Panduan Cara Mudah Menggunakan Prezi bagi Pemula

Saat akan melakukan presentasi pasti tidak jauh dari Power Point. Tetapi beberapa orang merasa bosan menggunakan Power Point untuk menyiapkan bahan presentasi mereka. Salah satu alternatifnya adalah Prezi, dengan program ini presentasi dapat dilakukan secara daring dengan materi yang bergerak nonlinear.

Cara menggunakannya tidak begitu sulit, hanya saja Anda perlu mempelajarinya. Simak panduan berikut untuk membuat bahan presentasi menggunakan Prezi.

Panduan Mudah Menggunakan Prezi

1.      Membuat Akun

·        Kunjungi Website Prezi

Saat akan bergabung ke Prezi, Anda akan diberikan tiga pilihan keanggotaan yaitu Public, Enjoy, dan Pro. Apabila memilih Public, semua presentasi yang Anda buat dapat dilihat oleh siapapun.

Akan tetapi kapasitas penyimpanan daringnya kecil karena merupakan keanggotaan dasar. Keanggotaan ini merupakan pilihan sempurna jika Anda seorang pelajar atau mahasiswa. Lain halnya dengan Enjoy yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar karena merupakan keanggotaan berbayar.

Selain itu presentasi juga bersifat pribadi dan bisa memakai logo sendiri. Dan keanggotaan yang paling mahal di Prezi adalah Pro. Tentu kapasitas penyimpanan yang akan didapatkan jauh lebih besar, ditambah lagi Anda bisa membuat presentasi tanpa internet.

·        Download Aplikasinya

Setelah website Prezi terbuka Anda bisa mendownload aplikasi ini dengan menekan tombol Download. Jika proses download sudah selesai maka lakukan instalasi Prezi pada perangkat yang Anda gunakan.

·        Jalankan Aplikasi Prezi

Agar bisa mengakses Prezi Anda diwajibkan memiliki akun untuk login. Jika belum memiliki akun Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu untuk membuat presentasi klik Create yang ada di bagian atas beranda. Kemudian klik tombol New Prezi yang terletak di bawah Your Prezi.

2.      Membuat Rancangan Presentasi

  • Buat desain dan sketsa konsep presentasi yang akan dibuat. Presentasi melalui Prezi dapat dikatakan sukses jika mempunyai struktur dan frame yang mengikuti alur.
  • Tetapkan fondasi poin utama presentasi Anda, kemudian gunakan sebagai jangkar dari jalur yang Anda ambil dalam Prezi.
  • Fokuslah pada poin utama dan isi landscape sekelilingnya dengan frame satu per satu.
  • Jalur presentasi tak harus linear, Anda dapat mengaturnya dalam urutan apapun.
  • Pertahankan jalur yang telah dibuat tetap stabil. Jangan terlalu sering mengubah perspektif selama presentasi karena dapat menimbulkan motion sickness pada penonton sehingga mereka akan teralihkan dari isi presentasi.
  • Atur landscape presentasi Anda, hindari gerakan rotasi kecuali jika dapat mendukung isi presentasi dengan signifikan.
  • Jangan terlalu sering menggunakan zoom in atau zoom out, kecuali untuk transisi antar bagian yang besar.
  • Buatlah poin utama dalam ukuran besar lalu tambah objek yang kecil sebagai detail menggunakan sedikit zoom untuk memfokuskan.

Lihat pula: Contoh Proposal Penelitian

3.      Membuat Presentasi

  • Pilih tema atau template yang akan Anda gunakan. Terdapat dua pilihan template yaitu 2D dan 3D. Penting untuk diingat bahwa Anda tidak boleh mengganti template di tengah jalan, sebab semua yang telah Anda buat dari awal akan kacau. Jika ingin mengganti background gunakan opsi Change Background.
  • Tempatkan objek-objek presentasi. Klik 2x untuk menambahkan teks di bagian manapun.
  • Jika Anda punya objek dalam bidang, Anda bisa memodifikasinya dengan 1x klik agar Transformation Tool terbuka.
  • Selanjutnya jika menggunakan gambar, gunakanlah gambar dengan resolusi tinggi.
  • Pastikan untuk menyisakan ruang antar objek agar saat diperbesar nantinya teks atau gambar tetap terlihat.
  • Gunakan frame untuk menciptakan fokus, bisa visible maupun invisible. Frame visible dapat digunakan untuk menyorot objek di layar seperti lingkaran atau bracket. Sedangkan frame invisible dapat digunakan untuk menentukan dan mengatur objek sebagai fokus. Bisa juga untuk menghubungkan ke web atau bagian Prezi lain.
  • Buat gaya yang seragam karena Prezi tidak mengenal ukuran huruf.
  • Pertahankan agar struktur presentasi yang Anda buat memiliki standar, gunakan frame yang spesifik untuk menyorot gagasan penting.
penggunaan aplikasi prezi di laptop
penggunaan aplikasi prezi di laptop

4.      Menciptakan Jalur Presentasi

  • Tekan tombol Edit Path lalu buat jalur presentasi Anda dengan meng-klik objek sesuai urutan.
  • Jika ingin menyesuaikan jalur, Anda bisa menggeser poin jalur atau klik tanda plus (+) untuk menambahkan langkah antar poin.
  • Setelah selesai coba latihan presentasi terlebih dahulu untuk memastikan jalur presentasi yang Anda buat mengalir dengan baik dan memiliki transisi yang tepat.

Dengan menggunakan Prezi Anda dapat memaksimalkan bahan presentasi yang Anda buat. Presentasi sangat berhubungan erat dengan dunia kerja juga pendidikan, sehingga Anda bisa memberikan kesan pada audience karena presentasi yang menarik.

Cara Menulis Daftar Pustaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *