Bagi sebagian orang, berpacaran adalah sesuatu yang wajib. Ada banyak alasan yang mendasari kita berpacaran, namun alasan terutama adalah ingin mengakhiri masa jomblo atau single. Berpacaran juga berguna untuk kamu yang kesepian atau sekedar tidak ingin sendiri dalam menghadapi hari. Lalu, untuk kamu yang tidak tahu bagaimana cara cari pacar, kamu dapat membaca artikel ini dengan baik.

Apa Itu Berpacaran?
Nah, sebelum kamu belajar tentang cara cari pacar, kamu juga harus tahu dulu, dong, sebenarnya pacaran itu maknanya apa sih untuk kamu? Apakah kamu hanya ingin iseng saja dalam berhubungan? Atau kamu ingin segera menikah?
Pada umumnya, berpacaran adalah proses perkenalan dan mendekatkan diri antara dua orang atas dasar menjalin kasih dan mencari kecocokan antar satu sama lain untuk tujuan menikah. Namun, kebanyakan orang menganggap pacaran adalah suatu yang enteng untuk sekedar bersenang-senang. Kebanyakan orang yang mempunyai pikiran seperti itu adalah remaja-remaja yang masih ingin merasa kasmaran.
Mengetahui makna pacaran untuk diri sendiri juga sangat membantu pandangan kamu dalam menjalani hubungan nantinya.
Cara Cari Pacar
Setelah mengetahui makna pacaran untuk dirimu sendiri, saatnya kamu mengumpulkan ‘pengalaman’ untuk mendapatkan pacar. Salah satunya, apa-apa saja sih cara cari pacar yang bisa kamu terapkan?
1. Ikut Biro Jodoh
Cara pertama yang dapat penulis sarankan adalah ikut biro jodoh. Zaman sekarang, sudah banyak penawaran jasa biro jodoh yang bertujuan sebagai mak comblang untuk kamu dan dia. Pastikan, kamu mengikuti biro jodoh yang terpercaya dan berkualitas.
2. Cari Jodoh Online
Kamu juga bisa mencari jodoh secara online loh. Cari jodoh online ini bisa sangat beragam bentuknya. Bisa dengan mendownload aplikasi-aplikasi jodoh yang ada. Mencari jodoh online juga sangat berguna untuk kamu yang canggung. Kamu bisa memulai pembicaraan tanpa sungkan asal tetap sopan. Keuntungan lain dalam cara cari pacar versi kedua ini adalah kamu dapat mengenal orang-orang baru. Seringkali, kita tidak merasa nyaman untuk mengenal orang-orang sekitar kita hingga kita beralih ke dunia maya.
Hal itu tentunya sah-sah saja. Tidak ada peraturan untuk selalu mencari pacar dari dunia nyata. Asalkan kamu dengan si dia bisa sama-sama nyaman dan cocok, semua hal akan terasa ‘legal’.
3. Kenali Dirimu dan Lawan Bicaramu
Hal ini maksudnya, kamu harus tahu apa standar yang kamu tetapkan untuk menjadi pasanganmu. Setiap orang pasti mempunyai kriteria masing-masing. Baik kamu dan pasanganmu, tidak mungkin kalian mencari pasangan yang berandalan, atau melakukan hal-hal buruk lainnya.
Itulah mengapa cara cari pacar selanjutnya adalah, kamu harus tahu apa yang kamu mau dari dia. Kamu harus mampu bertanya ke dirimu sendiri, apakah si dia cocok denganmu? Apakah keburukannya bisa kamu tolerir? Jika kamu masih belum yakin, jangan memulai hubungan dengannya.
4. Membuka Diri
Cara cari pacar selanjutnya adalah membuka dirimu. Bukan berarti kamu harus membuka semua kartu yang ada dimeja ya. Membuka diri adalah kamu siap untuk berkenalan dengan orang baru. Caranya adalah kamu harus memberikan reaksi terhadap orang-orang sekitarmu. Terkadang, ada beberapa orang yang tidak sadar bersikap ‘tidak perduli’ atau tidak mau tahu pada sekitarnya. Nah, hal tersebut perlu kamu rubah, loh. Semakin banyak kamu berteman, akan semakin banyak pula relasimu pada orang-orang sekitarmu. Baik itu relasi pertemanan atau romansa.

Nah, itulah beberapa cara cari pacar yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat membantu!