Mengenal Kahoot! Aplikasi Andalan saat WFH dan SFH (School from Home)

 

Di tengah maraknya SFH dan WFH, beberapa instansi memanfaatkan aplikasi atau platform tertentu untuk mempermudah aktivitas. Salah satu platform yang sangat populer adalah Kahoot!. Uniknya, platform ini bukan dibuat baru-baru ini. Usianya sendiri sudah 7 tahun dengan nama Kahoot! beta privasi. 

Sejak pertama perilisannya, Kahoot! Telah menarik banyak atensi dari banyak orang di dunia. Terutama pihak yang berkecimpung di bidang pendidikan maupun bisnis. Lantas, apa sebenarnya Kahoot! Dan fungsinya bagi manusia?

Apa Itu Kahoot?

Anda yang baru pertama kali mendengar istilah Kahoot! mungkin merasa tidak familiar. Kahoot! merupakan platform pembelajaran online yang sengaja diciptakan berbasis gaming. Target marketing utama Kahoot! antara lain sekolah, lembaga pendidikan informal, pengusaha hingga perusahaan. 

Beda dari platform pembelajaran lainnya. Kahoot! memungkinkan Anda untuk sharing pertanyaan pilihan ganda atau menjawab soal milik orang lain via aplikasi maupun platform. Meskipun berbasis jarak jauh atau online, Kahoot! menawarkan teknik pembelajaran yang menyenangkan dengan basis permainan. 

Sistem pembelajaran yang diperkenalkan Kahoot! merupakan salah satu konsep pembelajaran modern yang banyak diadopsi di luar negeri. Di mana, siswa diajak untuk belajar sambil bermain sehingga tidak merasa tertekan bahkan stress saat mengerjakan tugas. 

Referensi: Kumpulan Review dan Tutorial Aplikasi Terkini

Fitur-Fitur Kahoot

Secara universal, setidaknya ada empat fitur utama yang dapat Anda temukan ketika menjelajahi halaman resmi www.kahoot.com. Namun, tidak menutup kemungkinkan Anda akan menemukan fitur lainnya. Mengingat Kahoot! sendiri menawarkan 4 versi akun.

Tentunya setiap akun Kahoot! memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri termasuk fitur-fitur yang disematkan di dalamnya. Berikut ini beberapa fitur yang tersedia di platform maupun aplikasi Kahoot!:

  • Permainan Live

Pertama adalah live gaming di mana permainan dilakukan secara online atau langsung. Banyak sedikitnya jumlah pemain ditentukan berdasarkan tipe pemain. Entah itu pemain satu kelas atau satu sekolah. Apabila Anda memilih bermain satu kelas, maka jumlah pemain yang dapat join tidak lebih dari 100 orang. 

Sementara live gaming satu sekolah dapat dimainkan lebih banyak orang dengan total pemain mencapai 2.000. Jumlah pemain yang semakin banyak tentu membuat permainan terasa jauh lebih mendebarkan dan menyenangkan. 

  • Pembelajaran Online

Sebagai platform pembelajaran berbasish daring, tentunya Kahoot! turut menawarkan fitur ini. Menariknya, fasilitas pembelajaran jarak jauh yang Kahoot! tawarkan memanfaatkan platform atau aplikasi lainnya. Sebut saja Zoom atau Google Meet. 

Dengan bantuan Zoom maupun Google Meet, peserta dapat menikmati pembelajaran jarak jauh dengan guru sebagai moderatornya. Usai memperoleh pembelajaran nantinya siswa diberikan tugas. Soal atau pertanyaan daring secara otomatis akan terbuka di layar Kahoot! para siswa. 

  • Akses dan Sharing

Ada keuntungan yang bisa Anda peroleh jika bergabung dengan Kahoot! premium atau premium + yakni akses grup yang unlimited. Selain bebas membuat banyak grup, jumlah anggota grup juga tidak dibatasi. 

Fitur ini juga termasuk sharing koleksi Kahoot! yang Anda miliki ke public. Sayangnya, fitur ini hanya bisa Anda temukan jika beralih menggunakan Kahoot! premium +. 

  • Membuat dan Playing Kahoot!

Dalam fitur ini terdapat banyak hal menarik yang bisa Anda temukan. Mulai dari bank soal, kuis pilihan ganda, add polling, melakukan editing Kahoot! premium dan sebagainya. Untuk pengalaman terbaik bermain Kahoot! silahkan upgrade akun ke versi terbaik.

fitur utama Kahoot!
fitur utama Kahoot!

Ketika Anda menggunakan Kahoot! Premium misalnya, Anda memiliki akses untuk menambahkan pertanyaan format wordcloutd. Sementara akses tersebut tidak dapat Anda temukan pada Kahoot! basic atau pro. 

  • Kostumasi

Kahoot! merupakan platform pembelajaran menarik karena memungkinkan Anda untuk mengganti backsound atau add logo sekolah. Kedua fasilitas tersebut dapat Anda temukan saat mengakses menu atau fitur kostumasi. 

Cara Membuat Kahoot

Di atas telah dijelaskan pengertian dan fitur Kahoot! setelah menyimak pembahasannya, tertarikah Anda untuk membuat akun Kahoot? jika jawabannya ya, silahkan ikuti step by step berikut.

  • Pilih Sign Up

Anda yang belum memiliki akun, dipersilahkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Pertama-tama, masuklah ke www.kahoot.com dan pilih sign up. 

  • Pilih Jenis Akun

Setelah itu pilih jenis akun yang Anda inginkan. Kahoot! menyediakan beberapa jenis akun seperti teacher, personal, student atau professional. Cukup pilih sesuai kebutuhan Anda saja. 

  • Input Data Ulang Tahun 

Kahoot! membutuhkan beberapa data pribadi salah satunya data ulang tahun Anda.

  • Input Username

Buat username Kahoot! sesuai kebutuhan. Jika Anda memilih mengaktifkan akun teacher, maka gunakanlah nama lengkap bukan nama alias sebagai username. Sehingga terkesan lebih formal dan profesional. 

  • Tambahkan Akun Email

Memasuki tahapan terakhir pendaftaran, silahkan tambahan akun email Anda terlebih dahulu. Anda bisa menyambungkan Kahoot! dengan Gmail, Google atau memilih sambung Microsoft. Ketika Anda mensikronisasi akun secara otomatis akun Kahoot! akan tersambung dengan akun tersebut. 

  • Pilih Jenis Akun

Untuk kepuasan bermain Kahoot! silahkan Anda pilih akun Kahoot! sebelum melanjutkan membuat games-nya. Anda bisa memilih basic yang merupakan akun free atau akun berbayar seperti Kahoot! pro dan premium. 

Demikianlah informasi mengenai platform Kahoot! yang belakangan ini ramai digunakan instansi pendidikan maupun bisnis di Indonesia. Manfaatkan akun Kahoot! Anda untuk sharing kegiatan positif dengan teman, rekan kerja maupun keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *