Sudah menjadi rahasia umum bahwa blog menjadi salah satu media yang banyak digunakan oleh para pemilik bisnis untuk membantu mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Apalagi manfaat blog untuk bisnis sangat beragam dan berkaitan dengan profit penjualan produk.

Mungkin bagi sebagian pemilik bisnis, mengelola blog untuk brand adalah pekerjaan yang rumit. Akan tetapi sekarang masalah tersebut bisa teratasi berkat adanya jasa blog yang saat ini bisa kita temukan di Internet. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membuat dan mengelola blog.

Blog menjadi salah satu strategi dalam internet marketing yang saat ini sudah semakin marak dilakukan. Oleh karena itulah, setiap pemilik bisnis wajib mengetahui manfaat blog agar bisa meningkatkan reputasi bisnis kamu. 

5 Manfaat Blog untuk Bisnis Perlu Diketahui Pemilik Bisnis Pemula

Berikut ini adalah 5 manfaat blog untuk bisnis yang perlu diketahui oleh para pemilik bisnis, termasuk kamu. Simak baik-baik, ya!

Dapat Menyasar Pelanggan yang Potensial

Blog bisa menjadi media promosi secara soft-selling sehingga pelanggan tidak akan merasa dipaksa untuk membeli produk yang kamu jual. Dengan begitu, maka kamu akan lebih mudah menyasar pelanggan yang potensial. Hal ini karena biasanya pelanggan akan mencari informasi di internet terkait produk yang mereka inginkan.

Apabila mereka menemukan blog bisnis kamu, maka secara tidak langsung kamu sudah mendapatkan calon pelanggan yang potensial dan bisa menjadi loyal customer pada bisnis kamu.

Meningkatkan Traffic Website

Bagi para pemilik bisnis yang mempunyai blog, biasanya memiliki traffic website hingga 55%. Artinya kemungkinan calon pelanggan menemukan bisnis kamu di internet meningkat sekitar 434%. Hal inilah yang membuat semakin banyak pemilik bisnis yang memilih menggunakan blog sebagai media promosi dan branding.

Tidak hanya dapat meningkatkan traffic di laman pencarian, blog bisnis juga dapat membantu kamu dalam mengembangkan strategi email marketing hingga 28%. 

Meningkatkan Reputasi Bisnis

Kepercayaan pelanggan adalah hal penting yang harus selalu dijaga. Melalui blog bisnis ini, maka reputasi bisnis kamu menjadi lebih meningkat. Tentu saja hal ini berkaitan dengan reputasi bisnis di mata pelanggan. Selain itu, blog juga bisa membantu pelanggan dalam menjawab permasalahan yang mereka alami.

Baca: Manfaat Copywriting Bagi Suatu Bisnis yang Perlu Anda Tahu

Apalagi jika konten di blog kamu selalu mengunggulkan kualitas. Dijamin kepercayaan pelanggan menjadi lebih tinggi dan menganggap bahwa brand bisnis kamu terpercaya dan akan semakin banyak calon pelanggan yang tertarik untuk menggunakan produk yang kamu tawarkan.

Membangun Hubungan Dekat dengan pelanggan

Salah satu fitur ada di blog bisnis adalah adanya fitur tanya jawab. Nantinya pelanggan dapat menyelesaikan masalahnya dengan cepat dan hanya melalui blog tersebut. Kemudian kamu juga bisa memasang persona sebagai teman pada blog bisnis.

Persona yang seperti ini akan lebih diterima oleh pelanggan dibandingkan dengan persona institusi ataupun perusahaan yang terkesan kaku. Maka dari itu, pastikan kamu memilih persona blog yang tepat, ya.

Menjadi Media Investasi Jangka Panjang

Selain dapat menjadi strategi marketing yang sangat berpengaruh terhadap branding produk, blog untuk bisnis juga bermanfaat sebagai media investasi jangka panjang. Hanya dengan waktu minimal enam bulan, kamu bisa menjadikan blog sebagai media investasi.

Jadi, selain menjadi marketing dan meningkatkan reputasi brand, manfaat blog lainnya adalah dapat membuat brand kamu semakin dikenal oleh masyarakat luas. 

Demikian 5 manfaat blog untuk bisnis. Jadi, tunggu apalagi, segera bangun blog bisnis kamu sendiri!