Mengenal Cara Membersihkan Karpet di Perkantoran

Hari ini, hampir semua perkantoran apalagi di Kota Jakarta berada di dalam gedung yang tertutup rapat. Hal ini menyebabkan karpet kantor yang digunakan didalamnya rawan sekali lembab, kotor, bahkan dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap.

membersihkan karpet kantor
cara membersihkan karpet kantor yang benar

Untuk mengatasi hal ini, kita perlu membersihkan karpet secara rutin dengan benar. Berikut cara membersihkan karpet yang dianjurkan secara internasional.

Sedot karpet dengan alat pengisap debu secara teratur. Anda bisa membeli vakum berkualitas yang mampu mengisap kotoran dari dalam serat karpet, terutama jika Anda memiliki karpet berbulu atau Anda memelihara kucing dan anjing. Mengisap debu secara teratur membuat karpet Anda terlihat dan berbau segar.

  • Sedot debu karpet beberapa kali seminggu. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, Anda mungkin perlu untuk memvakumnya setiap hari.
  • Jangan melakukan proses penyedotan dengan terburu-buru. Bahkan vakum bertenaga tinggi perlu waktu untuk mengisap debu, kotoran dan bulu dari dasar serat karpet. Jalankan vakum di atas karpet lebih dari sekali untuk memastikannya benar-benar bersih.
Lindungi bagian karpet yang sering dilewati. Jika karpet Anda sampai ke pintu depan, dapur, atau area lain dari rumah Anda yang cenderung kerap dilalui, pertimbangkan untuk melindungi area tersebut dengan memasang pelapis lantai atau karpet plastik pelindung. Dengan begitu Anda tidak akan bersusah-payah membersihkan gumpalan kotoran dan potongan-potongan rumput dengan vacuum cleaner setiap hari.

  • Plastik pelindung karpet memiliki bonus tambahan yang memungkinkan karpet tetap terlihat melalui plastik bening. Ini adalah cara yang tidak terlalu mencolok untuk melindungi karpet Anda dari kotoran.
  • Gunakan karpet sempit untuk di lorong-lorong, yang cenderung kerap dilalui.

Bersihkan tumpahan dengan segera. Membiarkan tumpahan meresap ke dalam karpet sampai mengering dengan sendirinya akan semakin menyulitkan untuk menghilangkan residunya. Jika Anda segera mengatasi tumpahan, Anda akan menghemat banyak waktu.

  • Gunakan kain bersih atau handuk kertas untuk menyerap tumpahan, kemudian tuangkan soda kue ke atas area tersebut dan biarkan selama 15 menit. Ketika tumpahan sudah benar-benar kering, Anda bisa membersihkannya dengan vakum.
  • Jika anggur atau cairan berwarna tumpah, tambahkan sedikit soda koub sebelum menaburkan soda kue.

Cara lain yang dapat kantor Anda lakukan untuk merawat karpet agar tetap terlihat indah adalah dengan menggunakan jasa cuci karpet profesional. Jika Anda membutuhkan referensi, berikut daftar harga jasa cuci karpet kantor lengkap untuk area Jabodetabek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *