Jenis Olah Raga yang Baik untuk Penderita Wasir

Wasir atau ambeien (hemoroid) merupakan jenis penyakit yang tidak berbahaya. Biasanya wasir terjadi karena ada pembengkakkan yang berisikan pembuluh darah di bagian bokong, baik itu di dalam rektum atau di anus. Penderita wasir atau ambeien pada dasarnya diperbolehkan untuk berolah raga, asalkan dipilih jenis olah raga yang aman untuk wasir.

Tujuan olah raga bagi penderita wasir tidak lain untuk memperbaiki sirkulasi darah, dan mencegah timbulnya konstipasi yang bisa sebabkan semakin parahnya wasir yang diderita. Olah raga yang baik untuk penderita wasir adalah jenis olahraga yang tidak mengangkat beban terlalu berat dan tidak banyak mengejan. Adapun jenis olahraga yang dimaksud diantaranya sebagai berikut.

Olah Raga yang Baik untuk Penderita Wasir

Kegel

Jenis olah raga yang baik untuk penderita wasir yang pertama adalah senam kegel. Ini merupakan jenis olah raga ringan yang baik untuk mengurangi rasa sakit yang diderita akibat penyakit wasir. Untuk melakukan senam kegel, si penderita bisa melakukannya secara mendiri tanpa prosedur medis. Manfaat lain dari senam kegel diantaranya bisa membuat otot panggul dan pelvis jadi lebih kuat, dengan demikian tekanan bawah tubuh pun bisa hilang.

Zumba

Jika berbicara mengenai manfaat olah raga, tentu saja bisa dirasakan baik itu dalam jangka pendek maupun panjang. Olah raga bahkan tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup jika dilakukan secara rutin dan teratur. Nah, salah satu manfaat terbaik dari dilakukannya olah raga, misalnya untuk jenis olah raga zumba adalah bisa mengurangi rasa sakit akibat penyakit wasir yang diderita. Zumba bahkan dikenal sebagai jenis olah raga yang tepat untuk menghindarkan diri dari gangguan pencernaan seperti konstipasi dan lain – lain.

Yoga

Yoga adalah jenis olah raga terbaik lain untuk penderita wasir. Dengan rutin melakukan olah raga, maka manfaatnya akan langsung didapatkan. Yoga bahkan dikenal sebagai latihan fisik yang bisa membuat tubuh lebih fleksibel, sehat, dan bugar. Peredaran darah yang menuju ke saluran pencernaan pun jadi lebih lancar. Dengan begitu, pergerakan usus yang melambat bisa terstimulasi dengan baik. Adapun pose yoga yang baik untuk penderita wasir diantaranya seperti wind relieving, suspine twisting, dan cat and cow.

Aerobik

Dikarenakan mampu mendukung tubuh agar lebih aktif lagi, sehingga aerobik juga masuk dalam daftar jenis olah raga terbaik untuk wasir atau ambeien. Untuk melakukannya mudah sekali, namun demikian agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya yang optimal Anda disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dulu selama 5 menit. Baru kemudian Anda bisa melakukan senam aerobik dalam waktu 30 menit dan diakhiri pendinginan dengan durasi 5 menit.

Jalan kaki

Salah satu cara mengatasi wasir paling mudah yang bisa dicoba adalah dengan berjalan kaki. Jalan kaki bahkan dikenal sebagai jenis olah raga yang simpel dan sederhana untuk mengatasi penyakit wasir. Anda bisa mencoba untuk berjalan kaki selama 30 menit di pagi hari untuk mendapatkan manfaat terbaiknya. Setelah itu, agar sakit wasir yang Anda derita bisa segera sembuh jangan lupa pula untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi, seperti brokoli, jus lobak, kunyit, pepaya, jeruk nipis dan jahe.

olah raga baik untuk penderita wasir
Aktivitas fisik untuk meredakan ambeien

Renang

Olah raga yang ampuh untuk mengatasi wasir yang terakhir adalah renang. Untuk mengatasi wasir dengan berenang caranya mudah sekali, Anda hanya perlu rutin berenang seminggu 3 – 4 kali. Dengan begitu tubuh akan selalu aktif dan kebutuhan air pun meningkat. Selain itu, renang juga dipercaya ampuh dalam mengurangi stress dan memperbaiki pola makan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang olah raga yang baik untuk penderita wasir. Semoga bermanfaat.

One Reply to “Jenis Olah Raga yang Baik untuk Penderita Wasir”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *