Perbedaan OS Windows 11 dengan Win 10 Terbaru

Perbedaan Win 11 dengan Win 10 – Halo sobat! Microsoft merupakan salah satu perusahaan terbesar multinasional yang berada di Amerika Serikat tepatnya di Redmond, Washington, Amerika Serikat. 

Jika sobat belum tahu, Microsoft merupakan pengembang, pembuat, pemberi lisensi, serta pendukung berbagai produk yang berkaitan dengan komputer.

Perusahaan Microsoft ini memiliki salah satu sistem operasi yang dikenal dengan nama Windows. Microsoft Windows atau yang Biasa disingkat dengan sebutan Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan milik Amerika Serikat dengan sistem yang berbasis mode text dan command-line.

Dari tahun ke tahun sistem operasi Windows ini mengalami upgrade yang cukup banyak sejak tahun 1985 hingga 2021. 

Baru saja di tahun 2021 kemarin Windows meng-update jenis Windows mereka dari Windows 10 ke Windows 11. Apa sih perbedaan win 11 dan win 10 ini?

Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai perbedaan win 11 dan win 10. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Win 11 dan Win 10

Sejak diperkenalkan pada Juni 2021 lalu, Windows 11 sudah bisa menggantikan Windows 10 yang sudah rilis sejak tahun 2015. Windows 11 ini digadang-gadangkan membawa perombakan besar terhadap Microsoft Windows mulai dari peningkatan fitur, desain serta aplikasi yang tersedia di Android bisa dinikmati di Microsoft Windows. Keren bukan?

Tentu saja ada perbedaan yang cukup terlihat antara Windows 11 dan Windows 10. Simak perbedaannya di bawah ini

  • Perbedaan tampilan user interface

Perbedaan Win 11 dan Win 10 bisa kita lihat dari tampilan user interface mereka. Jika pada Windows 10 tombol menu berada di sebelah kiri maka pada Windows 11 Tombol menu berada di tengah layar. Hal tersebut tentunya membuat tampilannya menjadi lebih minimalis apalagi pada menu start dan taskbar. Tampilan Windows 11 ini hampir mirip dengan tampilan iOS Macbook. 

Kemudian fitur lifestyles pada Windows 11 menampilkan kolom notifikasi seperti informasi cuaca, kalender, hideline dan semacamnya di sudut kiri bawaah layar. 

  • Perbedaan logo Windows

Perbedaan kedua bisa kita lihat dari bentuk logo Windows yang ada pada masing-masing Windows 10 dan Windows 11. Pada Windows 10 gambar logo jendela berbentuk miring atau masuk ke arah kiri sedangkan pada Windows 11 Bogor jendela berbentuk datar dan sehingga membuatnya terlihat lebih simple.

Kemudian start up sound nya pun berbeda ketika perangkat dinyalakan. Itu artinya Microsoft benar-benar memperbaharui Windows terbaru mereka.

  • Pada Win 11 bisa menjalankan aplikasi Android

Perbedaan selanjutnya yaitu pada Windows 11 kamu bisa menjalankan aplikasi Android. Hal ini merupakan pertama kalinya Microsoft menghadirkan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android. Sebelumnya aplikasi Android hanya bisa dijalankan dengan bantuan emulator atau dual boot OS sedangkan di Windows 11 ini kamu bisa melakukannya tanpa modifikasi khusus.

Canggihnya Windows 11 ini karena Microsoft menggunakan teknologi Intel Bridge sehingga aplikasi Android bisa dijalankan di sistem ini. 

  • Widget yang informatif

Perbedaan Win 11 dan Win 10 yang terakhir yaitu widget dari Windows 11 ini sifatnya informatif karena memiliki pilihan widget baru. Widget baru ini didukung oleh Microsoft Edge dan AI. Widget seperti ini bisa kamu akses jika kursor diarahkan ke sebelah kiri layar Maka akan muncul informasi seputar cuaca, berita, foto dan masih banyak lagi.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai perbedaan Win 11 dan Win 10. Perbedaan yang terlihat cukup signifikan karena kamu bisa mengupdate Microsoft Windows kamu ke tampilan yang lebih simpel yaitu Windows 11. 

Jangan lupa untuk berikan kritik dan saran serta solusi agar tim Stiead.ac.id bisa terus memberikan informasi yang informatif setiap harinya. Jangan lupa klik share untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya sobat.

Terimakasih, semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *