Kesulitan Melihat Branch pada Git

Saat ini saya sedang membiasakan diri bekerja menggunakan git. Baik untuk kerja sendiri (hanya memanfaatkan pelacakan (tracking) ataupun kolaborasi. Percayalah, masa depan ada di Git 😉

Saya pun memanfaatkan fitur branch. Nah, dalam perjalanannya, ternyata saya merasa belum pandai betul memanfaatkan branch ini. Saya belum bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan baik: Kapan saat yang tepat melakukan branch? Lalu kapan saat kembali melakukan merge dengan master? Kapan saya perlu membuat branch dari branch yang sudah ada? Dan seterusnya.

Saya masih harus belajar lagi konsep branch dengan baik.

Satu hal dasar yang jadi kebutuhan saya saat ini adalah melihat pada branch apa saat ini saya bekerja. Memang dengan perintah $ git branch saya bisa tahu. Tapi mengetikkan perintah ini setiap saat, bisa mengganggu konsentrasi. Checkout ke master. Checkout lagi ke branch. Ini jadi tidak praktis. Saya pun bisa salah menyimpan berkas pada branch yang tidak seharusnya. Akibatnya, pembuatan branch menjadi tidak tepat.

Saat ini saya masih menggunakan bash shell. Apakah saatnya sekarang migrasi ke zsh?

Share

4 thoughts on “Kesulitan Melihat Branch pada Git”

  1. Belajar dulu di sini:
    http://gitimmersion.com/

    Kalau sudah khatam, coba implementasikan workflow ini:
    https://github.com/nvie/gitflow

    Hal yang utama dilakukan adalah, sebelum commit, biasakan selalu melakukan:
    git status
    agar terlihat branch apa yang sedang aktif saat ini dan file apa aja yang akan dicommit. Biasakan add dulu file yang akan dicommit, atau commit dengan memberikan list file yang akan dicommit. Kalau saya, commit selalu dipecah berdasarkan issue apa yang diresolve oleh commit itu, jarang commit sekaligus semua perubahan, jadi kalau suatu saat perlu rollback, bisa dilakukan dengan mudah.

    Untuk visualisasi tree, bisa coba pakai gitg (di ubuntu). Kalau os lain, ada cukup banyak tools visualisasi git.

    Kalau pakai zsh, pakai oh-my-zsh, branch aktif akan tampil di prompt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *