Tips Menggunakan Lensa Wide di Hp Android atau iPhone

Buat kamu yang senang hunting foto atau video di handphone, pasti sudah tidak asing lagi dengan mode kamera wide alias fitur untuk membuat gambar yang masuk ke dalam frame lebih luas.

Nah, lewat tulisan ini, Wikia akan memberikan tips buat kamu yang suka pake mode ini agar hasil foto ataupun video menggunakan lensa wide jadi lebih menarik. Penasaran bagaimana caranya? Ikuti saja terus tutorial dibawah ini hingga selesai.

Cara Membuat Foto dengan Kamera Wide lebih Menarik

Setidaknya, ada beberapa cara menggunakan lensa wide agar hasilnya lebih memuaskan. Namun sebelumnya, jangan lupa untuk mengaktifkan terlebih dulu rule of thrids alias garis semua yang dapat membantu hasil tangkapan kamera kamu jadi lebih baik.

fitur grid / rule of thirds di kamera hp
fitur grid / rule of thirds di kamera hp

Di hp Android, kamu dapat masuk ke pengaturan (Settings) dan aktifkan fitur Grid Lines, atau opsi Grid di iPhone untuk menyalakan fitur rule of thirds ini. Setelahnya, silakan lakukan beberapa tips menggunakan wide lens berikut ini:

Lihat pula: Tutorial Sound of Text WhatsApp

1. Foto dengan mendekati objek tertentu

Cara pertama ialah dengan mengambil gambar dengan posisi kamera yang hampir menempel dengan objek tertentu sehingga objek tersebut seolah-olah menjadi frame bayangan untuk hasil foto keseluruhan. Berikut kira kira contoh hasil lensa wide dengan menggunakan objek terdekat sebagai frame, bagaimana, menarik bukan melihat hasilnya?

hasil foto lens wide mendekat ke objek sebagai frame
hasil foto lens wide mendekat ke objek sebagai frame

2. Memanfaatkan Leading Lines

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan memanfaatkan leading lines. Sebelumnya, mungkin diantara kamu ada yang bertama, apa itu leading lines?

Sederhananya, leading lines adalah garis semu yang membantu audiens untuk fokus pada objek sebenarnya di dalam sebuah foto. Untuk mendapatkan leading lines, kamu perlu mencari sebuah tiang, marka jalan, atau apapun yag menyerupai garis di dalam area point of interest yang kamu ambil. Berikut contoh menggunakan wide lens, dengan memanfaatkan leading lines:

foto lensaa wide memanfaatkan leading lines
foto lensaa wide memanfaatkan leading lines

Jadi lebih menarik bukan? Walaupun pembatas jalan pada foto diatas sebearnya bukanlah objek utama, tapi garis tersebut akan membantu foto kalian terlihat lebih menarik, terlebih jika ada fokus objek tertentu di ujung garis tersebut.

Model foto reflection dengan lensa wide

Tips terakhir untuk membuat hasil kamera jadi lebih menarik ialah menggunakan teknik reflection yang bisa kalian terapkan jika menemukan genangan air, kaca, besi krum atau apapun yang dapat membantu agar gambar kalian memantul di objek lainnya.

Berikut contoh hasil foto dengan teknik reflection yang bisa membuat gambar tangkapan kamera jadi lebih menarik:

Teknik model foto reflection
Teknik model foto reflection

Tambah estetik saja bukan hasil gambar yang bisa kalian dapatkan? Dengan ketiga trik menggunakan lensa wide, kami yakin hasil jepretan Anda akan jauh lebih menarik sekalipun itu diambil menggunakan kamera smartphone.

Artikel menarik lainnya: Cara Ubah Ringtone WhatsApp di HP Android

Kabar baiknya, ketiga tips tersebut bisa kalian implementasikan baik di ponsel Android maupun di iPhone, jadi kalian tidak perlu khawatir tidak bisa mengikuti cara-cara yang sudah kami jabarkan diatas ya. Selamat berburu gambar menggunakan ponsel kesayangan kamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *