Daftar Masjid Bersejarah Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia

Negara Indonesia adalah negara yang mayoritas masyarakatnya memeluk ajaran agama Islam. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari sejarah penyebaran agama Islam sendiri. Sejarah tersebut bisa dikatakan cukup panjang, mengingat pertama kalinya agama Islam masuk ke Indonesia itu kira-kira pada abad ke-11. Pedagang dari Gujarat di India adalah yang membawa Islam ke Indonesia.

Daftar Masjid Bersejarah di Indonesia

Semenjak para pedagang Gujarat datang ke Indonesia, sejak itu juga agama Islam mulai berkembang dan menyebar ke seluruh negeri sampai dengan hari ini. Perkembangan penyebaran agama Islam sendiri mempunyai bukti tentang sejarahnya, yaitu peninggalan-peninggalan dari kerajaan Islam masa lampau berupa masjid. Daftar masjid-masjid tersebut adalah sebagai berikut:

  • Masjid Raya Baiturrahman (Aceh)

Masjid Raya Baiturrahman adalah salah satu masjid yang mempunyai sejarah di Indonesia, Anda pun pasti tidak asing lagi dengan masjid tersebut. masjid bersejarah satu ini dipercayai sudah berdiri semenjak masa-masa kerajaan diperintahkan oleh Sultan Iskandar Muda. Masjid ini pun ternyata pernah dijadikan benteng pertempuran oleh Kesultanan Aceh untuk menyerang pasukan Belanda. 

  •  Masjid Agung Banten (Banten)

Masjid ikonik di Banten ini sudah berdiri sekitar tahun 1552, yaitu pada masa kerajaan dipimpin oleh Sultan Maulana Hasanudin. Sultan Maulana sendiri adalah sultan pertama yang memerintahkan Kesultanan Banten. Ciri khas unik dari masjid ini adalah atap pada bangunan utamanya mempunyai tumpukan berjumlah 5. Tumpukan itu didesain oleh Tjek Ban Tjut menyerupai pagoda  China.

  • Masjid Kotagede (Yogyakarta)

Masjid Kotagede yang berada di Yogyakarta tersebut didirikan oleh Panembahan Senopati Sutowijoyo pada tahun 1587. Pembangunan masjid itu sendiri dilakukan melalui tahapan sebanyak 2 kali, hal itu berdasarkan pada prasasti yang ada di dalamnya. Pada tahapan pertama, tiang-tiang bangunan masjid menggunakan kayu, sedangkan tahapan ke-2 telah diganti menjadi besi.

  • Masjid Agung Sunan Ampel (Surabaya)

Masjid Agung Sunan Ampel terletak di Kota Pahlawan, didirikan oleh Sunan Ampel pada tahun 1421. Hal unik yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke masjid tersebut yaitu arsitektur bangunannya menggunakan perpaduan antara nuansa Arab dengan Jawa kuno.

  • Masjid Wapauwe (Maluku Tengah)

Majid bersejarah ke-5 di Indonesia selanjutnya ini ternyata sudah berdiri sejak 1414 dan namanya pada saat itu adalah Masjid Wawane. Nama tersebut diberikan karena masjid tersebut dibangun di daerah lereng Gunung Wawane. Uniknya, pembangunan masjid memakai pelepah sagu dan rumbia sebagai atapnya.

  • Masjid Jami Bua (Luwu)

Sejak pertama kalinya agama Islam masuk ke Luwu, Masjid Jami Bua pertama kali berdiri pada abad ke-15 yaitu kisaran tahun 1600 M. Pada masa penjajahan dulu, tentara Nica pernah masuk dan memukuli para masyarakat yang sedang beribadah, menginjak serta merobek Al-Qur’an di dalam masjid.

Selain 5 masjid yang disebutkan di atas, masjid bersejarah lainnya yaitu seperti Masjid Agung Sang Cipta Rasa di Cirebon, Masjid Saka Tunggal di Banyumas, dan ada juga Masjid Menara Kudus, serta Masjid Agung Demak. Semua masjid-masjid tersebut menjadi saksi bersejarah tentang penyebaran agama Islam dan menjadi peninggalan kerajaan Islam di Indonesia – Hasana.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *