Planet-planet Di Mana-mana

Sekarang terus bermunculan planet-planet di mana-mana. Planet yang saya maksud di sini adalah planet agregasi blog, bukan planet anggota tata surya.

Di satu sisi ini bagus, komunitas semakin tumbuh dewasa, semakin spesifik, dan semakin terarah. Di sisi lain, saya suka malas juga membaca blog yang muncul di berbagai planet. Errr, namun ini muncul juga kok di planet luar negeri yang saya baca. Ya, tapi baiknya, sesuai meningkatnya kedewasaan, para penulis planet bisa menempatkan diri dan tulisannya dengan baik. Ah, tapi apa kedewasaan berarti tumbuh menjadi orang membosankan karena tak lagi bermain?

Biar bagaimanapun wajah planet yang ada, tetap bagi saya yang lebih penting adalah konsistensi menulis yang sesuai dengan tema planet yang dihuni sendiri. Nah, hal ini yang justru lebih sulit daripada memilah-milah tulisan masuk ke planet mana.

Saya sendiri menjadi maintainer planpin aka Planet Python Indonesia, yang sekarang sedang ada masalah dengan proses update fetch sumber tulisan 🙁 Yang lebih cepat tampil rapi justru Planet Debian Indonesia. Salut untuk Udienz!

Planet-planet dalam tata surya Indonesia lain yang saya ketahui: Serambi Blankon Linux, Planet Ubuntu Indonesia.

Share

2 thoughts on “Planet-planet Di Mana-mana”

  1. Dulu di BlankOn sendiri ada perdebatan apakah serambi hanya diisi dengan tulisan mengenai BlankOn dan Linux saja atau umum? Ada yg bilang tujuan serambi adalah agar orang lain tahu para BlankOner ngapain aja sehari-harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *