Mengenal Fungsi dan Fitur SPSS dalam Pengerjaan Skripsi

Mengenal apa itu SPSS dan manfaatnya untuk skripsi beragam, termasuk pada fungsi, fitur hingga perkembangannya. Sebagai aplikasi terkemuka dalam dunia statistik, tak heran jika SPSS memudahkan pelbagai aspek yang relevan.

Mengenal Apa Itu SPSS dan Manfaatnya untuk Skripsi

Artikel ini, akan menjabarkan perihal SPSS serta seluruh aspek yang mencakup. Termasuk, bagaimana manfaatnya dalam pengerjaan skripsi untuk mahasiswa strata satu. Sebelum itu, perlu dipahami secara mendalam terkait SPSS.

SPSS merupakan aplikasi yang diperuntukkan guna analisis statistik pada tingkat lanjutnya. Analisis tersebut mengandalkan data dengan algoritma machine learning, analisis big data serta analisis string. Nantinya, seluruh data tersebut akan diintegrasikan guna membangun platform dalam data analis.

Aplikasi ini menjadi pilihan prioritas bagi banyak peneliti maupun statistikawan untuk membantu perhitungan pada analisis data. Tersedianya perpustakaan sebagai penyedia data dan perhitungan statistik antarmuka yang interaktif, juga menjadi keunggulannya.

SPSS bahkan masuk dalam software analisis paling populer dan diminati baik pada instansi pendidikan maupun perusahaan.

Daftar lengkap tutorial SPSS:

Pengembangan SPSS

Didirikan pertama kali di tahun 1998, SPSS baru diakuisisi oleh IBM Corporation untuk IBM Analytic di tahun 2009. Tak lama setelahnya, perangkat ini dibentuk sebagai IBM SPSS Statistic. Software inilah yang selanjutnya dikembangkan melalui bahasa pemrograman Java.

Terdapat beberapa platform sistem operasi yang tersedia macam Linux, Mac OS, hingga Microsoft Windows. SPSS juga dapat terintegrasi dengan bahasa pemrograman R Microsoft.

Fitur Dasar SPSS

Perihal fitur, SPSS didukung banyak fitur yang memadai seperti berikut ini:

tampilan dataset spss
tampilan dataset SPSS

1.     Statistik Deskriptif

Statistik deskriptif menggunakan metode pengumpulan serta penyajian data, hingga memperoleh suatu informasi dari data tersebut. Sejumlah contoh statistik deskriptif yang kerap digunakan adalah nilai tengah (median), rata-rata (mean), nilai yang kerap muncul (modus), standar deviasi, ragam dsb.

2.     Statistik Bivariat

Statistik bivariat merupakan analisis yang biasa dilakukan dengan cara simultan dengan pengujian terhadap dua variabel berbeda. Sejumlah contoh statistika bivariat ialah uji t, non-parametrik, ANOVA, teorema bayes dsb.

3.     Regresi Linear

Regresi linear banyak digunakan sebagai alat ukur hubungan suatu linear variabel independen dan variabel independen yang berbeda.

4.     Identifikasi Kelompok

Dalam identifikasi kelompok, ada beberapa segmen yang melingkupinya seperti analisis faktor, discriminant serta analisis klaster.

5.     Analisis Spasial

Jenis analisis ini menggunakan metode dalam pengolahan data semacam Geographic Information System (GIS), yang diterapkan secara berkelanjutan.

Fungsi dan Kegunaan SPSS

Sebagai perangkat analisis yang paling populer baik perusahaan maupun instansi, SPSS bisa diterapkan untuk banyak keperluan analisis data seperti berikut ini:

  1. Riset pemasaran berkelanjutan (market research).
  2. Kuesioner atau berupa data analisis survey.
  3. Untuk keperluan akademik mahasiswa seperti makalah atau skripsi, berupa penelitian.
  4. Untuk keperluan pemerintahan seumpama lembaga BPS.
  5. Data mining.
  6. Turut serta dalam pengambilan keputusan sebuah perusahaan.
  7. Analisa penelitian kesehatan masyarakat.
  8. Dokumentasi data.
  9. Representasi data pada statistik.
  10. Memprediksi sebuah kejadian time series.

Selain itu, ada banyak jenis penelitian serta laporan lainnya yang memanfaatkan SPSS sebagai perangkat pendukung

Manfaat SPSS untuk Skripsi

Bagi lingkup akademisi, pengolahan data merupakan salah satu bagian yang sangat penting sebagai penunjang baik studi maupun pekerjaan. Termasuk dalam hal pengumpulan data, manajemen hingga pengolahan data.

Kepentingan lain juga mencakup kerja administrasi, tata usaha, pengolahan data dan penelitian, laporan keuangan dan sebagainya. Oleh karena itu, aplikasi yang mendukung berikut fiturnya seperti SPSS sangat dibutuhkan.

Terutama pada perguruan tinggi, dimana skripsi untuk strata satu masih umum dibebankan tugas akhir berupa skripsi. Selain itu, juga bisa mencakup laporan penelitian sederhana atau makalah yang relevan.

Bagi mahasiswa sendiri, pengolahan data hingga analisis akan berguna dalam pelbagai aspek seperti berikut ini:

  1. Menentukan kualitas informasi dengan cepat, tepat, akurat dan relevan untuk disajikan ke dalam bentuk laporan terkait.
  2. Membantu mengatasi bagian kerangkapan data atau redundancy data.
  3. Menghindari kemungkinan inkonsistensi data dalam pembuatannya.
  4. Mengatasi kesulitan tertentu terutama dalam akses data terkait.
  5. Menyusun format standar yang sesuai dengan komponen yang benar.
  6. Multi user, atau kondisi dimana sebuah database bisa dimanfaatkan oleh banyak pengguna sekaligus.
  7. Hasil analisa nanti ya, akan membandingkan, mengurut, mengklasifikasi hingga mengendalikan data dengan analisa yang tepat dan akurat.

Mengenal apa itu SPSS dan manfaatnya untuk skripsi terbilang khusus. Mengingat fungsi SPSS yang lebih general dengan banyak guna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *