Apa itu Tarpaulin: Bahan Dasar, Keunggulan Serta Fungsinya

Tarpaulin adalah sebuah terpal yang dibuat dari bahan PVC. Bahan PVC sendiri merupakan terpal kain tiga lapis yang terdiri dari selembar kain tipis, yang kemudian dilaminasi di antara dua lembar polyvinyl chloride (PVC).

PVC ini dilengkapi dengan film dan pelapis poliuretan, pelapis silikon, pelapis akrilik, dan pelapis karet campuran. Tidak heran jika tarpaulin juga sering disebut dengan istilah semi karet, karena memang bahannya ini ada yang terbuat dari karet. Seperti apa sih tarpaulin itu sendiri? Apa saja fungsinya?

Apa itu Tarpaulin?

Tarpaulin merupakan jenis terpal yang semua film dan pelapisnya diperkuat dengan kain nilon dan poliester yang bukan tenunan, tenunan, dan rajutan. Lebar terpal PVC mulai dari 1,02 m sampai dengan 5,10m.

Untuk warna tarpaulin sendiri biasanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan orang. Tarpaulin yang dilaminasi dan dilapisi, bisa memberikan fleksibilitas yang baik.

Tarpaulin memiliki kekuatan tarik yang bagus dan tidak mudah sobek. Bisa dibilang, semua jenis bahan terpal PVC ini tahan lama untuk berbagai aplikasi, mulai dari pembuatan kolam ikan, tenda warung, penutup muatan di truk, dan sebagainya.

tarpa ulin menjadi penutup kolam
tarpa ulin menjadi penutup kolam

Bahan Dasar Tarpaulin

Tarpaulin  adalah kain tahan air berlapis plastik dengan polyester, PVC, fungisida, zat anti statis, agen kimia, plasticizing suhu tinggi, dan sebagainya. Dengan bahan-bahan tersebut, maka tarpaulin memiliki sifat tahan air, tahan angin, dan tentu tahan panas. Cocok sekali untuk aplikasi penutup muatan di atas truk.

Biasanya, tarpaulin ini memiliki ukuran yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Ukuran ini dapat menghasilkan fungsi yang berbeda sesuai kebutuhan.

Keunggulan Tarpaulin

Ada banyak sekali keunggulan dari tarpaulin yang membuatnya menjadi salah satu pilihan terpal dibandingkan dengan jenis lainnya seperti kanvas atau plastik, di antaranya adalah:

  1. Tahan lama
  2. Jahitan sangat kuat
  3. Tahan panas
  4. Tahan jamur
  5. Tahan angin
  6. Ada banyak variasi warna

Butuh tarpa ulin kualitas mumpuni? Cek AgenTerpal.com Jakarta di alamat Jl. Mess Dalam No. 6 RT 12/17, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10230 atau WhatsApp kami di nomor 0856 4375 6205.

Fungsi Tarpaulin

1. Menyimpan Bahan-Bahan Pertanian

Salah satu penggunaan terpal yang dibuat dari semi karet dalam bagus untuk pertanian. Tarpaulin bagus untuk digunakan sebagai penutup bunker yang menjadi penyimpanan biji-bijian. Penutup dari tarpaulin membantu mengamankan butiran dari sinar matahari langsung dan kondisi cuaca berbahaya lainnya seperti hujan.

2. Melindungi Barang Muatan di Truk atau Pick Up

Tarpaulin memiliki keunggulan tahan air dan sangat baik untuk menutupi barang-barang dalam waktu lama. Nah, karena sifatnya yang waterproof ini, maka barang yang dimuat di atas truk tidak akan mudah rusak selama perjalanan jika kamu menggunakan terpal truk.

Penggunaan tarpa ulin

Anda tidak perlu khawatir kalau barang yang dimuat di atas truk akan rusak, karena tarpaulin bisa melindungi barang Anda dengan baik. Penggunaan tarpa ulin atau terpaulin pada badan kendaraan logistik akan membuat Anda merasa tenang selama perjalanan.

3. Kolam Ikan

Anda yang mencari terpal untuk pembuatan budidaya kolam ikan, cobalah untuk menggunakan terpal jenis tarpaulin ini. Bahannya yang lebih tebal dari terpal plastik ini menjadi pilihan utama para peternak dalam membuat kolam ikan. Menggunakan tarpaulin jauh lebih hemat dibandingkan Anda membuat kolam dari semen.

Anda yang memang mencari terpal untuk kebutuhan kolam ikan, tarpaulin adalah bahan yang dirasa paling tepat. Mulai dari bahan dasar dan keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya, tentu jelas menunjukkan bahwa tarpaulin adalah jenis terpal terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *