Saat Anda sedang bepergian ke luar negeri atau luar kota, umumnya membeli oleh-oleh untuk teman atau keluarga. Tetapi, sebagian orang terkadang mengalami kebingungan ketika memilih oleh-oleh. Jika Anda salah satunya, tentunya membutuhkan beberapa tips beli oleh oleh.

Agar menemukan oleh-oleh yang sesuai untuk Anda berikan kepada keluarga atau teman. Hal yang paling penting ketika membeli oleh-oleh adalah memilih jenis barang atau makanan khas dari lokasi Anda traveling. Karena rasanya akan aneh jika Anda memilih sesuatu yang bukan menjadi ciri khas tempat tersebut.

Tips Beli Oleh Oleh

Berikut ini ada beberapa tips beli oleh-oleh saat traveling yang wajib Anda perhatikan:

1. Siapkan Dana

Hal terpenting dan paling utama, yaitu masalah dana atau budget. Sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk membeli oleh-oleh dengan harga mahal, jika kondisi keuangan Anda tidak memadai. 

Sebaiknya Anda menyesuaikan harga oleh-oleh dengan dana yang Anda miliki. Hitunglah jumlah orang yang akan Anda berikan oleh-oleh, agar sesuai dengan jumlah oleh-oleh yang akan Anda beli nantinya. 

2. Berat dan Ukuran

Penting untuk mempertimbangkan berat dan ukuran oleh-oleh, khususnya jika Anda menggunakan transportasi seperti kereta, bus, atau pesawat. Anda pasti tahu, ketika naik pesawat akan ada ketentuan berat maksimal pada bagasinya.

Jadi, sebisa mungkin Anda menghindari memilih oleh-oleh yang memiliki berat berlebih. Agar tidak membayar biaya tambahan. Tetapi, jika Anda telah terlanjur membelinya, sebaiknya kirim menggunakan jasa ekspedisi saja. Kirimkan langsung ke alamat rumah Anda atau alamat orang yang ingin Anda berikan oleh-oleh.

3. Banyak Disukai

Jika Anda menginginkan orang-orang yang mendapatkan oleh-oleh merasa senang, maka pilihlah oleh-oleh sesuai apa yang mereka sukai. Misalnya, jika anak Anda menyukai warna biru. Anda bisa membelikan oleh-oleh gelang, topi, atau baju berwarna biru. Kunjungilah tempat jual kaos oleh-oleh khas daerah traveling.

Sedangkan untuk oleh-oleh berbentuk makanan, sebaiknya memilih makanan khas daerah traveling yang sekiranya favorit banyak orang. Contohnya, makanan berbahan tempe, pisang, kerupuk, atau makanan manis seperti coklat dan permen. Anda bisa membuat daftar list oleh-oleh sebelum pergi traveling.

4. Tanggal Kadaluarsa

Tips beli oleh oleh berikutnya adalah mengecek tanggal kadaluarsa saat akan membeli oleh-oleh berbentuk makanan. Hindari memilih makanan yang sudah lama waktu produksinya, terutama jika tanggal kadaluarsanya cukup dekat. Jika makanan itu tanpa bahan pengawet, maka pilihlah yang masih hangat dan baru.

5. Pengemasan

Setelah Anda selesai membeli oleh-oleh, membungkusnya adalah hal yang cukup penting. Biasanya ada beberapa toko oleh-oleh yang menyediakan kardus atau box untuk membungkus oleh-oleh agar tidak tercecer.

Anda pastinya tidak mau oleh-oleh tersebut hancur sebelum sampai di rumah. Baik oleh-oleh berupa makanan, benda, atau bentuk lainnya. Sebaiknya Anda bungkus dengan rapi dan baik, agar tidak rusak. Hal ini sangatlah penting, khususnya bagi Anda yang menggunakan transportasi umum.

Jika Anda naik pesawat, bedakanlah oleh-oleh yang akan Anda bawa ke kabin dan yang akan Anda masukkan ke bagasi. Agar lebih aman, sebaiknya oleh-oleh berbentuk makanan Anda bawa ke kabin.

Beli Oleh Oleh saat Traveling Kini Tak Membingungkan Lagi

Baik, seperti itulah beberapa tips beli oleh oleh saat traveling yang akan membantu Anda ketika sedang memilihnya. Semoga Anda tidak akan bingung lagi saat berbelanja oleh-oleh dan membuat para penerimanya senang.