Mengenal Proses Bisnis Dan Contohnya

Mengikuti dengan perkembangan jaman, baru-baru ini banyak sekali yang berusaha untuk membuka usaha (menjadi wirausahawan). Kali ini akan ada bahasan mengenai bagaimana proses berbisnis yaitu, pengertian proses bisnis adalah suatu proses dimana aktivitas yang terukur dan terstruktur untuk menjalankan suatu bisnis yang nantinya akan memproduksi suatu input yang diolah menjadi output yang berupa nilai bagi pelanggan. Untuk itu proses bisnis sangat diperlukan sebagai tahap utama melaksanakan bisnis.

proses bisnis
Ilustrasi proses bisnis

Karakter Proses Bisnis

Bisnis memang terdiri dari berbagai jenis dan juga berbagai hasil yang bisa dikelompokkan. Untuk itu, setiap orang yang akan memulai bisnisnya harus paham akan hal karakter dari proses bisnis. Dari sinilah proses berbisnis akan terlihat dengan jelas jika telah memahami beberapa karakter bisnis sebagai berikut :

  • Definitif, jalannya suatu proses yang harus memiliki masukan, batasan, dan keluaran yang pasti
  • Urutan, dalam proses bisnis biasanya terdiri dari aktivitas yang memiliki tahapan dalam intensitas ruang dan waktu.
  • Pelanggan, dalam menjalankan proses bisnis seseorang harus memiliki penerima dari hasil yang telah diproses.
  • Nilai tambah, transformasi dalam proses bisnis yang memberikan nilai lebih kepada penerima hasil.
  • Keterkaitan, Suatu kegiatan dalam proses yang tidak dapat berdiri sendiri, namun harus terkait dalam struktur suatu bisnis.
  • Fungsi silang, merupakan suatu proses yang umum meskipun tidak harus memiliki suatu cakupan berbisnis dalam beberapa fungsi proses.

Itulah karakteristik dari suatu proses bisnis yang memberikan dampak positif dari usaha yang dijalaninya. Semua karakter tersebut, memiliki keterkaitan yang harus terstruktur. Yang kemudian mencangkup beberapa fungsi masing-masing.

Baca juga: Tentang Membuka Usaha Air Minum Kemasan

Contoh Proses Bisnis SIM Perumahan

Jika di atas telah menjelaskan apapun tentang karakter berbisnis dan proses bisnis. Selanjutnya kita akan membahas mengenai contoh dari proses bisnis. Berikut ini ada beberapa contoh dalam proses bisnis :

  • Booking Fee

Transaksi pemesanan biasanya dilakukan saat launcing suatu perumahan maupun pameran. Yang mana konsumen akan membayar booking fee dalam konsekuensi hukum yang memiliki jangka waktu tertentu. Jika waktu dalam bookingan telah terlampaui batas, maka bookingan telah hangus. Dan untuk mengambil bookingan konsumen harus mendaftar lagi pada pihak Bank.

  • Melunasi Uang Muka, Biaya Strategis dll

Sesuai dengan ketentuan dalam daftar harga dan harga jual yang di tentukan, konsumen akan memiliki kewajiban melunasi uang muka dalam pembelian rumah. Biaya-biaya lain yang harus di bayar meliputi, Biaya Proses KPR, Biaya Strategis, dll. Pembayaran ini dilakukan pada petugas yang ada di area lokasi perumahan atau via transfer.

  • Penyerahan Kunci

Tahap terakhir adalah pengambilan kunci. Konsumen yang telah disetujui dalam memiliki rumah akan mendapatkan kunci dari pihak Bank. Guna memeriksa rumah yang telah dibeli oleh konsumen. Dengan adanya memeriksa akan menjamin kelayakan rumah untuk memberikan garansi pada waktu tertentu.

Mungkin seperti itulah contoh dalam proses bisnis yang bisa dilakukan siapapun. Contoh tersebut telah disesuaikan dengan berbagai karakteristik agar hasil semakin baik dan tertata rapi. Jadi pentingnya proses bisnis dalam bidang ini sangatlah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *