Catatan Kopi Darat Python Indonesia – Februari 2013

Di akhir bulan Februari 2013 lalu, komunitas Python Indonesia mengadakan kopi darat. Pertama-tama tentunya terima kasih kepada mereka yang sudah menyempatkan datang!

Kopi Darat Python Indonesia - Februari 2013

Lalu terima kasih juga kepada mereka yang mau berbagi ilmunya: Fauzan Erich Emmerling, Sakti Dwi Cahyono, dan Fanani M. Ihsan. Tak terlewat, terima kasih untuk detikcom atas dukungan tempat dan konsumsinya.

Acara dimulai tepat waktu, pukul 9.30.

Awalnya Fauzan dijadwalkan menjadi pembicara pertama tapi karena Fauzan tidur larut malam, sibuk coding, hingga lupa waktu. Jadilah Sakti maju ke sesi pertama.

Materi Sakti mengenai network programming menggunakan modul socket. Sesi Sakti menjadi sesi yang paling lama karena memang materinya banyak dan cukup mendetail. Bahkan ada kuisnya. Hihihi…

Di akhir sesi, Sakti sempat mengoreksi jawabannya soal nomor port yang sama. Berikut komentar yang ia tinggalkan di youtube: “passive dan active´╗┐ socket memiliki port´╗┐ yang sama, namun berbeda file descriptor”.

Acara ini direkam, namun dengan segala keterbatasan yang ada, kualitas video-nya tidak terlalu bagus. Pembicara yang gelap, dan tampilan yang portrait. Rekaman video bisa ditelusuri di kanal youtube saya.



Oh ya, detail abstrak dan profil pembicara dapat dilihat pada pengumuman informasi kopdar.

Lalu sebelum sesi Sakti selesai, Fauzan datang. Fauzan memperkenalkan EmeraldBox Framework. Fauzan mengajak untuk menggunakan framework ini dan berkontribusi.


Framework ini telah digunakan dalam lomba Sanitation Hackathon dan memenangkan lomba ini. Saya kurang tahu juara berapa. Aplikasi yang dibuat adalah aplikasi pencari toilet. Aplikasi ini akan mencari toilet terdekat dan menampilkan informasi toilet tersebut. Informasi toilet ini berupa review dari para pengguna.

Lalu tiba giliran saya. Saya bercerita soal sqlmap, tool yang dapat digunakan untuk menguji (& mengeksploitasi) SQL injection. Saya beri judul sqlmap 101, terinspirasi dari mata kuliah Fisika Dasar, FI 101, jadi sesi saya hanya memberikan pengetahuan dasar soal apa itu sqlmap, apa saja yang bisa dilakukan oleh sqlmap, cara dasar penggunaan. Di bagian akhir saya ceritakan bagaimana saya bisa berkontribusi ke sqlmap.

Lalu sesi terakhir adalah Fanani yang bercerita soal Fabric. Selain materi presentasi, Fanani juga memberikan potongan kode yang dapat diakses via repositori git miliknya. Kode ini berisi fabric script untuk Django.

Usai acara, kami berdiskusi bebas. Salah satunya, saya ingin tahu apa harapan dari mereka yang datang. Dari mereka yang hadir, banyak yang baru datang pertama kali. Harapan mereka adalah semoga acara ini bisa diadakan lagi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *