Bengkel Modifikasi ala Japstyle dan Cafe Racer: Rene9ade

Bengkel pendatang baru, Rene9ade yang di “gawangi” oleh Aqi “Alexa” mulai menunjukkan taringnya. Bermain disegmen klasik, Rene9ade menjadi bidikan BX Modification Journal bulan ini. Gaya modif yang akan dibedah merupakan perpaduan dari cafe racer, japstyle dan bobber. Di Swedia, modifikasi ini begitu familiar, berkatkarya rumah modifikasi yang bernamasama dengan style-nyayani Wrench Monkees.

modifikasi ala japstyle
Modifikasi ala japstyle

Membidik bahan dari motor legendaris keluaran Yamaha ditahun 1970-an, yaitu RX125 Twin. RX125 Twin pada masanya dikena ldengan performanya yang kencang. Komponen serba dobel seperti busi, sistem pengapian, karburator, sertahead-nya. Sektor mesin menurut rencana tidak mengalami perubahan berarti. Hanya saja semua difungsikan secara normal dan terpenting berada dalam kondisi normal serta “sehat”.

Menurut Aqi, sang owner, “proses perencanaan modifikasi selalu diawali dengan diskusi bersama pemilik motor. Tahap selanjutnya meningkat pada proses penggarapan desain motor target hingga mencari gambar yang sesuai dengan keinginan pemilik”, demikian penjelasan vokalis “gundul” tersebut.

Ipank selaku Chief Mechanic Rene9ade, bertugas mengawal modifikasi motor mulai dari tahap perencanaan desain hingga finishing. Menurutnya, “tahap pertama yang musti dilakukan adalah penggarapan desain dan dilajut pada pembongkaran. Tetapi khusus ini kita hanya tinggal melepas mesin dari frame-nya. Kemudian Ipank harus mempersipakan semua bahan modifnya. Langkah selanjutnya adalah pemasangan ban dan setel velg.

So guys, bagaimana cara crew Rene9ade membedah dan memodifikasi sang RX125 tersebut? Semua bakal diungkap detail bersama Tya Yustia, yang akan setia menemani empat minggu kedepan. [nus/timBX]

One Reply to “Bengkel Modifikasi ala Japstyle dan Cafe Racer: Rene9ade”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *