Perbedaan Jok Kulit Asli dan Sintetis [Tips Modifikasi]

Bahan dasar kulit synthetic pada jok mobil ada 2 macam yaitu: PU dan PVC, yang bagus dan lebih durable adalah PVC. Material Kulit synthetic yang bagus (kelas atas) biasanya terdiri dari 4 lapis, berikut urutan dari atas sampai bawah:

  • Surface Coating: Lapisan pelindung terhadap sinar matahari dan goresan
  • PVC Skin: Lapisan corak kulit asli.
  • PVC Foam: Lapisan busa tipis untuk memberikan kesan soft kulit asli.
  • Fabric: Bahan dasar kain Rolyester Rayon untuk kelenturan dan daya tahan sobek.

Pada umumnya untuk bahan synthetic yang baik bisa bertahan bertahun – tahun bila dipakai dalam kondisi normal. Perawatan semi kulit (synthetic leather) lebih ringan dibanding kulit asli (genuine leather) yang memerlukan leather conditioner agar kelenturan dapat terjaga dengan baik, tapi synthetic leather tetap perlu perawatan agar estetika dan kebersihan interior tetap terjaga.

Tren modifikasi jok mobil berbahan kulit
Tren modifikasi jok mobil berbahan kulit

Tentunya segala sesuatu yang dirawat memakai produk yg tepat dan dengan cara yg benar akan memiliki umur pakai yg lebih lama.

Artikel menarik lainnya:

Genuine Leather vs Synthetic Leather pada Jok Mobil

Perbedaan antara synthetic leather dengan genuine leather:

Harga semi kulit / Synthetic Leather lebih murah, bahkan harga jok dengan synthetic bisa hanya setengah bahkan sepertiga dari harga jok dengan bahan kulit asli.

Perawatan bahan kulit jok synthetic lebih mudah dan juga tahan air, krn berbahan dasar PVC (Polyvinyl Chloride). Beda dengan kulit asli yang ada sifat menyerap dengan adanya pori-pori kulit, jadi cairan/kotoran lebih sulit dibersihkan dan butuh perawatan secara continue.

Synthetic tidak ada aroma kulit asli, jadi jangan berharap bisa tercium aroma kulit layaknya anda masuk ke mobil dengan jok berbahan kulit asli.

Synthetic tidak memberikan kenyamanan layaknya kulit asli. Permukaannya tidak cepat melepas panas, berbeda dengan kulit asli yang dapat segera melepas panas saat A/C mobil dinyalakan atau mobil dipindah ketempat yg teduh.

Untuk model jok dengan kerut2, kerutan bahan Synthetic tidak dapat menyerupai kerut kulit asli, bahkan terkadang (tergantung bahan synthetic) kerutan di jok dapat hilang karena tertarik-tarik saat diduduki/disandar badan sesuai dg berjalannya dengan waktu pakai.

Dengan teknologi maju sekarang ini pada beberapa merk synthetic tekstur permukaan kulitnya sudah dapat menyamai tekstur kulit asli bahkan bila tidak diraba dan cium tidak akan dapat diketahui synhetic atau genuine leather. Hanya saja synthetic leather tidak dapat memiliki karakter kulit asli yg berkerut saat jok di pijit / di tekan dan sudah tentu tidak dapat meniru bau kulit yang khas.

Itulah perbedaan kulit asli / genuine leather dengan semi kulit / synthetic leather yang sudah dijelaskan pada tulisan mengenai jok mobil semi kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *