Budaya Unix: Lakukan Satu Hal & Lakukan Hal Tersebut dengan Baik

Buku pegangan Debian telah lama dirilis. Lama? Ah tidak juga. Ya, Internet dengan karakternya yang cepat seolah membuat informasi menjadi cepat usang. Sebenarnya, baru bulan Mei ini buku ini dirilis. Begitu mengetahuinya, saya pun segera berbagi kabar di milis debian Indonesia.

Bagi yang belum mengunduh, bisa akses via cermin lokal di sini.

Karakter pengguna Internet di Indonesia yang saya ketahui pada umumnya, hanya hangat-hangat di awal. Maksudnya, buku ini sudah dari bulan Mei dirilis, lalu lantas orang beramai-ramai mengunduhnya. Tapi berapa orang yang benar-benar sudah membacanya?

Hihihi saya sendiri pun baru minggu lalu berusaha membaca dengan baik buku ini. Jadi saya termasuk orang yang hangat-hangat tahi ayam juga dong. Anggap saja dengan tulisan ini, saya mau mengobati kebiasaan buruk tersebut.

Pada halaman 476, tulisan dalam kotak, membuat saya berpikir lebih dalam. Tulisan ini mengenai, apa yang sudah saya tulis dalam judul. Tentang melakukan satu hal, dan lakukan satu hal tersebut dengan baik.

Unix memiliki program-program kecil yang berfungsi sangat baik. Bahkan fungsinya begitu spesifik, dan program ini berani mengatakan ia tidak mampu melakukan hal selain kemampuannya. Diberikan contoh program grep, wc, sort. Lalu libpng yang hanya mampu membaca dan menulis citra PNG saja, tidak citra lainnya.

Kalau UNIX sudah melakukan di sistem operasi, sudahkan kita melakukan satu hal & melakukan hal tersebut dengan baik di dunia nyata?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *