Mengenal Pusat Studi Jepang di Universitas Indonesia

Universitas Indonesia merupakan salah satu Universitas ternama dan populer yang ada di Indonesia. Banyak sekali orang yang ingin menimba ilmu di Universitas tersebut. Selain memiliki fasilitas yang lengkap dengan tenaga pengajar yang berkompeten dalam bidangnya, Universitas yang satu ini juga memiliki pusat studi Jepang juga lho.

Menarik bukan Universitas yang satu ini? Tak heran jika banyak sekali orang yang ingin masuk untuk menimba ilmu di UI. Nah, untuk Anda yang penasaran dengan apa itu Pusat studi Jepang di UI, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Ya, PSJ UI ini dibentuk pada tahun 1995. Gedung ini berlokasi di Depok dan didirikan atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah Jepang sebagai tanda kerjasama dan persahabatan dengan pemerintah Indonesia.

Berdasarkan keputusan Rektor UI Nomor 2063/SK/R/UI/2048 pada tanggal 27 Agustus 2018, telah ditetapkan bahwa Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Mahasiswa UI di bawah koordinasi DPPU UI. Struktur organisasi UKK PSJ UI dibagi menjadi tiga divisi yaitu divisi umum, divisi keuangan serta divisi pelatihan dan publikasi.

Sesuai dengan namanya, kini kegiatan UKK PPM PSJ UI ini ditekankan pad pengabdian dan pelayanan masyarakat, seperti kuliah umum, kegiatan ventura, seminar dan pelatihan. Sejak tahun 2012, PSJ UI ini selalu bekerja sama dengan kedutaan besar Jepang untuk melakukan kegiatan rutin dengan pemerintah Indonesia.

Kegiatan tersebut adalah Ambassadorial Lectures Series yang merupakan salah satu bagian dari kerjasama dalam bentuk kuliah umum bagi mahasiswa S1 dan S2 di lingkungan luar UI atau pun dalam UI. Nah, materi yang dipelajari dalam kegiatan tersebut adalah memahami tentang Jepang kontemporer yang dibedakan menjadi beberapa tema.

Ya, tema tersebut adalah perekonomian Jepang, hubungan diplomasi antara Indonesia-Jepang, transportasi Jepang dan juga tentang ODA. Selain itu, para masyarakat PSJ UI ini juga melakukan pelatihan bahasa Jepang untuk mahasiswa FASILKOM UI dan fakultas teknik UI. Pelatihan seperti ini akan terus dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Bukan hanya itu saja, semua orang  yang bergabung dalam pusat studi Jepang di UI juga sudah menerbitkan jurnal sendiri lho. Journal tersebut berjudul journal kajian Jepang, Nomor ISSN 2598-6201, baik cetak maupun online, dua edisi dalam setahun.

Bagaimana keren bukan, sudahkah Anda tertarik untuk menjadi bagian dari masyarakat PSJ UI? Jika Sudah, buruan daftar. Nah, untuk kegiatan PSJ UI yang berkaitan dengan ventura  yaitu menyediakan berbagai fasilitas yang ada di PSJ UI seperti ruang sidang, ruang seminar, penginapan dan lain-lain.

Baca juga: Pusat Studi Jepang UGM

Seperti itulah ulasan singkat mengenai pusat studi Jepang di UI yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui tentang PSJ UI ini, Anda bisa lebih mudah untuk masuk dan menjadi bagian dari masyarakat PSJ. Apabila Anda menyukai bahasa Jepang dan ingin bekerja di negara tersebut, buruan daftarkan diri Anda di UI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *