5 Cara Membuat Speaker Sederhana untuk Hp

Audio menjadi hal yang lumrah dalam kehidupan dewasa ini. Sebagian orang bahkan meletakkan audio sebagai suatu hal yang penting untuk menemani perjalanan keseharian mereka. Audio juga didukung oleh beberapa komponen yang dapat membuatnya semakin terasa bagus. Contoh kecil diambil dari kehidupan sehari-hari, manusia sering mendengarkan audio pada ponsel mereka. Namun tanpa sadar penggunaan speaker yang terlalu keras pada ponsel dapat merusak ponsel itu sendiri dan dapat merusak gendang telinga Anda.

Baca juga: Transistor Sanken vs Toshiba

Berbagai cara dilakukan agar ketahanan speaker pada ponsel bisa bertahan lama agar ponsel dapat digunakan semsetinya. Pilihan yang dapat dilakukan yakni  dengan menggunakan earphone atau juga membuatnya keras dengan speaker. Harga speaker yang terkadang tidak terjangkau bagi kantong-kantong remaja apalagi pelajar membuat beberapa ide kreatif muncul untuk membuat speaker yang diinginkan sendiri.

Berikut 5 cara membuat speaker sederhana

Siapkan barang-barang dan alatnya

Barang-barang dan alat yang disediakan cukup sederhana. Bahan yang perlu disiapkan yakni speaker 8 watt. Perlu dicatat bahwa watt yang digunakan jangan terlalu besar karena mengingat listrik dari hp tidak begitu besar pula. Penggunaan watt yang kecil juga dapat menghemat pengeluaran baterai dari handphone. Bahan selanjutnya adalah amplifier headphone. Dalam penggunaan ini disarankan menggunakan amplifier yang hanya mengatur volume saja. Karena penggunaan ini lebih efektif daripada penggunaan amplifier yang mengatur bass, volume dan treeble.

Barang lain yang perlu disediakan yaitu kabel colokan USB 2.0. Perlu dicatat jika dalam kabel usb terdapat 4 macam kabel, maka yang digunakan adalah 2 kabel saja yaitu warna orange dan biru. Sedangkan kabel lain hanyalah kabel untuk kabel data. Setelah itu juga siapkan RCA, saklar dan lem tembak.

Pada bagian wadah atau pembungkus speakernya dapat menggunakan speaker bekas atau membeli wadah speaker baru. Gunakanlah wadah speaker yang cukupdan tidak terlalu besar atau dapat menggunakan wadah speaker sesuai selera Anda. Dari pilihan di atas jika Anda ingin berhemat maka gunakanlah casing bekas. Tetapi apabila Anda ingin mempunyai body yang bagus maka gunakanlah casing dengan desain yang bagus pula.

Selain bahan, alat-alat juga perlu disiapkan untuk sarana pembuatan speaker. Alat yang dapat dipersiapkan tidak perlu banyak-banyak dan sederhana. Cukup menyediakan dua alat saja yaitu solder dan tenol. Setelah semua barang dan alat sudah lengkap lanjut kepada step pembuatan speaker untuk handphone yang tentunya sangat ringkas dan mudah.

Bedakan kutub positif dan negatif pada speaker

Step pembuatan speaker akan dimulai. Perhatikan baik-baik agar tidak salah step dari awal dan mempengaruhi dari hasil speaker. Speaker 8 watt yang telah disediakan harus diberi kabel. Ini merupakan step penentu berhasil atau tidaknya pembuatan speaker. Bedakan jenis kaki dengan cara kaki bagian kiri untuk negatif dan kaki bagian kanan untuk positif. Jangan takut mencoba ya, karena bila salah tidak akan meledak. Ini hanya speaker dengan daya kecil.

Hanya saja jika salah meletakkan kabel maka suara akan menjadi pelan. Namun jika meletakkannya benar maka akan menghasilkan suara yang sangat bagus. Peletakkan kabel yang sesuai akan membuat speaker berhasil dibuat dan nyaman dipakai. Benar atau salah dapat diketahui ketika telah mencoba menyalakan speaker dari hp. Jadi, berusahalah semaksimal mungkin agar kabel tidak salah.

Lubang saklar dan volume

Setelah kabel tertempel dengan benar, selanjutnya step yang paling mudah, yaitu membuat lubang untuk saklar, kabel dan untuk potensiometer atau biasa disebut dengan pengaturan volume yang ada pada amplifier headphone. Setelah lubang berhasil dibuat maka pasanglah saklar dan kabel usb pada bagian lubang yang telah dibuat tersebut.

Amplifier

Setelah step di atas beres, sekarang saatnya mengurus bagian amplifier headphone. Pada amplifier headphone terdapat tulisan input, output dan 12v dc. Maksud dari tulisan tersebut adalah input untuk kabel rca dan output untuk speaker atau bagian yang akan mengeluarkan suara. Lalu 12v dc dipakai untuk kabel power rakitan dimana sumber tenaga yang diambil dari handphone nantinya. 

Pada lubang 12v dc yang akan digunakan untuk kabel power maka pilihlah kabel berwana biru dan orange sesuai yang telah dijelaskan di atas. Kabel biru untuk negatif dan kabel orange untuk positif. Sedangkan pada lubang output gunakanlah lubang yang berada ditengah dan dipinggir. Lalu untuk kabel input untuk kabel rca yang sebenarnya hanya dua kabel saja tetapi ada tembaga kuningan di pinggiran kabel tersebut. Gabungkanlah tembaga kuningan yang berada pada pinggiran menjadi satu sehingga kabel nantinya yang keluar dari rca menjadi tiga.

Rangkai komponen

Setelah ampilfier teratasi, selanjutnya rangkailah komponen yang sudah ada. Rangkailah pada wadah yang sudah tersedia. Perlu diingat bahwa untuk merekatkan kompenen satu dan lainnya juga perlu menggunakan lem bakar atau lem tembak. Lebih disarankan menggunakan lem tembak dengan listrik sehingga dapat cepat selesai daripada dengan lem bakar.

Fungsi dari pengunaan lem ini agar semua terpasang dengan kuat dan tidak terlepas.  Penggunaan lem ini bersifat anjuran semi wajib ya, agar speaker Anda nantinya tidak mudah bongkar pasang.

Step yang terkahir dengan menutup atau membungkus speaker yang sudah selesai dirangkai. Bungkus dengan wadah yang sudah disediakan. Tidak harus dengan menggunakan wadah baru, bisa juga menggunakan wadah speaker yang sudah tidak dipakai lagi. Wadah speaker ini dapat didesain sesuai dengan keinginan dan selera dari pembuat. Tentunya hal ini menjadi unggulan bagi diri pembuat dapat mengapresiasikan ide nya melalui desain dari wadah speaker tersebut.

Cara penggunaannya pun sangat mudah dan simpel. Kabel usb dicolokkan pada adaptor output 5v sedangkan kabel rca dicolokkan ke lubang yang biasa digunakan untuk headset. Maka jadilah speaker yang siap digunakan. Jika suara yang dihasilkan lemah, itu menandakan kesalahan terjadi pada proses awal. Sedangkan jika suara yang dihasilkan bagus berati step diawal sudah benar. Daripada sudah dibungkus rapi lalu dibongkar teramat sayang, jadi alangkah baiknya jika pada step awal tindakan sudah dilakukan dengan cara baik dan benar.

Demikian beberapa cara untuk membuat speaker pada hp. Sangat mudah bukan? Apakah Anda berniat mencoba? Jika Anda ingin mencoba maka perhatikan dengan baik step yang telah dijelaskan agar berhasil dalam sekali tindakan. Sehingga tidak membuang-buang waktu tenaga dan pikiran.

Step di atas merupakan step yang dapat dicoba untuk menghasilkan speaker standar. Karena setiap manusia mempunyai kebutuhan dalam hal audio berbeda-beda. Namun bila Anda menginginkan hal yang lebih dari hasil yang telah ditawarkan oleh step tersebut, Anda juga dapat menggunakan cara lain. Selain menggunakan cara simpel di atas, tentunya masih banyak cara lain yang patut Anda coba sesuai kebutuhan Anda. Selamat bereksperimen semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *