Tips Sekolah ke Jepang dengan Biaya Sendiri

Beberapa orang mengatakan negara Jepang adalah surganya pecinta komik dan anime, tentu saja karena banyak sekali komik terkenal yang berasal dari negara tersebut. Namun, Jepang yang menjadi salah satu negara maju di Asia juga dikagumi karena memiliki kota modern tapi masih bisa berbaur seimbang dengan kebudayaan tradisionalnya. 

Tak hanya menawarkan kota-kotanya yang indah, rupanya fasilitas pendidikan di Jepang juga menjadi salah satu hal yang menarik bagi banyak orang. Selain pendidikan yang baik, biaya pendidikan di negeri Sakura itu juga lebih terjangkau dari pada biaya pendidikan yang ada di negara-negara maju seprti Eropa atau Amerika. 

Di Indonesia sendiri sudah banyak siswa yang memiliki minat untuk meneruskan jenjang pendidikan di Jepang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menimba ilmu di sana. Mulai dari mencari beasiswa, program pertukaran pelajar hingga mengeluarkan biaya sendiri.

Mempersiapkan Studi ke Jepang dengan Biaya Sendiri

Memutuskan untuk sekolah ke luar negeri memang tidak mudah. Kalian harus benar-benar mempersiapkan dan mencari tahu terlebih dahulu segala faktor yang berhubungan dengan studi di negara tujuan. Hal yang sama juga berlaku ketika kamu akan menempuh pendidikan di Jepang dengan biaya sendiri.

Berikut ini beberapa hal yang harus kalian perhitungkan sebelum sekolah ke Jepang dengan biaya sendiri:

  • Biaya Kuliah

Hal pertama dan yang paling penting untuk dicari tahu sebelum memutuskan kesana ialah mengenai biaya sekolah. Kalian bisa mencari tahu dengan browsing ke website sekolah tujuan yang kalian kehendaki. Selain itu, kalian juga bisa pergi ke agen yang menyediakan jasa untuk studi ke Jepang. 

Dalam tahap ini, kalian harus mempertimbangkan sekolah mana yang paling cocok dengan minat dan tentunya budget yang dimiliki.

Biasanya di perguruan tinggi negeri di Jepang mematok biaya mulai dari Rp 60 – 70 juta per semester. Namun biaya tersebut cukup bervariasi tergantung dengan jurusan maupun letaknya. 

  • Biaya Makan

Selain biaya sekolah, ada hal lain yang juga harus dicaritahu dengan seksama. Misalnya saja biaya makan. Makanan di Jepang memang dikenal cukup mahal, tapi ada beberapa tempat yang juga menyediakan makanan dengan harga terjangkau. 

Biaya makan juga dapat dikurangi jika kalian mau mencoba untuk masak sendiri. Selain itu, makanan di supermarket juga bisa menjadi pilihan untuk hidup yang lebih hemat. Jika dikira-kira biaya untuk makan di Jepang bisa mencapai Rp 2 juta hingga Rp 5 juta setiap bulannya.

  • Biaya Tempat Tinggal

Tempat tinggal juga menjadi hal yang harus diperhatikan dengan seksama. Saat belajar ke luar negeri dan tidak memiliki sanak saudara di sana, sebaiknya kalian lebih cermat memilih tempat tinggal. Usahakan mencari tempat tinggal yang dekat dengan sekolah agar tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi. 

Namun tentu saja hal paling utama ialah sesuaikan budget kalian dengan tempat tinggal yang diinginkan. Biaya sewa tempat tinggal di Jepang berkisar mulai dari harga Rp 4 juta sampai Rp 6 juta setiap bulannya.

  • Biaya Kebutuhan Sehari-hari

Kebutuhan sehari-hari seperti peralatan mandi, buku hingga internet tentunya harus diperhatikan juga. Selain itu biaya transportasi dan hiburan juga harus disisihkan. Bahkan biaya untuk keperluan yang mendadak juga tidak boleh dilupakan.

Sebaiknya persiapkan mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 5 juta setiap bulannya untuk kebutuhan sehari-hari dan lainnya tersebut. 

Menjalani studi di Jepang dengan biaya sendiri memang terlihat cukup berat, karena biaya yang dikeluarkan memang tidak bisa dibilang sedikit. Agar lebih mudah, kalian bisa kerja parttime. Jepang siswa juga bisa mendapatkan uang sendiri dengan melakukan pekerjaan paruh waktu. 

Pekerjaan Partime untuk Mahasiswa Jepang

Para siswa di Jepang sudah mendapatkan didikan mandiri sejak usia dini. Saat mulai menginjak SMA atau bahkan kuliah, biasanya mereka akan melakukan kerja paruh waktu yang banyak tersedia dalam berbagai bidang. 

Bagi siswa asing yang belajar di Jepang rupanya juga bisa melakukan pekerjaan ini. Berikut ini pekerjaan paruh waktu di Jepang yang populer bagi siswa asing:

biaya sekolah ke jepang
Pekerjaan part time di jepang

 

  • Guru Les

 

Menjadi seorang guru les ternyata menjadi salah satu pekerjaan paruh waktu yang disukai oleh siswa di Jepang. Selain karena gajinya yang lumayan tinggi, banyak orang beralasan bahwa pekerjaan ini juga cukup mudah. Kalian bisa mengajar mata pelajaran yang disukai sehingga saat mengerjakannya akan terasa lebih mudah. 

  • Penjaga Supermarket

Bekerja paruh waktu sebagai penjaga supermarket juga memiliki gaji yang lumayan tinggi di Jepang. Bagi siswa asing, pekerjaan paruh waktu ini bisa menjadi tempat untuk mengumpulkan uang dengan mudah. 

  • Penjaga Kafe

Kafe menjadi salah satu tempat yang paling nyaman untuk nongkrong. Ternyata di Jepang upah untuk penjaga kafe juga dibilang cukup tinggi. 

Kini kamu sudah memiliki gambaran mengenai seperti apa biaya yang dikeluarkan untuk study ke Jepang. Manfaatkan informasi ini untuk menyiapkan segala biaya yang diperlukan saat menempuh pendidikan disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *