Mengenal Apa Itu PC (Komputer) dan Bagian-bagiannya

Komputer terlibat dalam hampir setiap aspek kehidupan saat ini. Mengerjakan tugas sekolah atau kuliah, bekerja, menikmati hiburan dan konten multimedia, bermain game, menjelajah internet, dan melakukan aktivitas lainnya. Tapi tahukah Anda komponen komputer serta fungsinya hingga dapat menjalankan komputer dengan baik?

Apa itu Komputer?

apa itu komputer
apa itu komputer

Komputer merupakan perangkat yang melakukan operasi dan perhitungan. Perancangan komputer sangatlah kompleks. Komputer saat ini kadang-kadang disebut sebagai PC yang berarti komputer pribadi. Komputer dirancang untuk pengguna individu yang dapat melakukan tugas-tugas kompleks sekaligus berinteraksi dengan brbagai perangkat luna maupun perangkat keras.

Berita terkait: https://news.google.com/articles/CAIiENK4VxG6JFyiGsT7hmDqr0cqGQgEKhAIACoHCAow_symCzDm174DMLqVkAc?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

Komputer pertama kali dirilis pada awal 1980-an, ketika IBM mengumumkan komputer PC/XT pertama. Berbeda dengan komputer mikro, unit ini terdiri dari komponen standar yang dapat dengan mudah disalin. Komputer yang saat ini umum digunakan telah banyak diproduksi dari berbagai perusahaan teknologi terkenal. Jenis-jenis komputer lain juga telah diciptakan seperti komputer mobil, komputer penggerak robot industri, dll.

Komponen Eksternal Komputer

  • Monitor komputer

Monitor merupakan bagian dari komputer yang berfungsi untuk menampilkan data. Ini termasuk sebagai bagian antarmuka mesin-manusia. Layar komputer memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer seperti melihat data yang tersimpan, mengetik menggunakan keyboard, menggeser mouse, dll.

Ukuran layar dapat sangat bervariasi yang biasanya dinyatakan dalam inci biasanya dengan ukuran normal 14 inci namun ada juga yang lebih kecil bahkan hingga 10 inci untuk laptop. Layar monitor juga ada yang berukuran lebar sekitar 15 inci.

Tentu saja harga yang ditawarkan berbeda termasuk juga resolusi layarnya. Monitor dapat dipasang menggunakan konektor VGA, DVI, atau HDMI. Pembelian ukuran dan resolusi layar dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Keyboard

Anda dapat menggunakan komponen komputer ini untuk menulis teks dan berkomunikasi dengan komputer Anda. Keyboard khas terdiri dari 100 kunci yang terdiri dari huruf alfabet, angka, tanda baca, dan fungsi khusus. Ada beberapa jenis keyboard yaitu keyboard khusus dengan atau tanpa nirkabel atau dengan atau tanpa layar sentuh (touchpad), keyboard gaming dengan tombol dan fitur tambahan lainnya.

Pengaturan keyboard bervariasi sesuai dengan jenis keyboard yang bervariasi. Keyboard gaming dengan berbagai fitur tambahan tentunya akan lebih mahal dibandingkan keyboard biasa yang sering digunakan untuk sehari-hari.

  • Mouse

Anda dapat menggunakan mouse untuk menggerakkan kursor (panah kecil) di layar. Anda dapat mengakses dan memilih tindakan tertentu dengan menempatkannya pada item tertentu dan mengklik tombol kiri atau tombol kanan jika ingin memilih atau memindahkan sesuatu. Dalam kebanyakan kasus, dokumen teks dan situs web membutuhkan roda kecil di tengah pada bagian tengah mouse untuk menggerakkan layar, mengganti halaman, atau yang kita sebut scrolling.

Mouse umumnya memiliki sensor optik atau laser pada bagian bawah. Mouse ada yang memiliki nirkabel atau tanpa nirkabel baik yang menggunakan bluetooth atau memasukkan colokan ke port USB. Mouse umumnya hanya memiliki 3 tombol saja yaitu tombol klik kiri, kanan, dan untuk scroll.

Namun ada juga mouse dengan fitur tambahan seperti tombol pengaturan DPI, tombol volume, dll. Mouse ini biasanya merupakan mouse gaming. Mouse juga hadir bersama dengan mouse pad sehingga menggeser mouse menjadi lebih mudah karena ada alas.

Komponen Sistem Komputer

  • Hardware (Perangkat Keras): Hardware atau perangkat keras merupakan perangkat pada komputer yang kasat mata atau bisa disentuh secara fisik. Bentuknya juga jelas penyebutannya. Hardware sendiri masih terbagi menjadi 4 bagian utama yaitu:

  • Input Device (perangkat masukan): memiliki fungsi untuk memasukkan data dan perintah pada komputer. Contohnya seperti mouse, keyboard, scanner, webcam, dll.
  • Processing Device (perangkat proses): memiliki fungsi untuk mengolah data dari Input Device. Contohnya Central Processing Unit (CPU).
  • Output Device (perangkat keluaran): memiliki fungsi untuk mengeluarkan atau memberikan hasil dari Processing Device atau data yang telah diolah kemudian akan diproses dan dikeluarkan. Contohnya seperti monitor, speaker, printer, dll.
  • Storage Device (perangkat penyimpanan): memiliki fungsi untuk menyimpan data seperti hard disk dan RAM.

Software (Perangkat Lunak)

Perangkat lunak atau software adalah sekumpulan berbagai data elektronik yang disimpan dan data tersebut nantinya akan dikelola oleh komputer. Data-data tersebut akan diprogram yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Tidak seperti perangkat keras, komponen sistem komputer ini tidak dapat disentuh secara fisik.

Artikel teknologi terkait: Cara Daftar Aplikasi GoBox 2021

Perangkat lunak sistem komputer juga dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu perangkat lunak sistem (Windows XP, Windows 2000, Windows 7, dll.), perangkat lunak aplikasi (browser, game, editor, dll.), dan perangkat lunak tambahan (backup, data recovery, screensever, dll).

Brainware

Komponen komputer yang tidak kalah penting untuk menjalankan semua sistem atau berperan sebagai pengguna yaitu brainware. Brainware adalah orang yang memiliki atau menggunakan komputer. Atau dapat digambarkan sebagai perangkat pintar yang menggunakan dan menavigasi fitur perangkat keras dan perangkat lunak. Contoh brainware seperti operator, programmer, administrator, dan sistem analis. Sekian ulasan lengkap dari tim Whitepaper.co.id!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *