Processing

Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman (development environment) open source untuk memprogram gambar, animasi dan interaksi. Digunakan oleh pelajar, seniman, desainer, peneliti, dan hobbyist untuk belajar, membuat prototipe, dan produksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak (software) dan tool produksi profesional.

Processing bebas untuk didownload dan tersedia untuk GNU/Linux, Mac OS X, dan Windows. Silakan berpartisipasi untuk merilis versi selanjutnya!

Processing adalah suatu projek terbuka yang diinisiasi oleh Ben Fry dan Casey Reas. Berkembang dari ide-ide yang dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di MIT Media Lab. Projek ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah kecil tim voluntir.

Processing mengaitkan konsep software pada prinsip-prinsip bentuk rupa, gerak, dan interaksi. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.

Lingkungan Pemrograman

Lingkungan Pemrograman Processing terdiri dari teks editor terintegrasi dan jendela tampilan untuk menampilkan program. Jika tombol “run” ditekan, program akan mengkompilasi dan berjalan di jendela grafis (jendela tampilan). Dari jendela lingkugan utama, bisa menjalankan, menghentikan, menyimpan, membuka, dan mengeksport file.

ide

Sistem Koordinat

Processing menggunakan sistem koordinat kartesian dengan titik asal terletak di sudut kiri-atas. Bila program berukuran lebar 320 piksel dan lebar 240 piksel, maka koordinat [0, 0] terletak di kiri-atas dan koordinat [320, 240] terletak di kanan bawah.

coordinates

Mode Pemrograman

Dalam Processing struktur program dapat dibuat dalam tiga tingkat kompleksitas: Mode Statik, Mode Aktif, dan Mode Java.

Mode Statik

Mode Statik digunakan untuk membuat gambar statik. Contoh berikut menggambar sebuah segi empat kuning di layar.

size(200, 200);
background(255);
noStroke();
fill(255, 204, 0);
rect(30, 20, 50, 50);

Mode Aktif

Mode Aktif menyediakan bagian setup() opsional yang akan berjalan ketika program mulai berjalan. Bagian draw() akan berjalan selamanya sampai progam dihentikan. Contoh ini menggambar segi empat yang mengikuti posisi mouse (disimpan dalam variabel mouseX dan mouseY). Perhatikan bahwa panggilan ke method background() terletak di setup() karena hanya diperlukan sekali.

void setup()
{
     size(200, 200);
     rectMode(CENTER);
     noStroke();
     fill(255, 204, 0);
}

void draw()
{
     background(255);
     rect(width-mouseX, height-mouseY, 50, 50);
     rect(mouseX, mouseY, 50, 50);
}

Mode Java

Mode Java adalah yang paling fleksibel, namun tidak tersedia sampai dengan rilis Processing 1.0 Beta. Mode ini memungkinkan menulis program Java secara lengkap di dalam Lingkugan Processing.
Contoh ini sama dengan di atas, namun ditulis dalam style Java:

public class MyDemo extends BApplet {
     void setup()
     {
          size(200, 200);
          background(255);
          rectMode(CENTER);
          noStroke();
          fill(255, 204, 0);
     }

     void draw()
     {
          rect(width-mouseX, height-mouseY, 50, 50);
          rect(mouseX, mouseY, 50, 50);
     }
}

Tutorial

tutorial

Processing: Bahasa dan Lingkungan Pemrograman Grafis Interaktif oleh Widianto Nugroho

Tutorial ini berdasarkan materi workshop Processing di Studio Seni Grafis FSRD ITB tahun 2005 – 2007. Beberapa bagian dari sintaks Processing telah diupdate berdasarkan Processing terbaru, namun terdapat bagian-bagian lain dari tutorial ini yang belum sempat diupdate. Masukan dan koreksi dapat disampaikan melalui Twitter, FB, atau Plurk.

Baca tutorial

Comments are closed.