau add-on di browser seperti ePub Reader di Chrome.

Mengenal ePub Reader

ePub Reader merupakan salah satu extenstion atau basa pula disebut sebagai add-on di Google Chrome. Extenstion yang satu ini dikembangkan dan dipublikasikan oleh perusahaan yang sama seperti namanya itu epubreader.

Add-on ini dibuat untuk memudahkan para penggemar e-book ketika akan menikmati bahan bacaannya. Dengan ePub Reader, Anda bisa langsung membaca e-book di browser. Tidak perlu repot berpindah aplikasi lagi.

Menginstall ePub Reader di Chrome juga lebih menguntungkan karena ukurannya kecil, hanya 177kb. Dengan ukuran yang kecil, ePub Reader ini hampir tidak berpengaruh terhadap memori komputer.

Saat ini, ePub Reader sudah sampai di versi 2.0.12 dan terakhir diupdate pada 19 November 2020 lalu. Pengembang memang selalu melakukan pembaruan untuk add-on yang satu ini mengikuti dengan perkembangan teknologi e-book, khususnya e-publication.

Sebagai informasi, ePub ini berbeda dengan dokumen PDF biasa karena basisnya adalah HTML 5. File ePub lebih unggul karena dinamis, ukuran font dan layoutnya bisa berubah menyesuaikan dengan ukuran layar atau media yang digunakan untuk membuka file tersebut.

Lihat juga: Aplikasi Sound of Text Keren WA dan TikTok

Cara Download dan Menggunakan ePub Reader

ePub Reader termasuk dalam jenis add-on atau extension yang ada di Chrome. Untuk menginstallnya, caranya sedikit berbeda dengan aplikasi biasa. Supaya tidak bingung, Anda bisa simak tutorial mendownload dan memasang ePub Reader berikut ini:

  1. Kunjungi Chrome Web Store terlebih dahulu dengan mengeklik link berikut ini: https://chrome.google.com/webstore/.
  2. Setelah halaman Chrome Web Store muncul, klik Search yang ada di sisi kiri layar.
  3. Ketik “ePub Reader” di kolom pencarian tersebut kemudian tekan tombol Enter.
  4. Klik pada extension ePub Reader yang logonya berbentuk buku terbuka warna abu-abu.
  5. Jika Anda tidak ingin repot melakukan pencarian, langsung saja klik link ini https://chrome.google.com/webstore/detail/epubreader/jhhclmfgfllimlhabjkgkeebkbiadflb.
  6. Setelah itu, klik pada button Add to Chrome.
  7. Biasanya di bagian atas layar akan muncul pop up menu untuk konfirmasi. Klik add extension untuk melanjutkan prosesnya.
  8. Sesaat kemudian, ePub Reader akan langsung terpasang di Chrome. Hal ini ditandai dengan munculnya ikon baru di kanan atas browser, lebih tepatnya di samping address bar.
Epub reader untuk Google Chrome
Epub reader untuk Google Chrome

Cara menggunakan ePub Reader ini sangat mudah, Anda hanya perlu klik ikon tersebut untuk mulai menjalankan add-on. Setelah itu, tab baru akan terbuka. Klik ikon folder untuk membuka file ePub yang ada di penyimpanan komputer Anda.

Klik di bagian tengah halaman ePub untuk menampilkan berbagai opsi yang akan membantu Anda ketika membaca e-book tersebut.

Fitur ePub Reader

ePub Reader memang memiliki ukuran file yang sangat kecil. Tapi Anda tak boleh meragukan kemampuannya. Ini dia beberapa fitur yang dimiliki oleh ePub Reader:

  • Membaca e-book atau ePub tanpa DRM.
  • Membuka langsung ePub dari website sumbernya.
  • Memungkinkan pengguna membuka ePub langsung dari Windows Explorer dan mengarahkan langsung ke ePub Reader di Chrome.
  • Menggunakan memori di tempat penyimpanan file ePub, sistem seperti ini memungkinkan pengguna membuka ePub dalam waktu lebih singkat dan tidak memerlukan ruang penyimpanan lain untuk menyimpan cache.
  • Mendukung 24 bahasa yang paling populer di dunia.
  • Tersedia mode offline sehingga pengguna tak harus selalu terhubung dengan internet saat membaca e-book.

Biaya Layanan ePub Reader

Dengan membaca banyaknya fitur yang dimiliki oleh ePub Reader, mungkin Anda berpikir bahwa add-on satu ini berbayar. Faktanya tidak demikian, justru ePub Reader dapat didownload dan digunakan secara gratis oleh semua penggunanya.

Jika Anda adalah seorang yang gemar membaca e-book, add-on ePub Reader ini wajib untuk dimiliki. Fitur yang dimiliki sangat lengkap, ukuran filenya kecil, ringan, dan mudah dioperasikan. Apa lagi yang kurang dari add-on yang satu ini? Yuk, install sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *