Mengenal Jenis-Jenis Speaker dan Fungsi Masing-masing

Pemilihan speaker dengan kualitas terbaik pastinya sangat dibutuhkan untuk keperluan mendengarkan musik yang lebih nikmat dan nyaman. Jika Anda salah dalam memilih speaker, maka suara musik yang Anda dengarkan tidak akan maksimal, bisa jadi suara musiknya malah terdengar aneh dan sember.

Mengenal Jenis – Jenis Speaker dan Fungsi Masing - Masing

Makanya penting sekali untuk memilih speaker yang dibuat dari komponen terbaik, misalnya saja dengan memperhatikan daun speaker di bagian depan. Keberadaan daun speaker bagian depan ini berguna untuk menentukan kualitas suara yang muncul. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan magnet yang ada di bagian belakang. Karena tingkat kejernihan dan kebulatan suara yang dihasilkan semuanya ditentukan oleh magnet yang digunakan. Pastikan speaker pilihanmu menggunakan magnet yang besar.

Namun demikian, sebelum membeli speaker sebaiknya kenali terlebih dulu jenis – jenis speaker dan fungsinya. Dengan begitu Anda tidak akan semakin bingung atau salah dalam memilih speaker yang sesuai dengan keinginan.

Mengenal Jenis – Jenis Speaker dan Fungsi Masing – Masing

Subwoofer

Subwoofer

Jenis speaker pertama adalah subwoofer, ini merupakan jenis speaker penghasil suara nada rendah. Jenis speaker subwoofer tersebut bekerja pada frekuensi antara 20 Hz – 200 Hz, dengan begitu suara berat akan dihasilkan lebih sering dan biasanya disebut dengan bass.

Lalu untuk ukurannya ternyata lebih besar dibandingkan dengan jenis speaker lain, setidaknya ukuran speaker subwoofer ini berkisar 12 inch – 21 inch. Dengan ukuran tersebut tentu saja akan membuat jenis speaker tersebut lebih mampu menghasilkan suara rendah yang lebih optimal.

Woofer

Woofer

Lalu untuk jenis selanjutnya ada woofer. Sebetulnya peranan jenis speaker tersebut tidak jauh berbeda dengan jenis speaker subwoofer, yakni untuk menghasilkan suara rendah atau bass. Tetapi demikian, woofer bekerja di frekuensi 40 Hz – 1.000 Hz. Lalu untuk ukurannya sendiri ternyata woofer ini memiliki diameter yang lebih kecil, mulai dari 4 inch – 12 inch.

Uniknya, jenis speaker tersebut sering sekali digabungkan bersama speaker mid range dan tweeter, tujuannya untuk menghasilkan suara yang berbeda di setiap speaker.

Mid range

Mid range

Soal ukuran, jenis speaker berikut ternyata memiliki ukuran yang lebih kecil lagi, yakni sekitar 4 inch – 6 inch saja. Sementara itu untuk frekuensi kerjanya ada diantara 500 Hz – 5.000 Hz. Tak perlu khawatir, jenis speaker tersebut mampu menciptakan suara yang terdengar lebih jelas dan terfokus. Speaker jenis mid range ini pada dasarnya merupakan bagian dari sistem tiga way bersamaan dengan tweeter dan woofer.

Tetapi demikian, speaker mid range ternyata tidak bisa menghasilkan nada rendah dengan baik. Speaker tersebut bahkan tidak bisa menghasilkan suara dengan nada tinggi seperti tweeter. Tugasnya hanya untuk sempurnakan jenis speaker tweeteratau woofer dalam sistem tiga way.

Tweeter

Tweeter

Menjadi salah satu jenis speaker terkecil, sebab ukurannya ada yang 0.5 inch dan yang paling besar hanya 4 inch saja. Memiliki ukuran kecil ternyata tidak membuat suara yang dihasilkan jenis speaker tersebut buruk, malah speaker tweeter mampu menghasilkan suara bass yang cukup baik. Suara berfrekuensi tinggi dari jenis speaker tweeter dijamin lebih mantap. Karena memang frekuensi suaranya ada di kisaran 3.500 Hz – 20 kHz.

Suara melengkit dan tinggi dari speaker tweeter ini ternyata dihasilkan oleh pukulan pada cymbals drum. Berbeda dengan speaker jenis subwoofer yang harus dipasangkan terlebih dulu pada box speaker khusus, tweeter ternyata bisa langsung dipasang sebab memang sudah membentuk seperti box, ada yang berbentuk setengah lingkaran ada pula yang berbentuk corong.

Full range

Full range

Lalu untuk jenis yang terakhir ada full range. Jenis spaeker tersebut bekerja di frekuensi yang sangat lebar, mulai dari 40 Hz – 2 kHz. Speaker full range bahkan bisa mengeluarkan suara rendah dan tinggi sekaligus. Tetapi pastinya suara yang dihasilkan kurang maksimal seperti pada jenis speaker yang dibuat khusus untuk menghasilkan suara di frekuensi tertentu.

Jenis speaker full range banyak dijumpai pada acara – acara musik di lapangan. Jenis speaker tersebut bahkan tetap butuh tempat agar bisa tersusun baik dengan speaker sejenis lainnya.

Nah, itulah beberapa jenis speaker dan fungsinya masing – masing yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *