Mengenal Pentingnya Akuntansi Keuangan Lanjutan serta Manfaatnya

Akuntansi sering diartikan sebagai proses mencatat dan menghitung laporan keuangan. Akuntansi mempunyai beberapa bagian, salah satunya adalah akuntansi keuangan yang berkaitan dengan persiapan laporan keuangan untuk diperiksa oleh pihak luar yang berkepentingan.

Sebelum mempelajari akuntansi keuangan, Anda melewati beberapa tahapan yaitu akuntansi dasar, akuntansi keuangan menengah, dan akuntansi keuangan lanjutan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai akuntansi keuangan lanjutan, simak pembahasan berikut yang disampaikan oleh jasa akuntansi Jakarta.

Pengertian Akuntansi Keuangan Lanjutan

Menurut pengertian secara umum, akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang secara khusus berfokus pada penyiapan laporan keuangan. Penyiapan tersebut dilakukan secara berkala oleh perusahaan sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap pemegang saham.

Ada pula yang mengartikan akuntansi keuangan sebagai pelaporan untuk pihak eksternal. Meskipun pihak eksternal mempunyai tujuan yang spesifik dan berbeda, laporan keuangan dibuat untuk tujuan umum.

Yang membedakan antara akuntansi keuangan lanjutan dengan akuntansi dasar dan akuntansi keuangan menengah adalah materi yang dipelajari. Akuntansi keuangan lanjutan berfokus untuk mempelajari penyusunan laporan konsolidasi serta pembentukan persekutuan atau merger.

Ketika Anda mempelajari akuntansi keuangan lanjutan, Anda juga akan berhadapan dengan materi analisa laporan keuangan, integritas penyajian laporan keuangan, likuidasi penjualan angsuran, investasi saham, serta penjualan konsinyasi.

Beberapa tempat pelatihan juga menyediakan materi berupa kombinasi bisnis, konsolidasi, investasi pada instrumen ekuitas, serta isu yang kerap muncul seputar konsolidasi.

Laporan Keuangan dan Standarisasi Akuntansi Keuangan

Dalam menyajikan laporan keuangan, Anda harus memperhatikan prinsip akuntansi serta PSAK yang berlaku. PSAK merupakan petunjuk serta prosedur akuntansi yang berisi standar dan aturan penyusunan serta penyajian laporan keuangan.

PSAK dirilis oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) yang mengacu pada standar pelaporan keuangan internasional (IFRS). Standar laporan tersebut bisa diterima baik secara lokal maupun internasional.

Fungsi Laporan Keuangan untuk Pihak Eksternal

Seperti yang telah Anda ketahui, akuntansi keuangan menekankan pada penyiapan laporan keuangan untuk pihak eksternal. Lantas, mengapa pihak eksternal membutuhkan laporan keuangan dari sebuah perusahaan?

Terdapat beberapa fungsi utama dari laporan keuangan sebuah perusahaan bagi pihak eksternal. Simak poin-poin berikut ini:

  • Pemegang Saham: Laporan keuangan memberikan informasi penting yang membantu mereka untuk mengambil keputusan dan menilai kemampuan perusahaan dalam membayar dividen.
  • Investor: Laporan keuangan membantu para investor mengetahui apakah dana yang diinvestasikan layak atau tidak.
  • Kreditur: Bagi kreditur, laporan keuangan berfungsi untuk menilai apakah perusahaan mampu membayar pengembalian hutang beserta imbalan jasa.
  • Supplier: Bagi supplier, laporan keuangan berfungsi memberikan informasi apakah penjualan yang mereka lakukan akan dibayar tepat waktu oleh perusahaan.
  • Pemerintah: Informasi dari laporan keuangan berfungsi untuk menetapkan kebijakan pajak.
Instrumen akuntansi an keuangan

Manfaat Mempelajari Akuntansi Keuangan Lanjutan

Mengapa Anda perlu mempelajari akuntansi keuangan lanjutan? Mengingat pentingnya fungsi laporan keuangan bagi pihak eksternal, akuntansi keuangan lanjutan mempunyai sejumlah manfaat sebagai berikut:

  • Membantu korporasi mengetahui laba yang didapatkan.
  • Memudahkan korporasi untuk menghitung serta menentukan hak-hak yang didapatkan oleh pihak internal dan pihak eksternal.
  • Memberikan informasi akurat bagi pihak manajemen. Apabila ada perubahan sumber ekonomi bagi korporasi, maka akan segera diketahui.
  • Mengelola serta mengendalikan aktivitas perusahaan.
  • Memudahkan perusahaan untuk mencapai target.
  • Memberikan informasi yang memiliki kaitan dengan laporan keuangan.
  • Membantu pengguna informasi keuangan untuk memperkirakan peluang korporasi untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

Tidak bisa dipungkiri bahwa akuntansi keuangan lanjutan merupakan bagian yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan menekankan pada penyiapan laporan keuangan bagi pihak eksternal, ada banyak sekali manfaat yang dihadirkan oleh bagian akuntansi yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *