Catatan Python 101 oleh Jessica McKellar

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan ini.

Beberapa waktu yang lalu, saya sempatkan untuk menyimak pengenalan Python aka Python 101 yang disampaikan oleh Jessica McKellar dalam acara PyCon 2013. Tautan video ini bisa ditemukan di tulisan sebelumnya.

Berikut catatan saya.

Awalnya saya sudah meluangkan waktu selama 3 jam. Durasi video ini terlihat mencapai 3:54:44. Wow, panjang sekali. Ternyata saya temukan ada bagian yang kosong. Video hanya menampilkan latar PyCon 2013. Yaitu dari 46:43 – 2:48:30 Wah hampir 2 jam ternyata.

Jadi bagi yang ingin menonton juga, tak perlu meluangkan waktu selama 3 jam.

Jessica mampu menyampaikan materi pengenalan Python ini dengan menarik. Ia pun membuka dengan cara yang benar, menurut saya. Yaitu dengan cara memotivasi.

Jessica cerita, bahwa banyak karya di dunia ini yang dibuat menggunakan Python. Ia menyebutkan beberapa situs terkenal: Pinterest, youtube, mozilla, dan banyak lagi. Lalu, banyak hal yang bisa dilakukan dengan Python. Visualisasi data, analisis data, hingga bermain musik; semuanya dilakukan dengan Python.

Motivasi menurut saya sangat penting disampaikan. Tujuannya agar kita memiliki kemampuan belajar mandiri dan kemauan yang kuat. Kan tidak bisa selamanya menggantungkan pada orang lain untuk belajar sesuatu hal yang baru.

Selesai dengan motivasi, Jessica memulai dengan perkenalan tipe data: string, list, integer dan float. Kemudian dilanjutkan dengan splice, memilih data yang ingin ditampilkan.

Konsep ini dijelaskan dengan cara yang sederhana dan menarik. Peserta diajak untuk ikut mencoba. Misal, bagaimana mengambil kata yang diawali dengan huruf vokal saja dari sebuah dict. Bagaimana operasi slice digunakan, bagaimana kondisi if digunakan, dst.

Pokoknya asyik deh. Lebih detailnya lagi silakan tonton sendiri. Bagi yang bosan belajar dengan membaca buku, menonton video ini bisa jadi alternatif cara belajar.

Yang lebih asyik lagi adalah disediakan soal-soal untuk latihan. Belajar tidak bisa dengan hanya menonton, tapi harus dicoba sendiri. Latihan ini disediakan di codecademy.

Saya hampir bisa menyelesaikan semua soal di latihan ini kecuali satu soal terakhir di pelajaran kedua. Untungnya ada komunitas Python Indonesia yang bisa menjadi teman berdiskusi hingga saya pun tercerahkan.

Share

2 thoughts on “Catatan Python 101 oleh Jessica McKellar”

  1. Dari video tutorial itu, satu hal yang menarik untuk gua pribadi : Jessica beberapa kali bilang lupa syntax (atau lupa function di python) & mengandalkan Google untuk me-refresh kembali memori untuk detail-detail programming. Menarik karena makin terbukti di jaman serba internet ini ternyata semuanya berpulang pada mau tidaknya mencoba, karena hampir segala resource tersedia di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *