10 Franchise Indonesia yang Potensial di Masa Pandemi

Pandemi yang melanda dunia hampir dua tahun ini memang memukul sektor ekonomi dengan sangat telak. Namun, fakta ini tidak menghentikan banyak orang untuk memulai usahanya. Buktinya meskipun keadaan ekonomi sedang tidak baik, masih banyak usaha bermunculan terutama di kota-kota besar.

Mulai dari usaha sendiri maupun membuka franchise yang sudah terkena sebelumnya. Nah, jika Anda berminat untuk membuka franchise di masa pandemi, berikut akan kami berikan beberapa rekomendasi franchise Indonesia yang cukup potensial di masa pandemi seperti saat ini:

Daftar Franchise Indonesia yang Potensial di Masa Pandemi

Baca juga: Cara Mendirikan PT Perseroan Perorangan Tanpa Notaris

1.      Franchise Apotek

Salah satu franchise yang meroket selama pandemi tentunya franchise yang berhubungan dengan medis, salah satunya franchise apotek. Bisnis franchise ini memiliki potensi yang sangat bagus selama pandemi ini.

Hal ini dikarenakan banyak orang membutuhkan obat-obatan dengan banyaknya virus yang menyebar. Apalagi virus corona memiliki gejala yang obatnya bisa dibeli di apotek jika gejalanya belum berat, seperti obat batuk, obat panas, dan lain-lain. Salah satu franchise apotek yang paling terkenal dan potensial di Indonesia adalah Apotek K-24.

2.      Franchise Logistik

Fakta menyebutkan bahwa sejak pandemi melanda aktivitas transaksi online baik melalui e-commerce atau media lain mengalami peningkatan yang sangat pesat. Sulitnya masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah memaksa mereka untuk membeli kebutuhan mereka secara online.

Ini adalah peluang yang besar bagi jasa pengiriman. Karena setiap barang yang dibeli secara online pasti membutuhkan jasa pengiriman, agar barang tersebut bisa sampai ke tangan pelanggan.

Itulah kenapa franchise logistik sangat menjanjikan di masa pandemi ini. Beberapa franchise logistik yang sangat terkenal di Indonesia di antaranya ada JNE, Wahana, dan lain-lain.

Bisnis Franchise Makanan dan Minuman di Gofood

Keberadaan Gofood atau Grabfood sangat membantu perekonomian masyarakat terutama di bidang F&B. Ini bisa menjadi peluang yang menarik karena bisa meningkatkan daya beli masyarakat. Pasalnya, sekarang pembeli tidak harus lelah datang ke tempat untuk bisa menikmati makanan.

Apalagi dengan banyaknya promo yang ditawarkan membuat masyarakat semakin sering membeli jajanan yang telah bekerja sama dengan aplikasi tersebut. Berikut beberapa franchise F&B yang bisa Anda coba:

1.      Franchise Minuman Teh

Tidak hanya franchise jasa, bisnis franchise yang bergerak di bidang F&B juga terlihat meningkat pesat di masa pandemi. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya outlet-outlet yang melakukan pembukaan di setiap kota di Indonesia. Baik membuka cabang baru, atau bahkan sebuah bisnis yang baru saja dilaunching.

Salah satu franchise yang sangat terkenal di bidang ini adalah franchise minuman teh. Seperti yang diketahui, konsumsi teh masyarakat di Indonesia bisa dibilang cukup tinggi. Minuman ini menjadi salah satu minuman favorit mayoritas masyarakat Indonesia.

Selain itu, franchise ini cukup menjanjikan karena harganya yang relatif murah. Bahkan untuk beberapa franchise minuman teh bisa Anda dapatkan dengan harga di bawah 10 juta rupiah.

2.      Franchise Minuman Boba

Sebelum pandemi mungkin minuman boba sudah terkenal, namun data mencatat bahwa sejak tahun 2019 hingga tahun 2020 dimana pandemi terjadi, bisnis ini malah mengalami peningkatan yang sangat tajam. Semakin banyak franchise baru dari minuman boba yang bermunculan.

Hal ini tak terlepas dari masyarakat Indonesia yang banyak menyukai boba. Harga franchise pun bervariasi tergantung seberapa besar merk boba tersebut. Beberapa merk franchise boba terkenal di Indonesia antara lain ada Xing Fu Tang, Xi Boba, dan lain-lain.

3.      Franchise Minuman Kopi

Selain teh dan boba, franchise minuman lain yang tak kalah menjanjikan di kala pandemi adalah franchise minuman kopi. Buktinya mungkin sudah bisa dilihat di sekeliling kita dimana semakin banyak outlet kopi bermunculan. Mulai dari franchise kopi kecil, hingga yang sudah memiliki puluhan cabang di seluruh Indonesia.

Kasusnya sama seperti franchise teh dan boba. Tren minuman kopi di Indonesia sedang menanjak. Banyak varian kopi mulai dari kopi oriental hingga kopi yang memiliki banyak variasi dengan sasaran anak muda. Beberapa franchise kopi yang paling terkenal diantaranya ada Pesenkopi, Janji Jiwa, Kopi Kenangan, dll.

4.      Franchise Mie

Masih dari bidang F&B, ada juga franchise yang tak kalah ramai dari bisnis minuman, yaitu bisnis franchise mie. Mie adalah makanan yang memiliki banyak sekali penggemar di Indonesia. Saat ini sudah banyak franchise mie yang memiliki banyak sekali penggemar.

Seperti Mie Gacoan, Mie Kober, dan lain-lain. Membuka satu cabang franchise mie di kota besar apalagi di dekat kampus bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan bagi Anda. Namun, itu semua kembali lagi ke bagaimana kemampuan Anda mengelola semua aspek di dalam bisnisnya.

Pasalnya, saat ini persaingan semakin ketat dengan hadirnya lebih banyak franchise mie di Indonesia terutama di Pulau Jawa.

5.      Franchise Ayam Goreng

Tak bisa dipungkiri franchise makanan ayam goreng masih cukup mendominasi saat ini. Harganya yang murah dan rasanya yang enak membuat bisnis ini banyak dipilih oleh konsumen, terutama anak-anak muda. Hal ini juga yang membuat franchise ayam goreng menjadi salah satu yang terfavorit oleh para pebisnis.

Selain itu, dengan potensi yang tinggi harga dari franchise ayam goreng rata-rata juga tidak terlalu mahal. BEP pun bisa dicapai dengan lebih cepat. Adapun beberapa franchise ayam goreng yang sudah sukses di Indonesia diantaranya ada Ayam Pak Gembus, Sabana, Hisana, dan lain-lain.

6.      Franchise Kebab

Tidak hanya makanan berat, bisnis cemilan juga tidak kalah ramainya. Kebiasaan masyarakat yang suka membeli jajanan sangat dimanfaatkan baik oleh para pengusaha salah satunya dengan adanya franchise kebab. Makanan asal Arab atau timur tengah ini memiliki penggemar tersendiri di Indonesia.

Baca juga: Cek Nomor Porsi Haji Terbaru

Di masa pandemi seperti ini, masih banyak orang yang suka membeli jajanan terutama secara online agar tidak perlu keluar rumah. Untuk itu, membuka franchise kebab adalah ide yang bagus. Apalagi sejak dibukanya Kebab Turki Baba Rafi membuat semakin banyak orang menyukai kebab.

Beberapa franchise kebab terkenal yang mungkin bisa Anda coba antara lain Kebab Monster, Kebab Baba Rafi, dan lain-lain.

Franchise Minimarket

1.      Indomaret

Indomaret merupakan minimarket yang menyediakan banyak kebutuhan masyarakat dan jumlahnya banyak di Indonesia. Franchise ini juga sudah sangat terkenal dan tentunya tidak akan susah untuk mencari pelanggan apalagi jika tempatnya cukup strategis.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kebutuhan dasar masyarakat tidak banyak berubah sehingga keberadaan Indomaret pun tidak terlalu terdampak. Hanya saja untuk bisa membuka franchise ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Lihat juga: 7 Mata Uang Kripto di Meta Facebook

2.      Alfamart

Serupa dengan Indomaret, Alfamart adalah franchise minimarket yang menjual berbagai macam kebutuhan masyarakat mulai dari makanan instan, kebersihan, susu, minuman, sembako, dan masih banyak lagi. Keberadaannya pun cukup banyak sama seperti Indomaret.

Franchise Alfamart juga sangat menjanjikan mengingat masyarakat akan selalu butuh akan kebutuhan dasar dan tidak terdampak pandemi.

Daftar franchise di atas merupakan franchise populer yang ada di Indonesia. Karena populer, franchise juga memberikan keuntungan yang cukup tinggi, sehingga sangat cocok dijadikan usaha. Anda berminat? Jika iya, langsung daftarkan diri Anda sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *