Tips Agar Kamera Tidak Berjamur dan Cara Mengatasinya

Kamera itu bisa berjamur. Bagian yang paling rawan terserang jamur adalah lensa kamera. Hal ini karena jamur memang mudah tumbuh di material kaca. Pengaruhnya jika dibiarkan bisa membuat:

  • Ketajaman kamera berkurang
  • Hasil foto kurang memuaskan karena lensanya terganggu
  • Dan mengganggu pandangan saat akan memotret.

Artikel terkait: Solusi kamera wa tidak full screen

Penyebab tumbuhnya jamur sendiri dikarenakan kelembapan, suhu udara, cuaca dan tempat penyimpanan yang tidak sesuai. Agar kamera Anda tidak berjamur, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Dry Box atau Dry Kabinet.

Cara Ampuh Agar Kamera Tidak Berjamur dengan Dry Box

Hanya ada satu cara, dijamin manjur dan bisa sampai 90% mencegah tumbuhnya jamur pada lensa. Yaitu dengan menyimpan kamera di Dry Box atau Dry Cabinet.

Apa itu Dry Box dan Dry Cabinet?

Adalah wadah kedap udara yang dikhususkan untuk menyimpan kamera. Dry Box berbentuk kotak kecil seperti toples, lebih sederhana dan harganya terjangkau. Ada juga yang versi lebih canggih, tergantung harga. Sementara Dry Kabinet adalah lemari kedap udara (ukurannya minimalis) yang digunakan untuk menyimpan kamera, dan biasanya Dry Kabinet terhubung ke listrik (Lihat pula: teknologi hypercharger terbaru ala xiaomi).

Dry Cabinet dan Dry Box tersedia dalam beberapa macam, ada yang biasa, memiliki alat kontrol digital, indikator dan pengatur kelembapan. Bahkan Dry Kabinet versi canggih memberikan fitur mengatur kelembapan udara sesuai keinginan.

Berikut ini adalah langkah-langkah menyimpan kamera yang baik dan benar di Dry Box:

  1. Sebelum disimpan ke Dry Box atau Dry Kabinet, bersihkan dulu kamera Anda
  2. Setelah dibersihkan, lepaskan strap dan baterai kamera
  3. Kemudian masukkan ke dalam Dry Box atau Dry Kabinet
  4. Suhu udara atau kelembapan paling ideal adalah 40% – 50%. Jadi atur kelembapan udara sampai ke presentase tersebut (wajib)
  5. Jika Anda memakai Dry Box yang murah, tidak memiliki pengaturan kelembapan ke suhu yang diinginikan, maka belilah Silica Gel
  6. Silica Gel adalah bahan yang bisa menyerap udara di dalam toples. Masukkan Silica Gel ke dalam Dry Box
  7. Kemudian tunggu sampai suhu menjadi 40% sampai 50%, boleh juga sampai 65%. Setelah suhu ideal, masukkanlah kamera Anda ke dalam

Tapi pertanyaannya, bagaimana cara kita melihat suhu? Anda bisa memakai higrometer digital. Alat ini membantu mengukur kelembapan udara. Cukup repot jika Dry Box Anda tidak memiliki fitur lengkap, karena Anda harus menyiapkan alat-alat pendukungnya sendiri.

Baca juga: Panduan aplikasi hay day di android

Jadi hanya menggunakan Dry Box tidak cukup. Soalnya udara yang masih terperangkap di dalam harus dikeluarkan sebelum digunakan.

Cara Mengatasi Lensa Kamera yang Sudah Berjamur

Bagaimana jika kamera kita sudah jamuran duluan? Maka Anda hanya perlu membersihkannya.

Cara membersihkan jamur di lensa kamera bisa Anda ikuti langkahnya sebagai berikut:

  1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan, di antaranya adalah: obeng kecil, lap karbon serta cairan pembersih jamur khusus kamera
  2. Bongkar lensa dengan obeng kecil
  3. Lalu lakukan pembersihan, dimulai dari bagian lensa, lalu setiap layer lensa (lensa memiliki lapisan-lapisan, bersihkan satu per satu lapisan tersebut), lalu body kamera. Pastikan semuanya bebas dari jamur dan debu
  4. Setelah semuanya benar-benar bersih, pasang kembali lensanya satu per satu dan rakit kamera kembali seperti semula

Artikel terkait: Cara mengaktifkan Google Voice Assistant

Agar lensa Anda tidak ditumbuhi jamur lagi, segera simpan kamera Anda di Dry Box. Harganya berkisar dari Rp 100.000 (biasa dan gratis higrometer), Rp 500.000 (yang memiliki alat kontrol digital, indikator dan higometer), Rp 1.800.000 ke atas (mendapat Dry Kabinet yang tersambung ke listrik dan fitur lengkap). Hingga yang lebih mahal lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *