Mengenal Pentingnya Sales Funnel untuk Kesuksesan Bisnismu

Jika menurut Anda, terutama yang tertarik menggeluti dunia bisnis online atau pun offline, kira – kira seberapa pentingnya sih keberadaan strategi marketing? Strategi marketing adalah hal yang bisa dibilang cukup penting sekali, bahkan perlu dipelajari dan diterapkan untuk tingkatkan penjualan. Sales Funnel merupakan teori marketing, yang ternyata bisa membantu pemilik bisnis dalam memahami serta mengerti perjalanan pelanggan atau konsumen.

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa pada dasarnya penerapan Sales Funnel ini perlu sekali dilakukan, sebab berdasarkan sebuah penelitian ada sekitar 50 persen dari pelanggan yang siap untuk beli suatu produk yang ditawarkan. Sementara itu untuk pelanggan lainnya punya pertimbangan yang jauh lebih banyak lagi sebelum akhirnya memutuskan untuk jadi pembeli. Itu artinya ada sekitar 50 persen lagi pelanggan yang masih belum benar – benar siap untuk membeli. Hal inilah Anda harus dibantu terlebih dulu sehingga mereka memiliki keputusan untuk jadi pembeli.

Makanya penting sekali bagi Anda para pemilik bisnis untuk mengetahui peran pentingnya Sales Funnel seperti yang akan kami rangkumkan berikut ini.

Peran Penting Sales Funnel untuk Kesuksesan Bisnis

Sales Funnel pada dasarnya merupakan salah satu cara paling mudah untuk visualisasikan perjalanan pelanggan, atau pun konsumen lewat proses penjualan. Sales Funnel nanti akan gambarkan bagaimana tiap penjualan dimulai dengan adanya banyak calon pelanggan, hingga akhirnya ada sedikit pelanggan yang melakukan pembelian. Makanya, Sales Funnel memiliki peranan penting untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda. Nilai Sales Funnel yang berhasil dibangun dengan sangat baik dan benar, tentu saja akan memiliki kemampuan untuk….

  • Menentukan tahap proses yang lebih jelas dan konsisten, serta mampu mencerminkan pula perjalanan pelanggan dan bisa dukung pelanggan di tiap tahapannya.
  • Ramalkan pendapatan dari penjualan yang akan datang dengan tingkatan akurasi yang tinggi, dibandingkan yang dilakukan tanpa tahap Sales Funnel yang jelas.
  • Melakukan komunikasi yang jelas di semua departemen penjualan, pemasaran, maupun manajemen lain menuju visi penjualan bersama.

Ada banyak sekali tahapan untuk menerapkan Sales Funnel di bisnis Anda agar lebih efektif, seperti awareness, interest, decision, dan action. Yang dimaksud dengan awareness sendiri adalah membuat sebuah target market untuk menyadari mengenai keberadaan produk yang Anda jual. Sementara itu untuk interest merupakan membuat target market untuk tertarik pada produk yang Anda jual.

Baca juga: Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Decision sendiri adalah membuat target market sehingga mengambil keputusan untuk membeli produk Anda. Untuk yang terakhir ini ada action yang berarti para target market memutuskan untuk membeli produk. Dari pola tahapan tersebut lalu bisa diaplikasikan atau diterapkan dalam sebuah strategi penjualan sampai akhirnya terciptalah Sales Funnel yang berbeda – beda di tiap produk atau pun brand. Kemudian untuk langkah berikutnya adalah menerapkan rencana pemasaran yang sesuai dengan tahapan tersebut.

  • Buat materi bacaan. Ini bertujuan untuk membuat target market sadar tentang adanya produk atau pun brand Anda. Misalnya saja dengan cara mengedukasi calon pembeli agar mereka bisa atasi masalahnya sendiri lewat sebuah bacaan.
  • Saring calon pembeli yang tertarik dengan bacaan. Isi dari tahapan yang kedua ini pastinya lebih detail dari bacaan yang Anda sajikan di tahapan yang pertama. Misalnya saja, Anda bisa berikan free trial atau pun diskon agar pelanggan bisa lebih tertarik.
  • Penetrasi produk. Kemudian pada tahapan ini Anda sudah bisa lakukan produk penetrasi. Silakan tawarkan produk Anda yang lain sebagai salah satu fungsi penetrasi. Umumnya hal tersebut berupa produk dengan harga lebih terjangkau dari produk utama Anda.

Nah, itulah tadi beberapa peran penting Sales Funnel untuk kesuksesan bisnismu yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *